Google+ Followers

Friday, May 17, 2013

Konsultan Marketing dan Kesuksesan Bisnis


Press Release VR/III-02/15-Mei/2013

Anda seorang pebisnis atau memiliki cita-cita untuk memulai karir sebagai pebisnis, ada baiknya merenungkan kembali tujuan berbisnis dan kompone-komponen yang menunjang keberhasilan dalam merintis bisnis.

“Menjalankan bisnis tidak semata-mata hanya seperti pedagang, yang memproduksi produk dan menjualnya kepada konsumen. Dalam banyak hal, produsen atau pebisnis membutuhkan campur tangan seorang konsultan untuk membuat produknya disukai oleh konsumen dan laku di pasaran,”  

Ungkapan tersebut datang dari sosok yang kenyang pengalaman dunia bisnis , ialah Veronica Ratna Ningrum, seorang woman marketer, konsultan marketing yang namanya semakin bersinar di dunia bisnis dan telah menangani program marketing dari beberapa lembaga perbankan ternama di Indonesia ini.
Lebih lanjut lagi Veronica Ratna Ningrum mengungkapkan, "jika Anda berniat menjadi seorang pebisnis, jadilah seorang pebisnis yang sejati, dalam artian, menjalankan sebuah bisnis tentunya harus disertai dengan banyak pertimbangan dan perencanaan langkah yang pasti dan tepat. Karena hal ini akan menentukan keberhasilan dari bisnis yang dijalankan."
Veronica Ratna Ningrum
Veronica Ratna Ningrum

Sosok seorang konsultan marketing mungkin lebih banyak berada di balik layar, namun tidak berarti ia tidak memegang peranan penting dalam laju bisnis perusahaan, justru ia sangat berperan penting dalam menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis karena konsultan merupakan sosok think tank dalam dunia marketing, Ia mengarahkan pihak produsen untuk melakukan sejumlah langkah yang berkaitan dengan proses produksi barang hingga strategi penjualan. Peran konsultan marketing tak hanya berhenti sampai di sini.
  • Pada tahap awal produksi barang, konsultan bertindak sebagai pengarah saat menentukan bentuk dan kemasan barang yang diproduksi. Ia akan memberi masukan tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, tipe konsumen, serta segmen pasar berdasarkan hasil riset dan observasi.

  • Pada tahap pemasaran, konsultan akan mendampingi sang produsen atau pemilik bisnis untuk menentukan strategi pemasaran barang. Menentukan strategi pemasaran sangat diperlukan, sebab tanpa itu, produsen akan mengalami hambatan dalam menjual barangnya sekalipun kualitasnya bagus. Konsultan akan mempelajari apa saja celah dan ide yang bisa dimanfaatkan untuk membuat produk tersebut dapat laku keras di pasaran serta tampil sebagai trend. Dan selanjutnya, ia akan merancang strategi pemasaran yang paling tepat.


Seorang konsultan marketing bukan sekedar pendamping bagi kliennya. Ia juga menjadi sumber ide tentang bagaimana sebuah bisnis harus dijalankan, produk apa yang dapat dikembangkan lebih lanjut, bagaimana memangkas biaya yang tidak perlu, serta bagaimana membuat konsumen merasa lekat dan loyal terhadap sebuah produk. “Banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika seorang pemilik bisnis memanfaatkan jasa Konsultan Marketing. Mereka tidak perlu harus memikirkan segalanya sendiri, karena ada konsultan yang dapat berperan sebagai partner guna mengembangkan bisnisnya,” ujar Veronica.

Menyadari bahwa peran seorang Konsultan Marketing sangat vital bagi kesuksesan bisnis kliennya, Veronica Ratna Ningrum selalu menyediakan waktu untuk memperdalam ilmu dalam hal Marketing dan Bisnis. Baginya, hal itu penting dilakukan oleh setiap konsultan, karena dunia marketing sangat dinamis dan sarat perubahan. 

“Tanpa mengasah ilmu, kita akan tertinggal jauh. Dan lagipula, seorang konsultan yang baik tentu akan senantiasa berusaha memberikan yang terbaik pula pada kliennya. Seorang konsultan yang haus ilmu dan selalu berinovasi, adalah asset besar bagi kesuksesan sebuah bisnis,” 


1 comment: