Google+ Followers

Thursday, January 5, 2017

Tips Hemat Listrik

Tahun baru, berbagai harga dan tarif turut baru alias ganti harga yang notabene artinya tarif naik, gitu aja kok repot. Satu eh dua hal yang sangat terasa adalah naiknya tarif listrik, bbm dan biaya pengurusan surat-surat kendaraan. Lho kok bukannya dua tapi jadi tiga #eh.

Tapi yang akan saya bahas saat ini adalah tentang kenaikan tarif listrik. Kenapa? karena rumah kami adalah golongan rumah tangga 900 VA yang subsidinya di tahun 2017 ini dicabut secara bertahap. Artinya kami harus bersiap dengan tarif baru. Gaji suami insyaAllah naik entah prosentasenya berapa yang penting disyukuri. Nah kalau "gaji" saya? haha sejak jadi freelance saya gak punya gaji, penghasilan dapat dari menang hadiah lomba atau fee nulis (yang gak ikutan naik)

Sheep, Animal, Electric, Light, Switch, Eating, Grass
Sumber: Pixabay
Jadi karena sebagian sudah ganti harga tapi fee menulis masih tetap saja ada baiknya mencari cara untuk lebih hemat listrik demi menekan biaya-biaya. Nggak muluk-muluk, paling tips saya ya cuman begini:
  1. Mencuci manual. Mesin cuci dipakai seminggu sekali saja terutama buat nyuci yang berat-berat macam sprei dan celana jeans. Listrik lumayan irit sekalian olah raga.
  2. Mengganti alat elektronik dengan piranti serupa yang hemat penggunaan daya listrik. Lampu-lampu sudah pada ganti LED. Televisi juga, hematnya bisa 50% dari biaya semula
  3. Kurangi waktu pemakaian alat elektronik. Misalnya pemakaian AC dan jam nonton televisi. Televisi biasa nyala kalau Radit pulang sekolah saja karena saya nggak hobi nonton tivi. Mending baca buku atau melototin info lomba menulis, kuis, kontes foto siapa tau bisa jadi sarana pembuka pintu rezeki. Meski listrik 900 VA di rumah kami ada satu AC watt kecil dan nyalanya cuma beberapa jam tiap malam. Ini perlu dibatasi lagi, cukuplah AC menyala mulai jam 9 malam sampai jam 4 pagi. Mudah-mudahan nantinya bisa dikurangi lagi.
  4. Ubah gaya hidup. Kebiasaan buruk suami sering sekali membiarkan kipas angin atau lampu kamar, kamar mandi tetap menyala meski tak lagi digunakan. Eh ya lah belajar gak ngomel untuk mematikan semua yang dia nyalakan tanpa sebab. Kalau ngomel malah tensi ikutan naik dong hihi.
Kalian punya tips lain menghemat listrik? bagi dong di sini. 

No comments:

Post a Comment