catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Google+ Followers

Perlukah “Fanatik” Pada Satu Resep Kue Kering?

Sudah membaca artikel saya tentang modifikasi resep kue kering? Kira-kira menurut teman-teman perlukah kita fanatik pada satu resep atau lebih baik memodifikasi sesuai selera? Pengalaman saya, terpaku pada satu resep tertentu atau memutuskan modifikasi sah-sah saja, tergantung rasa percaya diri.

Sekadar cerita nih ya, Mama saya dulu pernah praktik resep kue kering hadiah majalah terkemuka. Entah salahnya dimana hasilnya jauh dari harapan. Keluar dari oven bentuknya melebar tak karuan. Padahal saat dicetak kue keringnya tampak bagus, berbentuk bunga-bunga. 

Nah saya sendiri beberapa kali mencoba membuat kue kering. Kaastengels adalah favorit, jadi sering bikin ini. Kadang lebih sering modifikasi daripada mengikuti satu resep kue kering yang baku. Hasilnya lumayan nih. Seperti yang baru saya praktikkan kemarin. Karena tidak punya gula halus dan susu bubuk putih sesuai resep yang contek di cookpad, saya memasukkan susu bubuk coklat. Rasanya jadi gurih campur manisnya coklat. Lalu saya tambahkan satu butir kuning telur dari resep awal. Alhamdulillah, hasil cetakannya juga bagus dan rapi, tidak "mbleber" alias tak berbentuk. 

Sementara teman saya yang berprofesi sebagai supplier kue kering memilih untuk fanatik pada satu resep kue kering untuk tiap varian kue kering yang ia jual. Enak juga kok hasilnya karena saya memesan lebih dari lima belas toples untuk Mama dan anak-anak. Katanya "aku coba pakai resep lain ga enak, tapi resep yang biasa aku praktikkan ini enak sekali, kuenya gurih dan renyah"

Sepertinya modifikasi atau menurut pake resep kue kering hasilnya bisa berbeda-beda ya. Kalau praktik sesuai resep tapi hasilnya mengecewakan coba dicek lagi mungkin cara mengolahnya belum tepat. Mentega kurang cair, adonan belum kalis atau jenis terigunya bukan khusus untuk bahan kue, eh ini ternyata pengaruh sekali. Kalau adonan belum kalis dan tidak tercampur rata hasil kuenya bisa "mentah" dan keras. 
Kaastengels yang potongannya gede di dua barisan atas itu made in teman yang tak pernah merubah resep, yang kecil-kecil di bawah buatan saya pribadi, modifikasi resep dari cookpad

Nah kalian, yang hobi praktik resep kue kering lebih suka modifikasi atau terikat pada satu resep yang pakem? bagi pengalaman dong. Kalau pun gagal jangan kapok untuk terus mencoba
Share:

1 comment:

  1. saya tuh suka nakal resep yg dicatat suka diplesetkan dikit

    ReplyDelete

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.