Google+ Followers

Saturday, December 19, 2015

Lesus dan Kisah Becak-Becak : Buku Bagus Buat Anak

Pernah baca kumpulan cerpen anak dan cerita-cerita pendek itu memiliki kaitan satu sama lain? buat saya Lesus dan Kisah Becak-Becak adalah yang pertama. Belum pernah saya membaca buku unik seperti ini sebelumnya.

Apa yang unik dari Lesus dan Kisah Becak-Becak?
1. Kumcer yang benar-benar "bercerita". Lha beneran. Selain berupa cerita yang berkaitan antara satu judul dan lainnya, Lesus dan Kisah Becak-Becak benar-benar tentang cerita para becak. Keseharian becak dan pengalaman-pengalaman uniknya.

2.  Penokohan. Pernah membayangkan becak ngobrol? wah wah kira-kira mereka bakal ngegosipin penumpang dan cara pemilik merawat mereka nggak ya? Terus terang saya dan Radit naik becak kalau pas pulang ke rumah Ibu di Probolinggo, pas udah baca Lesus jadi mikir, eh si becak ini ntar ngobrol apa pas di pangkalan hahaha....kebawa suasana 'kalee.

3. Nama-nama tokohnya. Becak punya nama? eh jangan salah namanya cakep-cakep loh selain Lesus, kenalin ada Kliwon, Buldozer, Sen dan Bentor.

Eia ngomong-ngomong tentang Bentor, becak pakai motor itu kelihatannya gagah dan efisien ya. Jangan salah di Lesus dan Kisah Becak-Becak ada saatnya Bentor tak mendapatkan penghormatan seperti yang diperoleh becak-becak lain. Kira-kira penghormatan seperti apa ya? Baca dong Buku karya mbak Shabrina WS, terbitan Rainbow imprint Penerbit Andi ini. Bisa dibaca segala usia. Raditya, anak saya yang baru berusia 7 tahun Januari nanti seneng banget baca buku ini. Kumpulan cerita becak ini bisa mengasah imajinasi anak-anak dan membantu mereka mencoba menceritakan kembali dengan bahasa dan ingatan yang mereka miliki.


Ada apa sih di Lesus dan Kisah Becak-Becak?

1. Cerita Lesus, haloo siapa sih si Lesus ini ayuk kenalan dulu.
2. Kliwon Bosan Menjadi Becak. Aduh gimana dong kalau becak bosan jadi becak. Kenapa kok Kliwon punya perasaan nggak enak?. Kisah yang bagus untuk mengajarkan nrimo, qonaah dan pentingnya bersyukur
3. Kedatangan Bentor. Eh kira-kira para becak merasa terancam nggak dengan hadirnya Bentor?
4. Cerita Bentor. Nah kita perlu kenalan dulu. Don't judge the book by it's cover, meski cover Lesus dan Kisah Becak-becak ini sangat lucu dan menggambarkan keunikan di balik kisah-kisahnya
5. Persiapan Pawai Becak. Pernah melihat pawai becak? kalau belum pernah mari baca saja kisahnya.
6. Hari yang Indah. Indah buat siapakah dan seperti apa hari yang indah itu?
7. Cerita Kliwon. Nah masih ingat tentang Kliwon yang pernah merasa bosan jadi becak, apa ia sudah benar-benar berhenti jadi becak, baca dulu kisahnya.
8. Kabar yang Menyedihkan. Duuuh kabar apa sih yang menyedihkan buat para becak?
9. Kota yang Ramah Lingkungan. Wow seperti apa sih kota ramah lingkungan itu, pasti segar kalau tanpa polusi dan banyak taman kotanya ya.

Libur tlah tibaa....saatnya membaca lebih banyak buku cerita. Lesus dan Kisah Becak-Becak salah satu bacaan bermutu untuk ananda.



2 comments:

  1. Ceritanya kaya film cars gitu, ya? Tapi becak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar mbak Nisa ....unik, lucu dan menghibur tapi ada pesan moralnya :)

      Delete