Google+ Followers

Wednesday, October 26, 2016

Benarkah Media Sosial Menggambarkan Kepribadian?

    Suka ngeblog atau main-main di media sosial lainnya? Zaman serba online begini bejibun pilihan untuk terkoneksi dengan sanak kerabat dan sahabat. Aplikasi chatting nggak cuma YM atau GM. Ada We Chat, Kakao Talk, FB Messenger dan banyak lagi. Mau curhat-curhat? ngga cuma bisa dilakukan di blog platform blogspot, wordpress dan domain lainnya. Posting via facebook baik berupa status atau notes bisa dilakukan kapan saja asal ada akses internet baik berhitung kuota data, abonemen atau cari gratisan numpang wifi tetangga hehehe. Tak terasa internet telah menjadi bagian dari perkembangan zaman.

      Semakin mendesak kebutuhan akan internet maka berkomunikasi, mengabarkan sebuah berita pun tidak hanya dilakukan dengan bertatap mata atau melalui radio dan televisi saja, melainkan juga memanfaatkan teknologi dunia maya. Surat menyurat melalui pos sudah jarang dilakukan. Lebih mudah, cepat, efisien melalui media maya. Buku harian berkunci gembok tak lagi menarik mengisi dunia remaja (saya pernah punya lo tapi lupa disimpan dimana hihi) sebab kini ada blog dalam berbagai platform, foto-foto koleksi pun bisa dishare lebih luas melalui akun instagram. Mau sekedar ngobrol bareng teman lama, ada facebook yang mengkoneksikan banyak kenalan. Lebih suka komunikasi ringkat, padat, berisi bisa pilih twitter. Atau lebih suka menarik perhatian dengan video? upload gaya keseharian anda via youtube
Seperti halnya gambaran kepribadian bisa diterawang (emangnya paranormal?) lewat warna kesukaan, ternyata oh ternyata disadari atau tidak pilihan media sosial favorit menggambarkan sosok kepribadian kita seperti apa. Ah bener nggak sih model media sosial berpengaruh terhadap kepribadian kita? Artikel ini sih sekedar hasil pengamatan dan pengalaman pribadi, cocok atau tidaknya terserah pribadi masing-masing pembaca.
1. Sosok Facebook
Mereka yang lebih memilih facebook sebagai media sosial utama adalah orang-orang yang senang menjalin pertemanan baik dengan kenalan baru maupun teman lama. Pengguna facebook di Indonesia masuk dalam lima besar pengguna terbesar di dunia. Cukup menggambarkan karakter orang Indonesia yang ramah, supel dan senang berteman. Mencari teman lama pun bisa dengan mudah menggunakan facebook. Munculnya berbagai grup dan saran pengajuan pertemanan adalah salah satu ciri khas facebook yang mengelompokkan pengguna berdasarkan hobi, kesamaan aktivitas atau tujuan berteman. Konyolnya facebook juga sering digunakan sebagai ring “baku hantam kata-kata” Misalnya nih kalau ingin larut dalam panasnya perang menjelang Pilpres atau Pilkada di Indonesia sering-sering aja tengok beranda facebooknya haha, ibaratnya telur diletakkan bisa matang karena beranda yang membara.
2. Sosok Twitter
Lebih suka menulis bait pusi, kata-kata mutiara padat berisi atau promo singkat tetapi bisa dilakukan sesering mungkin? Mungkin anda adalah sosok twitter. Mereka yang lebih memilih aktif di twitter biasanya lebih suka menumpahkan perasaan dalam kalimat efektif 140 karakter. Jika membutuhkan pemaparan maka cuitan ditulis berseri lengkap dengan nomor. Orang-orang yang aktif di twitter biasanya mampu bekerja dengan rapi dan efisien dalam menggunakan kata-kata.
3. Sosok Blog
Facebook dan twitter bikin pusing mending ngeblog aja lagi. mereka yang memilih ngeblog pribadi dan menghindari media sosial rame-rame biasanya membatasi pertemanan. Namun bukan juga orang yang introvert sebab biasanya blog pribadi menceritakan keluarga, pemikiran-pemikiran, opini, secuplik kisah kehidupan dengan konsekuensi dibaca banyak orang. Lebih suka ngeblog daripada membaca beranda facebook? Mungkin anda termasuk orang yang konsisten. Sebab fokus ngeblog membutuhkan komitmen khusus, termasuk membatasi diri berkomentar di media-media sosial. Mereka yang lebih suka ngeblog daripada aktif di media sosial rame-rame biasanya memiliki pemikiran luas. Menulis opininya membutuhkan ruang khusus yang bisa dengan mudah diakses dalam ruang atau folder tertentu. Maka blog sangat tepat sebagai tempat mencurahkan opini dan perasaan.
4. Sosok Instagram
Mereka yang lebih suka Instagram adalah mayoritas adalah orang-orang yang mencintai seni terutama fotografi. Instagram disukai sebab memiliki kelebihan menonjolkan visual gambar daripada tulisan. Membuka beranda facebook maka sederet posting berupa tulisan mirip surat kabar berhamburan, log in twitter dipenuhi cuitan pendek dan kadang banjir link. Beda lagi kalau masuk instagram, nggak mungkin posting tanpa gambar. Maka mata pun langsung menuju ke berbagai foto, gambar yang diupload sebagai fokus utama, baru kemudian menelisik captionnya. Mereka yang memiliki follower Instagram ribuan biasanya dikenal karena posting gambarnya yang khas, menekankan pada seni fotografi, panorama alam atau foto-foto artis. Tak jarang akun bernada dakwah agama memiliki banyak penggemar karena caption berupa kata mutiara dipadukan dengan gambar-gambar cantik dan artistik. Pssst tapi toko online pun membidik IG sebagai sarana promosi paling mutakhir dan efisien. Iya juga sih tampilan foto di IG lebih menarik daripada yang sekedar lewat di Facebook.

5. Sosok You Tube
Suka upload video via youtube? mungkin anda tergolong orang yang suka menarik perhatian. La yaa klo upload apa-apa di youtube kan maksudnya untuk menarik perhatian. Bisa karena ingin menampilkan bakat atau menarik minat para pencari bakat *Eh. Dan ada lagi sisi lainnya : pinter cari duit via internet. Bagi yang ahli mendatangkan duit via dunia maya pasti paham kalau banyaknya view di postingan youtube bisa mendatangkan uang. Bagaimana caranya? tanya sama yang ahli dehh hihi.
Nah berdasarkan kelima media sosial tersebut, kira-kira sosok manakah yang sesuai dengan gambaran kepribadian anda? Kalau saya sih suka Facebook, Twitter, Blog, Instagram .Loo kok? jangan-jangan tergolong berkepribadian ganda >_<

No comments:

Post a Comment