Google+ Followers

Tuesday, October 18, 2016

Sabut Pencuci Tertukar, Peralatan Dapur Bisa Bubar

      Salah satu hal yang membuat hidup lebih hidup adalah HADIAH. Bayangkan senangnya hati ketika mendapatkan hadiah. Jingkrak-jingkrak saya ketika mendapatkan hadiah dari suami berupa barang yang belum pernah saya miliki sebelumnya, apakah itu? Wajan anti lengket. 
     Hahay menjadi ibu rumah tangga hampir 15 tahun tetapi saya belum memiliki wajan andalan emak-emak. Banyak pertimbangan saya untuk membeli. Karena nggak hobi masak lah, karena dana untuk membelinya kepakai untuk keperluan lain, khawatir nanti mubadzir dan lain-lain alasan. Tapiii anehnya saya sering menggerutu : “kalau saja punya penggorengan anti lengket, dadarnya pasti lebih cantik” 
    Nah suami tercinta mungkin sebal  sering mendengar gerutuan aneh itu maka dia memberikan hadiah berupa penggorengan anti lengket di hari ulang tahun pernikahan kami yang ke-13. Saking semangatnya punya peralatan masak yang diidamkan setiap hari penggorengan itu saya pakai untuk menyiapkan menu sarapan hingga makan malam hingga tak memperhatikan cara perawatan. Kalau sisa minyak di penggorengan terlihat  sudah menghitam saya langsung buang lalu penggorengannya cepat-cepat saya cuci. Saat menggoreng pun saya sering menggunakan sutil dan serok besi. Sabut pencucinya nggak beda dengan yang biasa saya pakai mencuci peralatan lainnya. malah kadang saya memilih bagian sabut yang lebih kasar untuk membersihkan kotoran membandel. Akibatnya penggorengan anti lengket ini menemui takdirnya: lapisan anti lengketnya tergores dan mengelupas. Ampuun bubar dah wajan teflon saya.
Oh wajan teflonku yang tak semulus dulu


Aduuuh jadi merasa bersalah pada sang suami tercinta. Saya bertekad menebus kesalahan saya dengan janji akan merawat peralatan memasak lebih baik lagi. Alhamdulillah tak lama kemudian saya mendapatkan hadiah lomba berupa peralatan masak lagi berupa satu set alat masak termasuk panci, teko dan penggorengan anti lengket. Aah kali ini harus lebih hati-hati.
      Googling sana sini menemukan beberapa tips merawat peralatan masak anti lengket. Tips yang penting diterapkan agar peralatan makan dan masak anti lengket awet adalah:
1.   Hindari merendam alat masak anti lengket dalam kondisi panas/baru dipanaskan karena akan menyebabkan lapisan anti lengket mengelupas
2.   Gunakan alat menggoreng non logam untuk menghindari goresan
3.   Gunakan sabut khusus untuk peralatan masak anti lengket.
Nah saat berbelanja keperluan bulanan saya menemukan sabut yang pas untuk penggorengan teflon yaitu Sabut spons anti-gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/anti-lengket.
Ini sabut spons Scotch-Brite anti gores, khusus untuk peralatan anti lengket

      Mengapa saya memilih sabut Sabut spons anti-gores Scotch-Brite? Mungkin jawabannya sama dengan fans berat produk Scotch-Brite lainnya. Ehem kalau sudah yakin sama pilihan ya gitu deh: fanatik. Untuk mencuci piring dan peralatan masak saya memang biasa menggunakan Scotch Brite. Seneng aja, warna-warnanya ceria dan merupakan produk pilihan karena sabut mengandung serat dan mineral berkualitas. Serat yang tepat membantu membersihkan peralatan masak dan makan dengan sempurna. Mineral berkualitas tidak menyebabkan goresan atau kontaminasi zat yang berbahaya.
Duh memilih sabut cuci sampai segitunya? Ya iyalah, tertukar sabut saja alat dapur bisa buyar seperti pengalaman tempo hari, masa iya saya asal pilih sabut untuk cuci piring sehari-hari. Kebersihan dan kehigienisan alat makan penting sekali untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan selera makan. Kebayangkan kalau mencuci peralatan dapur, piring dan sendok kurang bersih, lalu sisa makanan masih melekat? Selain kotor, berbau tak sedap juga bisa menjadi sarang bakteri hiiii. Oleh karena itu saya percayakan tugas membersihkan peralatan masak kepada Sabun spons hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak.
Ini sabut spons hijau untuk mencuci alat masak

Sabun spons hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak dan Sabut spons anti-gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/anti-lengket memang pilihan tepat untuk ibu rumah tangga hemat dan hidup sehat. Scotch-Brite telah lama dikenal sebagai produsen peralatan dan perawatan kebersihan rumah tangga, mulai dari pembersih lantai rumah hingga peralatan dapur. Produk perawatan peralatan dapurnya jaminan mutu. Sabut dibuat dengan teknologi yang ampuh untuk membersihkan kotoran sehingga 3xcepat bersih, 3x tahan lama.. Ogah banget kan kalau setiap bulan harus mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sabut karena mudah susut dan hasil pekerjaannya kurang bersih? Nah ini salah satu alasan saya memilih sabut Scotch Brite, sabut mengandung serat dan mineral berkualitas sehingga tidak mudah rusak, susut tetapi peralatan dapur baik berupa alat makan maupun alat masak bisa 3xcepat bersih, 3x tahan lama. Emak-emak seperti saya pun bisa lebih menghemat biaya, waktu dan tenaga.

Hemat di segala bidang itu perlu. Daripada berkutat di dapur karena butuh waktu lama untuk mencuci peralatan masak dan dapur yang tak kunjung bersih kan bisa memanfaatkan waktu untuk aktivitas lain seperti menemani anak belajar dan bermain atau ngeblog seperti saya. Hemat biaya? Nah ini jangan ditanya kenapa wajib dilakukan setiap keluarga. Hemat tenaga nggak kalah pentingi, emak-emak kan dituntut multitalenta dan punya cadangan energi ekstra. Tugas-tugas rumah menumpuk dan membutuhkan banyak tenaga. Untungnya ada sabut Scotch-Brite yang meringankan pekerjaan di dapur keluarga. Pekerjaan mencuci piring dan perabot dapur jadi lebih menyenangkan. Tapi pastikan sabut pencucinya tidak tertukar ntar peralatan dapur bisa bubar seperti pengalaman saya dahulu.
Mencuci wajan teflon baru dengan Sabut spons anti-gores Scotch-Brite 

10 comments:

  1. Harus beli yang Pink juga ini biar nggak menggores lapisan teflonku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip mbak Murti demi perlindungan bagi alat masak kita :D

      Delete
  2. Ibuku hobi banget pake spons hijau itu mbak. Awet. Ya, harganya sih sesuai lah sama kualitasnya.

    ReplyDelete
  3. Duluuu jaman saya kecil, saya pakainya sabut kelapa mbak Dwi, seiring berkembang nya zaman banyak pilihan sabut cuci piring salah satu pilihan saya Scotch Brite ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya ya dulu apa pun bisa dipakai termasuk sabut kelapa

      Delete
  4. Aku juga pakai scotch brite untuk sponsnya ini. Awet ya, gak copot-copot.

    ReplyDelete
  5. Bener mbak, pake spons scotch brite memang awet, awet berbulan2...nggak brodoli walaupun aku nyuci piringnya terlalu bersemangat...dan sampe skrang tetap setia pake spons merk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya mbak siiip gak gampang brodhol dan membersihkan sampai tuntas itulah maka aku suka sama scotch brite

      Delete