Google+ Followers

Wednesday, February 22, 2017

Mau Jadi Bak Bocor atau Gelas Setengah Isi?

Suatu hari saya membaca BC melalui WA walisantri sebagai berikut:

Kantong Bocor!!

Imam mesjidil haram almakki dalam khutbahnya mengatakan:

إحذروا الكيس المثقوب

Hati-hati dengan kantong yg bocor

" تتوضأ أحسن وضوء " لكــن. .. تسرف في الماء' كيس مثقْوب

Engkau telah berwudhu dgn sebaik2 wudhu akan tetapi engkau boros memakai air, (itu sama dengan)
kantong bocor

" تتصدق عَلى الفقراء بمبلغ ثم .. تذلهم وتضايقهم *كيس مثقْوب.

Engkau bersedekah kepada fakir miskin kemudian, engkau menghina dan menyulitkan mereka, (itu seperti)
 kantong bocor

تقوم الليل وتصوم النهار وتطيع ربك" لكــن. .. قاطع الرحم كيس مثقْوب

Engkau sholat malam hari, puasa di siang hari,  dan mentaati tuhanmu,  tapi engkau memutuskan (tali) silaturrahmi, (jelas itu adalah)
 kantong bocor

تصوم وتصبر عَلى الجوع و العطش" لكـن .. تسب وتشتم وتلعن كيس مثقْوب

Engkau sabar dengan haus dan lapar,  tapi engkau menghina dan mencaci, (sama dengan)
kantong bocor

" تلبسين الطرحه والعباية فوق الملابس "لكـن .. العطر فواح كيس مثقْوب

Engkau memakai baju kerudung dan kebaya,  tapi minyak Wangi menyengat, (itu)
kantong bocor

تكرم ضيفك وتحسن إليه لكـن .. بعد خروجه تغتابه وتخرج مساوئه كيس مثقْوب

Engkau memuliakan tamumu dan berbuat baik kepadanya,  tapi setelah dia pergi engkau menggunjingkanya, (sungguh itu)
kantong bocor

أخيرا ً لا تجمعوا حسناتكم في كيس مثقْوب . تجمعوها بصعوبة من جهة .. ثم تسقط بسهولة من جهه أخرى..
يا رب اسألك لي ولأحبتي الهداية والغفران .

Pada akhirnya engkau hanya mengumpulkan kebaikanmu dalam kantong bocor,  satu sisi engkau mengumpulkan dengan susah payah kemudian engkau menjatuhkannya dg mudah di sisi lain.
Ya Rabb, kami mohon hidayah dan ampunan atas kami dan orang-orang yg kami cintai

عجائب الشعب العربي :
Keganjilan-keganjilan orang-orang Arab (secara khusus dan kaum muslimin umumnya)

1- لايستطيع السفر للحج لأن تكلفة الحج مرتفعه .. لكن يستطيع السفر رغبةً في تغيير الجو !
 ألا إن سلعة الله غالية

1. Tidak mampu pergi haji karna biayanya besar,  akan tetapi sanggup pergi wisata mengganti suasana,
 bukankah perdagangan Allah itu mahal

2- لايستطيع شراء الأضحية لغلاء السعر لكن يستطيع شراء آيفون لمواكبة الموضة.
 ألا إن سلعة اللَّـه غالية

2. Tidak sanggup membeli hewan qurban karna harganya yg mahal,  tapi sanggup membeli iPhone sekedar ganti model.
bukankah perdagangan Allah itu mahal

3- يستطيع قراءة محادثات تصل إلى ١٠٠ محادثه في اليوم ..
ولا يستطيع قراءة ١٠ آيات من القرآن بحجة ليس لديه وقت لقراءة القرآن
ألا إن سلعة الله غالية

Sanggup membaca chatingan hingga seratus percakapan tiap hari,  namun tidak sanggup membaca 10 ayat alquran  dengan dalih tiada waktu yg cukup untuk membaca.
bukankah perdagangan Allah itu mahal

قليل من سيرسلها لأنه يشعر بالحرج .
Sedikit yg mau menyebarkannya/ men share karena merasa berat..

تخيل ان الله يراك وانت تنشرها لاجله.
Angankan di benakmu bahwa Allah selalu melihatmu.. Dan engkau menyebarkannya karenaNya..

 اذا اعجبتك الفكرة ..  فانشرها .
وإذا لم تعجبك .. فمر كأنك لم ترى شيئا.
Jika engkau terpanggil sebab tulisan ini maka sebarkanlah.. Namun jika tidak maka anggap engkau tidak pernah lihat..

Saya mendadak seperti disengat lebah. Jangan-jangan saya selama ini seperti bak bocor. Mending kalau kantong, ukurannya kecil dan kebocorannya biasanya bisa cepat diketahui. Nah kalau bak besar yang bocor? Diisi air penuh lalu merembes, lama-lama kosong juga jadinya nggak pernah penuh seperti harapan semula. Nyari dimana bocornya? susah banget. Saya aja sampai ganti bak baru ajah karena berkali-kali tambal sulam si bak lama kok tetep bocor juga.

Lalu saya berpikir bahwa urusan amalan memang harusnya tidak menjadi semacam bak atau kantong bocor. Berharap sekali setiap amalan terjaga agar tak merembes, meluap karena jumawa atau menguap karena riya'. faktanya seringkali ibadah diiringi dengan rasa puas dan *memuji diri sendiri* Atau kadang merasa lega karena sudah tunai kewajibannya.

Di sisi lain urusan ibadah hendaknya seperti gelas setengah isi. Maksudnya ngga pernah puas, ngga pernah penuh sehingga perlu diisi terus, ngga ada kata menyerah, harus berusaha sampai penuh. Ibadah bukan hanya jungkir balik sholat wajib dan sunnah, berlapar dan dahaga karena puasa, merogoh kantong demi bersedekah tetapi juga menuntut ilmu, membantu sesama, meringankan beban, memberikan pertolongan sekecil apapun terhadap sesama makhlukNya. Ini yang sering terlupa, lewat begitu saja. Menuntut ilmu di suatu majelis, menjadi donatur yayasan sosial atau bersedekah sesukanya seringkali dianggap cukup *seperti dalam pikiranku* *seperti anggapanku*

Semoga kita selalu bisa menjadi gelas setengah isi, bukan bak bocor yang bikin sakit hati.

Gambarnya sebagai pengingat, bentar lagi Ramadhan tiba, monggo yang ingin order mukena :)


2 comments:

  1. berasa diingatkn banget mba... semoga kita semua bukan makhluk2 yg mengumpulkan kantong bocor. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Hihiihi semua yg bocor emang bikin rugi, jadi mending ditambal aja dan diperbaiki trus dipoles biar cakep lagi #eh XD #kokkayakurusantukang :D

    ReplyDelete