Google+ Followers

Tuesday, January 3, 2017

Tahun Berganti, Pastikan Lakukan Ini

Helooo ini postingan pertama di Tahun 2017. Meski sudah jalan tiga hari di bulan Januari nggak mengapa toh klo sekedar mengingatkan kembali, tahunnya sudah berganti pastikan lakukan ini:
1. Bersyukur dan tak lelah berdoa
    Bersyukur masih diberikan waktu untuk hidup, benafas dan memperbaiki diri saat tahun berganti. Sekedar catatan di awal tahun tetangga saya meninggal di usia 25 tahun karena kecelakaan. Sebagai pengingat bahwa maut datang tanpa pemberitahuan lebih dahulu. Mulai dengan bangun dini hari (hah ini masih perlu dicambuk lebih keras lagi). Nah cara bersyukur adalah dengan mengoptimalkan semua karuniaNya. Maka untuk memulai hari berkarya menggali rezeki sepatutnya kita berdoa. Berharap ibadah menjadi lebih baik, rezeki lancar, stamina terjaga dan hutang lunaaasss pliss
2. Mengganti kalender
Hahay kelihatannya sepele tetapi terlupa mengganti kalender di tahun baru bisa berabe. Jangankan ganti tahun, ganti bulan kalau tidak segera membuka lembaran kalender berikutnya bisa saja salah lihat tanggal. Salah satu hobi saya setiap kali mendapat kalender baru langsung mengintip hari-hari libur nasional hehehe. Padahal saya emak rumahan yang kerja part time, nggak terlalu ngaruh dengan tanggal merah tapi setidaknya bisa sedikit santai karena tak harus berjibaku masak pagi-pagi untuk sarapan dan bekal suami juga si anak. Makin banyak tanggal merah makin semangat menghadapi rutinitas sehari-hari karena mikir ntar kan ada libur juga.

3. Memeriksa anggaran
Tahun baru naik gaji dong ya. Biasanya sih begitu. Ganti tahun ganti nominal UMR pula kan. Kenaikan gaji berlaku otomatis setiap ganti tahun sesuai kebijakan yang dirumuskan pemerintah berdasarkan kesepakatan dengan pengusaha. Pegawai Negeri Sipil, TNI dan Polri juga mendapatkan kenaikan gaji sesuai keputusan pemerintah. Namun perlu diingat kenaikan gaji bukan berarti gaya hidup perlu di up grade. Bedakan kebutuhan pokok dengan keinginan. Bertahan hidup dan mengejar gaya hidup adalah hal yang jauh berbeda. Jangan sampai deh mentang-mentang naik gaji lalu terpikir ganti motor padahal yang lama masih layak jalan lalu terpaksa deh nambah kreditan, ganti gadget karena muncul model terbaru, tas, baju, sepatu turut masuk dalam anggaran belanja padahal yang lama masih pantas dikenakan di berbagai acara.
4. Meninjau kembali cara hidup
Hello, tahun sudah berganti masa iya kebiasaan buruk nggak disudahi. Coba deh tengok-tengok kembali perilaku buruk yang seharusnya tak diulang di tahun baru. Apalagi tahun 2017 ini subsidi listrik untuk 900 VA akan dicabut secara bertahap. Ada kemungkinan tarif listrik golongan lain ikut naik. Hal demikian akan berpengaruh terhadap harga-harga barang. Ada baiknya gerakan menghemat energi listrik mulai diterapkan. Ganti alat-alat elektronik dengan perangkat hemat listrik, kurangi pemakaian listrik yang seringkali abai dilakukan misalnya mematikan lampu dan kipas angin ketika tak dipakai. Tahun baru masih suka buang sampah sembarangan? Please deh ngga malu kah dengan bertambahnya usia tapi belum bisa bersikap bijaksana. Ayolah biasakan hidup lebih teratur, disiplin dan tidak merugikan orang lain. Tahun baru ini loh masa’ sih nggak ingin berubah menjadi lebih baik.
5. Memeriksa konsistensi resolusi
Hayoo yang sudah rajin menulis resolusi, apa kabar nih resolusinya. Sudah mulai dirintis belum sih langkah pertamanya. Setidaknya pijakan awal telah ditetapkan. Planning, rencana, tips untuk mewujudkan resolusi harusnya sudah mulai berjalan. Meski tak harus berjalan seketika tetapi pelaksanaan resolusi secara bertahap sudah menunjukkan kemauan untuk konsisten. Misalnya yang punya resolusi ingin langsing dan lebih sehat, sudahkah di hari pertama menjalankan program diet karbo dan mulai berolah raga? Apalagi malam tahun baru pesta makanan enak sepuasnya. Naah kerja keras banget untuk membakar kalori gegara makan enak.
Itu lima hal pertama yang perlu dilakukan di awal tahun baru versi saya. Mudah-mudahan bisa sedikit berbagi inspirasi

No comments:

Post a Comment