Google+ Followers

Sunday, May 26, 2013

Saatnya Move On, Beralih ke Epson, Printer For The Nation


Bulan Mei adalah bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Setidaknya dua hari nasional diperingati selama bulan Mei yaitu 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional dan 20 Mei, Hari Kebangkitan Nasional. Hakekat Hari Kebangkitan Nasional mulai dipertanyakan, jika 20 Mei 1908 adalah tonggak kesadaran para pemuda Indonesia tentang kehidupan berbangsa ditandai dengan berdirinya Budi Utomo sebagai organisasi yang berlandaskan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia dalam satu kesatuan, saat ini kita seolah kehilangan jati diri, sebagian orang lebih bangga mengenakan barang keluaran luar negeri daripada produksi dalam negeri. Tak kalah memprihatinkan dunia pendidikan juga menghadapi tantangan dan permasalahan tak kalah peliknya, ujian Nasional yang karut marut, plagiasi skripsi hingga persaingan dengan instansi pendidikan dari atau di luar negeri. Sudah saatnya mengingat kembali semangat Jasmerah ala Bung Karno – Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Kini saatnya bangkit dari ketergantungan kepada bangsa manca, bangkit dari ketertinggalan teknologi dan kembali bangga sebagai bangsa Indonesia  serta mencintai produk dalam negeri. Salah satu produk dalam negeri yang berteknologi tinggi adalah Epson L series dari Epson Indonesia.

Epson L series yang pertamakali diluncurkan pada bulan Oktober 2010 lalu : L100, L200 dan L800 adalah bentuk tanggapan Epson atas permintaan pasar Indonesia yang  membutuhkan printer system infus dengan alasan ekonomis. Printer dengan ink tank system original pertama di dunia ini memberikan jaminan kualitas dan garansi dibandingkan sistem infus sebagai hasil rekayasa yang dilakukan pihak ketiga. Epson kembali menunjukkan eksistensinya sebagai produsen yang menomorsatukan kepuasan pelanggannya, menyempurnakan seri Epson L series generasi pertama dengan meluncurkan Epson L series generasi berikutnya dengan berbagai kelebihan yang tak hanya mempermudah pengguna namun juga secara perhitungan ekonomi lebih hemat biaya yang terdiri dari L110, L210, L355, L300, L350 dan L 550. Masing-masing seri memiliki spesifikasi namun secara global Epson memberikan kepuasan melalui low cost high quality yang ditawarkannya, satu botol tinta hitam berukuran 70 ml mampu mencetak hingga 4000 lembar atau perhitungan biaya = Rp.20,-/lembar (hitam) dan Rp. 35,-/lembar (warna) dengan kualitas istimewa. 

Printer Epson L110 dan L 210 didesain khusus untuk pengguna di rumah (termasuk mereka yang berkarir di bidang profesionalitas seperti penulis, dosen, guru serta para pelajar dan mahasiswa) atau disebut produk untuk Small Office/Home Office (SOHO) . Kedua type printer ini memiliki kecepatan dua kali lebih cepat 6 ip (image per menit standar ISO) dari model L100 dan L200 serta mampu mencetak 4000 halaman hitam  putih dan 6500 halaman warna dengan tiga botol tinta warna 70 mL. 
Epson L110
Epson L110

Dengan harga jual berkisar satu jutaan, mahasiswa yang membutuhkan mengerjakan karya tulis dan skripsi akan sangat terbantu oleh  printer L110, seperti yang kita ketahui menulis sebuah karya tulis, tugas sekolah dan skripsi membutuhkan konsentrasi tinggi, tak jarang mencetak karya tulis perlu dilakukan berulang-ulang apalagi jika mendapat perintah revisi dari guru pembimbing, dapat dibayangkan berapa biaya yang dikeluarkan jika pelajar dan mahasiswa memilih menggunakan jasa print di kios-kios pinggir jalan, itulah salah satu alasan mahasiswa melakukan plagiasi atau memesan skripsi instant dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Hal ini tidak akan membentuk generasi muda yang tangguh dan kreatif namun hanya akan menciptakan mereka yang tak punya daya juang dan terlalu lemah dalam berkompetisi. Kehadiran Epson L110 yang mampu mencetak dengan harga ekonomis serta kecepatan cetak tak diragukan secara tak langsung mengubah persepsi bahwa menyusun tugas karya tulis dan skripsi itu sebagai sebuah pemborosan biaya dan tenaga.

Epson L210 adalah salah satu jenis All In One printer yang sederhana, karena ia tak hanya mampu mencetak namun juga mampu melakukan scan dan copy sehingga pas sekali untuk keperluan bisnis rumahan atau kaum profesional, para penulis, pengajar hingga blogger dapat memanfaatkan kelebihan ini tanpa harus membayar lebih. Banyak penerbit yang mewajibkan penulis buku, novel mengirim naskah yang ingin diterbitkan dalam bentuk hardcopy, para penulis tentu harus mempertimbangkan efisiensi mengingat untuk menerbitkan karyanya kadang harus dilakukan dengan mengirimkan hardcopy ke beberapa penerbit seperti orang yang melamar kerja. Bayangkan pula jika kita sedang terburu-buru menyiapkan fotokopi bahan presentasi padahal jasa counter fotokopi terdekat sedang ramai pengantri atau bagaimana bantuan Epson L210 begitu nyata dalam proses menulis yang kadang membutuhkan upload gambar atau foto hasil scan, atau mengirimkan email dengan attachment berisi surat pernyataan bahwa karya tulisnya asli, berapa biaya yang harus dikeluarkan demi membeli printer sekaligus scanner sebagai masing-masing unit?, namun Epson L210 mampu menjawab tantangan bagaimana menghasilkan printer yang sekaligus berfungsi sebagai mesin fotocopy sekaligus scanner. 
Epson L210
Epson L210

Sedangkan untuk sistem tangki generasi kedua Epson L300, L350 dan L550 memiliki spesfifikasi penggunaan yang lebih sesuai untuk kalangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 
Epson L300
Epson L300
Epson L300

Epson L300 dan L350 memiliki kecepatan yang tinggi yaitu sebesar 9 image per menit sesuai standar ISO atau bisa disebut  tiga kali lebih cepat daripada L series generasi pertama
Epson L350
Epson L350

Epson L 350
Kemampuannya yang bisa melakukan print, scan dan copy sangat sesuai untuk industri rumahan, memiliki kantor di rumah tentu sangat menyenangkan dengan bantuan Epson L350. Contohnya membuka franchise jasa kurir ekspedisi, satu printer yang mampu melakukan kerja scan dan copy membantu pengusaha kecil menghemat biaya. Bentuknya yang lebih ramping dari Epson L300 adalah salah satu keunggulannya.


Epson L550 
Epson L550
Epson L550
Dapat dikatakan bahwa Epson L550 adalah printer All in One dari L series yang paling sempurna karena ia mampu melakukan kerja Print, Scan, Copy sekaligus kelebihannya sebagai printer yang bekerja secara ADF - Automatic Document Feeder hingga 30 halaman membuat kerja print, scan dan copy menjadi lebih efisien. Epson L550 dijual dengan 4 botol tinta bundling CMYK- Cyan Magenta Yellow Black dan masing-masing botol tinta hitam mampu mencetak hingga 4000 lembar ditambah dengan 2 botol tinta hitam bawaan sehingga satu unit printer Epson L550 mampu mencetak hingga 12.000 lembar. Yang paling mengagumkan, Epson L550 merupakan printer bulit in yang dilengkapi fungsi Ethernet dan iPrint support sehingga mempermudah mencetak dari PC, netbook atau device mobile lainnya. Ethernet dan High Speed USBnya memungkinkan berbagi printer dalam sebuah kelompok kerja dan iPrint supportnya memberi kesempatan mencetak tanpa kabel dari sebuah smartphone/smartdevice yang menggunakan wifi sebagai koneksi internetnya. Bentuknya paling ramping dari kelima L series generasi terbaru  membuatnya lebih mudah disimpan tanpa memakan banyak tempat, andai terpaksa dibawa dalam sebuah perjalanan kerja tak akan terlalu menyusahkan karena L550 begitu ramping dan mampu bekerja dengan koneksi Wi-Fi dimanapun juga.
Jenis usaha kelas menengah tentu sangat mempertimbangkan menggunakan Epson L550, satu printer multifungsi, sembari mencetak dokumen penting, fungsi Broadcast Fax dan fungsi PC fax memungkinkan untuk terkirimnya dokumen secara simultan. Memori penyimpanan faxnya mencapai 180 halaman untuk memastikan fax yang diterima disimpan dengan aman. Hemat biaya, waktu dan tenaga membantu pengusaha untuk lebih fokus dalam pengembangan bisnisnya.


Epson L550 yang ramping dan multifungsi
Info lengkapnya dapat ditemukan di 
http://www.epson.co.id/epson_indonesia/ink_tank_system_printers/product.page?product_name=Epson_L550

Jelaslah bahwa Epson L series adalah pilihan tepat bagi bangsa Indonesia untuk menunjukkan kebangkitannya, bangga sebagai negara berjati diri, apalagi sistem L series ini  diciptakan oleh bangsa Indonesia, merupakan teknologi ink tank system pertama di dunia dan mulai diperkenalkan di negara Cina, tak menutup kemungkinan kelak akan diproduksi mendunia. Epson L series telah membuktikan bahwa ia tak hanya memberikan sumbang sih  bagi kemajuan masyarakat Indonesia dari berbagai macam profesi dengan memberikan pelayanan low cost high quality namun juga membawa harum nama bangsa hingga ke manca negara. Sudah saatnya untuk Move On dari keterpurukan dan beralih ke Epson, printer for the Nation.

No comments:

Post a Comment