Google+ Followers

Wednesday, September 21, 2016

Kenapa Sih Mesti Mogok Makan ?

Anak susah makan ? itu tantangan sebagai orang tua. Kalau mahasiswa mogok makan dalam demonstrasi itu beda masalah dan solusinya. Balita memang masa lucu-lucunya. Si kecil diajak ngobrol ketawa, diajak jalan-jalan gembira...pokoknya seneng kalau pas momong balita. Tapi pas urusan makan...hadeeeuh rasanya pengen nyemplung kamar mandi biar nggak terbakar amarah. Makanya pas nonton video di you tube yang menayangkan anak kecil doyan makan itu melongo saya dibuatnya.


 Ibunya pasti selalu gembira ya karena sebagian masalah yang dihadapi ibu-ibu itu anak yang mogok makan. Kira-kira dulu pas hamil ngidamnya apa kok anaknya bisa doyan apa doyaaaaan makan seperti hidup benar-benar tanpa beban

Kalau nggak ingat hadits "janganlah marah bagimu surga" rasanya pengen neriakin si kecil. Setiap hari mirip kakak senior bentakin yunior di acara Opspek. Eh emangnya kalau diteriakin si kecil bisa lahap makan? Kalau gitu anak-anak yang di DiOpspek, Mapram dan semacamnya pasti sering laper ya...kan dibentakin terus sama seniornya?

Image result for pixabay, picky eater
gambar : www.notey.com


Lalu pikiran pun disibukkan Kenapa Sih Mesti Mogok Makan?  ternyata banyak sebab pendorong aksi mogok makan. Demonstran mogok makan untuk cari perhatian, eh bisa jadi si kecil enggan makan juga karena sedang butuh perhatian ekstra.
Bisa saja karena faktor-faktor berikut ini:
  1. Si kecil sedang sakit di rongga mulut. Tumbuh gigi, sariawan, radang tenggorokan, gusi berdarah semua itu menyebabkan si kecil merasa kesakitan lalu enggan makan. Solusinya periksakan kesehatan rongga mulut si kecil pada dokter gigi, perbanyak memberikan jus buah dan susu pada kecil sebagai pengganti makanan
  2. Si kecil bosan. Yaaa manusia dewasa juga pasti memberontak kalau menu tiga kali sehari itu-itu saja. Minimal ada perubahan jenis masakan meski bahan dasarnya sama.
  3. Jenuh dengan kegiatan makan. Nah ini, makan bisa bikin jenuh? maksudnya mungkin si kecil bosan dengan rutinitasnya. Coba deh bawa si kecil jalan-jalan di sekitar rumah sambil disuapin
  4. Kekenyangan. Menjelang waktu makan usahakan jangan memberikan banyak camilan terutama yang manis. Bisa-bisa dia eneg dan kenyang sebelum menyantap hidangan utama.
Nah itu dia penyebab dari "kenapa sih mesti mogok makan?" Mudah-mudahan bisa sedikit memberikan solusi. Psst kalau pas suntuk banget ngadepin anak yang sedang berGTM alias Gerakan Tutup Mulut ga usah kebawa emosi, percaya deh ntar pas gede malah ngabisin makanan sampai kita-kita dibuat bengong dan berpikir: ini anak punya perut apa karung? Soalnya udah kejadian sih sama anak-anak saya. Doaa doaa biar kelak anak-anak ini doyan makan pakai banget dan kita bisa mencukupi kebutuhan mereka aamiin..


6 comments:

  1. bosan makan yang itu2 aja mungkin ya, mb. ada yang pakai cara bikin tempat makan dari kayu berbentuk ular tangga, jadi anaknya makan sambil main. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha waah asik itu klo emaknya ikut main berarti ikut makan ya #eh

      Delete
  2. Kalau saya mah suka diajak main dulu mbak biar capek dan lapar baru makan tapi kalau tidak mau ya terus ikutin saja maunya nanti juga dia mau makan tapi kalau sampai batas jam makan ya harus mau tidak mau dipaksa saja tapi secara halus juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh biasanya kalau sambil main lebih mudah nyuapinnya yaah

      Delete
  3. Anakku pernah Mbk dan kadang emang bikin emosi jiwa heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mbak ...aku nulis begini juga sambil ngelus dada ingat dosa masa lalu marahin anak-anak kalau pas mogok makan di masa balita :)

      Delete