Google+ Followers

Monday, July 30, 2018

Colour To Life Mewarnai Hidup Kita

  Tempo hari saya menyempatkan diri menonton siaran langsung talk show facebook live Mak Mira Sahid - founder Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB tentang pengaruh digital pada perkembangan anak. Zaman sekarang anak-anak kecil sudah lihai bermain gadget atau gawai. Sebagai orang tua resah juga, kira-kira bahaya nggak kalau anak masih usia 9 tahun bermain gawai? Dari hasil talk show mbak Mira bersama salah satu psikolog tersebut dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya penggunaan gawai bisa berdampak positif maupun negatif. Baik bagi anak maupun bagi orang dewasa.
     Intinya, sebagai orang tua kita harus melakukan pendekatan, pengawasan dan bimbingan jika memutuskan untuk memberikan kesempatan pada anak untuk mengenal gawai. Salah satu caranya adalah dengan mengarahkan agar anak-anak menemukan sisi positif dari kegiatan bermain gawai tersebut.
            Nah, salah satu segi positif gawai bisa ditemukan di Colour To Life Faber Castell.  Apa itu Colour To Life? Colour To Life merupakan game Augmented Reality dari Faber-Castell yang bisa dimainkan di Android maupun IOS. Saya mengunduhnya dari playstore. Colour To Life bukan game biasa. Game edukatif ini hanya bisa dimainkan di gawai dengan terlebih dahulu menuangkan imajinasi di buku mewarnai (coloring book). 

Singkatnya, Faber Castell akan memfasilitasi kita dengan buku mewarnai, 20 connector pen sebagai alat mewarnai dan buku petunjuk cara menggunakan paket ini untuk dimainkan dalam bentuk game di gawai kita, bersama anak-anak tentunya.
Foto dari website Kumpulan Emak-emak Blogger

Cara Mengunduh Colour To Life di Gawai
1. Buka Google Play atau App Store
2. Ketikkan “Colour To Life” di mesin pencari


3. Install Colour To Life Faber Castell yang hanya membutuhkan memori 58 MB saja


4. Warnai buku yang disediakan. Dan ikuti tahapan-tahapan cara memainkan game yang akan saja jabarkan berikut ini.

Asyiknya Bermain Colour To Life

            Saya pikir penamaan game Colour To Life ini tepat sekali. Sebab game mewarnai ini memposisikan obyek pewarnaan sebagai “tokoh” yang tampak hidup dalam 3 dimensi. Wah mengasyikkan sekali. Berasa jadi kartunis dan hasil karyanya muncul dalam film, senang kan melihat hasil karya jadi "hidup" dalam sebuah permainan? 
   Game ini mampu menstimulasi kemampuan kinetik, imajinasi dan kecepatan berpikir.
Saat aktivitas mewarnai, otak dirangsang untuk berimajinasi memadukan warna-warna. Tampilan hasil mewarnai nanti akan muncul sebagai gambar tiga dimensi. Gambar ini bisa menjadi pemanis untuk diabadikan dalam swafoto alias berselfie ria.
Ini salah satu contoh hasil mewarnai saya dan hasil selfienya:


Apakah permainan Colour To Life berakhir sampai di sini, hanya mewarnai lalu berselfie? Tentu tidak. Colour To Life memiliki 5 pilihan game yang dimainkan di gawai kita yaitu Giddy Up, Pogo Boy, Dress Up Challenge, Ballance Your Brain dan Safe Flight. 
Setiap pilihan game dilengkapi dengan cara bermain yang mudah dipahami meski ditulis dalam bahasa Inggris. Kabar baiknya game ini bisa dimainkan tanpa menggunakan data seluler, meski saat mengunduh aplikasi Colour To Life untuk pertama kali membutuhkan jaringan internet. Wah emak-emak bisa hemat quota nih.


Bagaimana Cara Bermain Colour To Life?
            Colour To Life adalah permainan game yang berbasis augmented reality. Dalam kota Colour To  Life yang berisi satu buku mewarnai yang terdiri dari 15 halaman, 20 connector pen untuk mewarnai dan petunjuk menggunakannya. Karena ada lima pilihan game dengan lima karakter, maka masing-masing karakter game bisa diwarnai di tiga halaman yang berbeda. Warna obyek silahkan dipoles sesuai keinginan, imajinasi menurut selera. Warna 20 connector pennya bagus-bagus, ada warna tua, muda dan pastel. Padu padankan saja, sekalian menyalurkan bakat sebagai desainer interior atau busana (wah ini kan cita-cita emaknya). Dan connector pen ini pun bisa dikreasikan menjadi mainan seperti pesawat atau pistol.
       Tahapan memainkan Colour To Life adalah sebagai berikut:
1.    Install Colour To Life di gawai
Hanya memakan waktu beberapa detik saja dengan jaringan internet yang lancar. Dan butuh 58 MB sebagai penyimpanan.

2.    Warnai coloring book, pilih gambar dan warna sesuai selera.
Warnai dengan menggoreskan connector pen satu arah saja. Jika connector digoreskan dua arah ke atas bawah, maju mundur atau kiri kanan bisa menyebabkan kertas warna rusak/mengelupas meski kertasnya cukup tebal. Pastikan pewarnaan memenuhi ruang obyek agar saat muncul dalam bentuk tiga dimensi warnanya tampil sempurna.

3.    Klik aplikasi Colour To Life di gawai.

4.    Akan muncul perintah START, Sounds On, About This App
Jika ingin bermain silent mode bisa klik Sounds On hingga menjadi Off

5.    Klik Start
6.    Muncul lima pilihan game, pilih salah satu
7.    Misalnya pilih Safe Flight
8.Muncul petunjuk bagaimana menggunakan aplikasi ini (How To use this App)
9.    Baca petunjuk singkatnya: warnai, scan dan mainkan
10.  Setelah klik hingga petunjuk terakhir akan muncul kotak scan di layar
11.  Posisikan layar gawai sekitar 30 cm tegak lurus di atas gambar yang sudah diwarnai, pastikan gambar yang sudah diwarnai berada dalam kotak scan.
12.  Tunggu hingga kotak scan/scan indicator berwarna hijau

Jika muncul peringatan: loose scan alihkan fokus pada benda lain, lalu kembali posisikan gawai di atas obyek yang sudah diwarnai.



13.  Muncul obyek dalam bentuk 3 dimensi


14.  Pilih "Photo Mode" bersimbol kamera jika ingin berselfie dengan karakter 3 dimensi. Kumpulan foto selfie ini secara otomatis tersimpan dalam gawai dengan folder Faber Castell

15. Klik "Play The Game" Mainkan gamenya sesuai pilihan.

Untuk lebih jelasnya bisa melihat di tayangan berikut ini:

Panduan Bermain Games dalam Colour To Life



 Lima pilihan game di Colour To Life punya cara bermain yang berbeda-beda. Stimulasi yang diinginkan juga berbeda. Hmm kira-kira game apa yang bakal jadi favorit teman-teman ya:
1. Giddy Up
Karakter utamanya adalah penunggang kuda.
      Aturan mainnya berpaculah sekuat tenaga, jangan sampai menabrak halangan atau tercebur dalam air. Ambil bonus life time dan tambahan poin yang sesekali muncul di landasan pacu
Game ini bertujuan:
  • melatih koordinasi mata dan tangan
  • berlatih motorik
  • melatih meningkatkan konsentrasi
  • melatih gerak refleks
2. Pogo Boy
      Karakter utama dalam game ini adalah anak laki-laki yang bermain lompat kaki dengan kayu berpegas. Tekan tombol di kiri dan kanan bawah untuk melompat dari satu batu ke batu lainnya dan menangkap bintang. Pastikan Pogo Boy melompat dengan selamat dan tidak tercebur dalam kolam.

Game ini bertujuan:
  • menyeimbangkan dan melatih koordinasi mata dan tangan
  • berlatih motorik
  • melatih meningkatkan konsentrasi
  • melatih gerak refleks

3. Dress Up Challenge
     Karakter utamanya seorang perempuan berambut panjang. Di sampingnya berdiri sosok manequin yang mengenakan OOTD (Outfit of The Day) tertentu.

      Kita diharapkan bisa mengamati dan menghafalkan OOTD lengkap manequin dalam waktu sekitar 3 detik kemudian memilih OOTD yang sama untuk dikenakan pada karakter Colour To Life. Wah ini susah-susah gampang. Harus punya ingatan yang kuat menghapalkan warna, jenis baju, sepatu dan asesoris
Game ini bertujuan:

  • melatih ketajaman ingatan
  • melatih fokus dan konsentrasi
4. Balance Your Brain
Karakter utamanya adalah seorang pelukis. 

Tugas kita saat bermain game ini adalah memberikan penilaian "benar" atau "salah" pada makna warna yang digoreskan sang pelukis. Misalnya di kanvas tergambar obyek berwarna oranye, di bawah gambar tertulis kata "orange" yang tertera dengan warna coklat. Benar atau salah pencocokan ini? jawabnya: benar, sebab yang dinilai adalah arti kata dalam tulisan, bukan warna tulisan. Artinya jika warna obyek lukis si pelukis berwarna oranye maka tulisan yang menyertai harus bermakna warna orange meski tercetak dengan warna lain.


Game ini bertujuan:
  • menyeimbangkan otak kanan dan kiri
  • meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • melatih kecepatan berpikir

5. Safe Flight
Karakter utama dalam game ini adalah pilot pesawat terbang. Cara bermainnya kendalikan pesawat agar tetap terbang dengan selamat. Hindari awan dan petir. 


Game ini bertujuan:
  • memperkuat koordinasi mata dan tangan
  • melatih motorik
  • meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • melatih kecepatan berpikir
   Menyenangkan sekali bukan permainan ini? Aktivitas mewarnai dijamin membantu memperbaiki suasana hati yang moody, serasa mewarnai hidup kita sendiri. Seneng aja main sama warna-warna. Apalagi dilanjutkan bermain game dengan tokoh gamenya adalah hasil aktivitas mewarnai. Setiap karakter game bisa diwarnai hingga tiga paduan warna yang berbeda loh, kan masing-masing punya tiga lembar halaman di buku mewarnai.

            Ditinjau dari berbagai segi, permainan Colour To Life ini memiliki banyak keunggulan:
1. Dampak positif secara psikologis.
  Seperti dilansir https://wolipop.detik.com, 29 September 2015 kegiatan mewarnai tidak hanya menimbulkan rasa senang atau mengusir bosan, namun juga memberikan efek relaksasi. Sebab dalam proses mewarnai ada tiga elemen yang menimbulkan dampak positif secara psikologis yaitu repetisi, pola dan detail.

2. Membantu terwujudnya bonding orang tua dan anak
   Aktivitas mewarnai bisa dilakukan dewasa dan anak. Ibu, ayah dan anak bisa mewarnai bersama-sama, berdiskusi tentang warna apa yang sebaiknya dipoleskan.

3. Memacu kreativitas dalam menggunakan gawai
   Selama ini bermain game secara online membuat anak menjadi pasif tetapi seringkali bersikap reaktif, terutama jika game yang dimainkan memiliki muatan destruktif. Colour To Life berbeda. Dari lima game yang ditawarkannya tidak ada satupun yang mengajak untuk bertarung, menyerang, mengalahkan lawan namun bersifat mengkoordinasikan gerak motorik, refleks dan otak kiri-kanan.

4. Hemat biaya
    Bersenang-senang tak perlu keluar biaya besar. Bermain Colour To Life hanya butuh merogoh kocek sekitar 100 ribuan rupiah untuk membeli satu set permainan yang bisa dimainkan selamanya. Permainan Augmented Reality ini bisa dimainkan tanpa menggunakan jaringan internet. Koneksi internet dibutuhkan saat mengunduh dari playstore atau App Store.

5. Mendorong anak melek teknologi tanpa meninggalkan aktivitas fisik.
    Satu hal yang dikhawatirkan orang tua ketika anak lebih tertarik bermain gawai adalah munculnya rasa enggan beraktivitas fisik. Colour To Life membantu anak-anak untuk bersemangat mewarnai sekaligus melek teknologi. Bahkan aktivitas berswafoto dengan obyek tiga dimensi hasil mewarnai mendorong anak-anak berimajinasi dengan tokoh rekaan. Gambar 3 dimensi ini bisa diatur besar kecil dan posisi rotasinya di layar hingga diperoleh angle yang pas.

Nah jika tertarik memilikinya, produk edukatif ini bisa diperoleh secara online di Tokopedia atau di Gramedia dan toko buku terdekat di kota Anda. 

10 comments:

  1. Jamgankan anak, Emaknya juga suka 💕

    ReplyDelete
  2. Main ini memang asiiik! Mewarnai udah gitu bikin gambarnya jadi 3D seru bangeet, apalagi ada gamesnya. Buat me time bisa banget bikin rileks, main sama anak juga jadi tambah seneng & nambah bonding :D

    ReplyDelete
  3. MasyaaAllah. Keren emang Colour to Life. Keen ama Ola juga exited banget

    ReplyDelete
  4. Keren dan inovatif bgt si faber castell ini

    ReplyDelete
  5. seru banget ya, sampe hari ini anak2 selalu mau main game tp ya mayan repot scan melulu hehe

    ReplyDelete
  6. Setuju bangeet sama judul tulisan ini, Colour to Life bikin hidup makin berwarna 💞

    ReplyDelete
  7. Keren banget ya gamenya. Harus diwarnai dulu semuanya nih biar bisa mainin.

    ReplyDelete
  8. Kalau gawai buat hal positif kayak gini sih aman ya

    ReplyDelete
  9. Semakin hari semakin canggih aja ya mbak, ada aja aplikasi yang menambah edukusi dan bermanfaat untuk kita cobain.

    ReplyDelete