Google+ Followers

Tuesday, November 1, 2016

Awal Bulan, Apa yang Harus Dilakukan?

Hari ini 1 November. Tanggal yang boleh dikata istimewa buat saya. Suami dan Almarhumah adik saya dilahirkan di bulan ini. November adalah bulan pengingat bahwa maut itu dekat namun November juga menjadi penyemangat bahwa tidak ada yang akan menemani kita kelak di akherat kecuali amal dan perbuatan kita sendiri.
pixabay

Dulu pas masih jadi karyawan awal bulan begini kantong saya boleh dibilang gembul. Meski gembulnya sbentar doang karena langsung masuk ke pos angsuran kredit rumah dan transport serta menabung biaya sekolah. Tetapi ada yang biasa saya lakukan di awal bulan, baik sebagai karyawan maupun sekarang pekerja lepas yaitu:

1. Memulai dengan doa dan harapan


Tidak ada amalan atau tuntunan khusus untuk berdoa di awal bulan. Tetapi saya biasa membuka hari dengan doa dini hari berlanjut dengan dzikir pagi. Nyaris tak ada bedanya dengan hari yang lain. Hanya biasanya saya titipkan doa khusus: ya Allah semoga bulan baru ini membawa keberkahan lebih baik lagi, berkah dalam rezeki, berkah dalam setiap aktivitas yang saya jalani dan berkah dalam usia yang semakin berkurang hari demi hari.

2. Menyusun anggaran

Menyusun anggaran adalah hal yagn cukup penting untuk dilakukan. Adakala kebutuhan bulan ini berbeda jauh dengan kebutuhan bulan kemarin. Andai beberapa hari tidak internetan melalui laptop karena menunggu anggaran untuk mengisi pulsa internet tetap bisa menulis.  Ide-ide bisa ditulis dahulu dalam bentuk notepad atau word baru dipindahkan ke dalam blog ketika kuota internet sudah aman kembali. Selalu ada prioritas dalam menyusun anggaran berkaitan dengan penghasilan yang diterima dan pengeluaran yang harus dibayar.

Usahakan jangan sampai besar pasak daripada tiang. Ngeri ajah kalau saat menyusun anggaran di awal bulan, menerima penghasilan di tangan, dihitung-hitung ada kekurangan tetapi memaksakan menambah pos pengeluaran yang kurang penting seperti pos jajan di luar.

3. Menyisihkan penghasilan untuk tabungan

Saya biasanya menabung di awal bulan, sesegera mungkin setelah menerima penghasilan entah itu penghasilan tetap dari sebagian gaji suami atau penghasilan saya sendiri melalui kerja freelance. Saya menyisihkan sebagian uang untuk pos tabungan seperti tabungan pendidikan anak bahkan tabungan simpanan untuk dana saat ketempatan pengajian. Saya menyebut simpanan-simpanan itu seperti kantong Doraemon. Benar-benar seperti kantong ajaib. Meski hanya menyisihkan 50 ribu per bulan misalnya untuk dana pengajian tetapi pas dibutuhkan benar-benar tidak membuat kelabakan. Kalau untuk biaya pendidikan saya menyisihkan lebih besar lagi mengingat kami memiliki dua anak.

4. Membuat list pekerjaan

Dulu waktu saya masih bekerja kantoran saya biasa menyusun list pekerjaan selama sebulan ke depan. Ada tanggal yang saya tandai untuk mencapai target membuat laporan kas kecil dan kas besar. Membuat list pekerjaan membantu saya untuk fokus dan berusaha mencapai target yang saya tetapkan sendiri. Andai ada hal-hal di luar kendali tetap bisa direvisi sesuai kondisi. Kini saat saya bekerja sebagai freelancer saya juga tetap membuat list pekerjaan. Tetapi jenis pekerjaannya jauh berbeda dengan list saat masih ngantor. Saya biasa mencatat aneka lomba beserta DL dan tanggal pengumumannya.

Kalau tidak dicatat begini biasanya saya sering lupa apalagi saya harus menyesuaikan dengan rutinitas pekerjaan rumah harian. Kadang terasa lucu kalau saya menjadwalkan mencuci harus saya lakukan di hari apa, menyetrika dan merapikan rumah di hari apa. Itu semua demi saya bisa mengejar DL lomba yang ingin saya ikuti dan menyesuaikan dengan order menulis yang sering datang tiba-tiba.

5. Menentukan event yang bisa dihadiri atau rencana mengunjungi Mama

Sebagai bagian dari komunitas blogger saya pikir perlu menandai tanggal berlangsungnya event yang saya sudah mendaftar untuk menjadi peserta. Atau bisa juga event menghadiri undangan agar tidak lupa sekalian menyiapkan hadiah atau angpaunya, hehehe. Saya juga biasa merancang kapan bisa berkunjung ke rumah Mama di luar kota

Itu sih kata saya, kalau Anda, apa yang dilakukan setiap awal bulan?

6 comments:

  1. Wuaa bakal sering makan2 nih mba di november. Kalau saya november juga spesial karena hari pernikahan, ulang tahun bintang, dan ultah duniabiza. Yeyeeee. Siap2 menghitung anggaran. #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. horeee Dunia Biza ultah bakalan ada GA bertabur hadiah nih #eh

      Delete
  2. ehmmm ...awal bulan , menghitung anggaran ya kayaknya ...:)

    ReplyDelete
  3. jalan-jalan enak kok kalo awal bulan.. heee..

    ReplyDelete
  4. aal bulan biasanya masih tebel kantong,, wisata kuliner solusi mantaap .. hee

    ReplyDelete