Google+ Followers

Sunday, April 24, 2016

Rahasia Memasak Mie Goreng yang Enak

Haloooo Weekend ngapain aja? Coba-coba resep deh. Saya rencana mo bikin pie susu teflon. Kali ini ingin berbagi sedikit kisah tentang mie goreng. Bukan Mie goreng instan itu loh (ah iya itu sih saya juga kadang bikin) tapi mie goreng buatan rumahan, made by emak-emak.

Mie dan Sejarahnya
Memasak mie goreng tidak memerlukan keahlian masak khusus. Mie adalah jenis makanan yang menjadi favorit di berbagai belahan dunia terutama di benua Asia. Di Italia makanan serupa mie dikenal sebagai spaghetti. Mie bisa disebut sebagai makanan pokok bagi masyarakat Tiongkok. Di kalangan masyarakat Cina makan mie secara utuh, tanpa dipotong pendek diyakini dapat memperpanjang usia.
Mie adalah bahan olahan dari aneka tepung seperti terigu, beras, ubi jalar, kacang hijau, jagung atau ketela pohon yang dibentuk panjang dan tipis. Mie biasanya dijual dalam bentuk gulungan yang telah dikeringkan dan untuk mengkonsumsinya diseduh terlebih dahulu dalam air mendidih lalu ditiriskan. Menurut sejarahnya mie diyakini merupakan menu yang diperkenalkan pertamakali oleh masyarakat Tiongkok saat Dinasti Han Timur yaitu sekitar tahun 25 Masehi. Mie memiliki nama berbeda di daerah yang berbeda. Dalam bahasa Inggris mie disebut sebagai noodle. Orang Eropa terutama Italia menyebut mie sebagai pasta.
Pengemasan mie berbeda-beda menurut kebiasaan. Pasta dijual dalam bentuk potongan kering dan panjang tertentu. Sementara di benua Asia mie dijual memanjang dalam bentuk gulungan basah dengan kemasan plastik biasa atau gulungan kering dengan kemasan bermerk. Bentuk mie berbeda-beda tergantung dari cara mengemas dan bahan pembuatannya. Beberapa jenis mie adalah :
a.   Soun/ suun dalam bahasa Inggris disebut sebagai Cellophane noodles. Soun terbuat dari campuran tepung kacang hijau dan tepung kentang. Soun dijual dalam bentuk kering sehingga perlu direndam air panas sebelum ditiriskan. Tekstur suun sangat lunak dan kenyal sehingga suun jarang diolah sebagai masakan mie sebagai hidangan utama namun diolah sebagai bahan isi pastel dan pelengkap bakso dan soto.
b.   Mie telur. Mie dengan ciri khas wanra kuning ini terbuat dari tepung terigu (hard wheat) dan ditambahkan telur sebagai penguat rasa. Mie telur biasa dikemas dalam keadaan kering dalam bentuk pipih atau dijual dalam bentuk setengah basah dalam bentuk bulatan.
c.   Mie hongkong. Bentuknya mirip mie telur dengan tekstur bulat dan halus. Biasanya dijual dalam kemasan kedap udara dengan kondisi setengah basah.
d.   Ramen. Warna ramen lebih muda dibandingkan mie telur. Ramen dijual dalam keadaan kering.
e.   Kwetiau. Warna kwetiau yang putih pucat disebabkan oleh bahan pembuatnya yaitu tepung beras dan air. Dijual dalam bentuk kering maupun basah.
f.    Somen noodles. Mie gurih yang berasal dari Jepang ini terbuat dari tepung gandum dan minyak. Dijual dalam bentuk menyerupai lidi dan sangat rapuh karena teksturnya yang lembut. Biasanya dimasak melengkapi masakan Jepang yang berkuah.
g.   Soba Noodles. Bentuknya mirip somen noodles tetapi warnanya abu-abu atau hijau tua. Biasanya dijual dalam bentuk kering dan cocok untuk hidangan berkuah
h.   Bihun. Warnanya yang putih bersih dipengaruhi oleh bahan pembuatnya yaitu tepung beras. Teksturnya sangat lembut dan mudah matang dan dijual dalam bentuk kering.
i.    Mie shoa. Mie yang teksturnya sangat lembut ini adalah mie khas China. Terbuat dari tepung beras dan dapat dicampurkan langsung dalam masakan seperti sop ayam atau diolah menjadi misoa goreng
Olahan Mie Goreng
Bahan dasar mie mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Mie bisa diolah menjadi mie goreng dan mie kuah. Bumbu mie goreng atau olahan mie kuah banyak ragamnya. Olahan mie kuah yang disukai di nusantara adalah mie kocok khas Bandung, mie Aceh, mie Jawa. Namun mie goreng adalah favorit semua orang hingga semua produsen mie instan bermerk selalu menampilkan mie goreng sebagai salah satu produksi andalannya meski kelezatan mie goreng hasil racikan tetap lebih lezat dari yang instan.
Mie goreng adalah salah satu masakan yang paling mudah dibuat dalam waktu singkat dan rasanya lezat. Persiapan memasak mie goreng tidaklah sulit namun tetap memerlukan beberapa hal agar masakan yang tersaji seperti harapan. Salah satu tips menyajikan mie goreng adalah memilih bahan dasar mie dari beberapa jenis mie berdasarkan bahan pembuat dan bentuknya.
Lezatnya mie goreng olahan tidak hanya ditentukan oleh bumbu masaknya tetapi juga jenis mie yang diolah. Beberapa jenis mie yang cocok dimasak menjadi mie goreng adalah mie hongkong dengan bentuknya yang menyerupai mie telur serta bertekstur bulat dan halus mie hongkong nikmat dimakan hangat setelah dimasak goreng. Jenis mie lain yang cocok dimasak goreng adalah mie telur, bihun, ramen dan kwetiau.
Tips Memasak Mie Goreng
      Selain harganya yang murah dan praktis diolah mie disukai karena mengandung cukup banyak gizi. Rata-rata dalam seratus gram mie terkandung 338 kalori yang tersimpan dalam 50 gram karbohidrat, 7.6 gram protein, 11,8 gram lemak dan sisanya adalah kalsium dan mineral.
Memasak mie goreng cukup praktis dan mudah disajikan. Agar sajian mie goreng sederhana terasa lebih istimewa maka tips memasak berikut ini perlu diperhatikan baik dalam persiapan memasak ataupun saat menyajikan:
a.   Perhatikan tesktur bahan mie yang hendak disajikan. Sebagian besar jenis mie memerlukan perlakuan khusus yaitu direndam dalam air panas lalu ditiriskan sebelum dimasak. Somen dan bihun misalnya lebihbaik tidak direndam air panas karena teksturnya yang mudah hancur.
b.   Siapkan bahan pelengkap agar mie goreng lebih nikmat. Pelengkap mie goreng biasanya adalah telur, bakso, udang serta sayuran wortel, sawi atau kol.
c.   Siapkan bumbu tambahan selain bumbu utama. Bumbu dasar masakan mie goreng adalah bawang putih, bawang merah goreng, garam, sedikit gula, merica halus dan bagi yang senang bisa ditambahkan kemiri. Bumbu tambahan yang biasa digunakan adalah kecap manis, saos tiram, minyak sayur untuk menumis bumbu dan minyak wijen
Cara Memasak Mie Goreng
Mie goreng bisa disajikan kapan saja. Pas sebagai menu makan pagi, bisa dimakan saat santap siang dan tetap cocok untuk makan malam. Mie goreng seringkali dipilih sebagai sajian saat jamuan formal maupun non formal. Mie goreng lezat untuk jamuan arisan, pelengkap sajian nasi kotak untuk tasyakuran dan hampir selalu ada di meja prasmanan saat acara resepsi pernikahan.
Cara memasak mie goreng cukup mudah. Haluskan empat siung bawang putih, garam, gula dan merica bubuk. Belah enam butir baso masing-masing menjadi dua, kupas udang buang bagian kepalanya, cuci di bawah air mengalir. Cuci sawi, wortel dan kol lalu iris tipis-tipis. Panaskan minyak, masukkan telur buat orak-arik, tiriskan. Seduh mie telur dengan air panas, tiriskan. Panaskan minyak sayur, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum. Masukkan udang, baso dan sayuran tambahkan sedikit air. Saat air menjelang kasat masukkan mie telur dan orak-arik telur. Bubuhkan kecap manis, minyak wijen dan sedikit saos tiram. Angkat dan taburkan bawang goreng di atasnya. Mie goreng yang menggugah selera siap menjadi santapan favorit keluarga.



9 comments:

  1. baca ini tiba2 jadi pengen mie ayaaaam :)

    ReplyDelete
  2. Pengen tetanggaan sama Mbak Dwi biar bisa mampir kalo pas Mbak Dwi masak mie goreng ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha saya juga pengen ditraktir Coto Makasar mbak Niar :)

      Delete
  3. Duh, ini pas banget. Aku ngga pernah enak masak mie goreng. Malah suami yang sedap masakannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa assik dong mbak Ria malah ngga perlu jajan di luar hehe

      Delete
  4. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    regards,
    Oxone

    ReplyDelete