Google+ Followers

Saturday, January 9, 2016

Tips Hidup Sehat

   Haloo sobat, apa resolusi 2016 mu? Hidup sehat adalah salah satu resolusi saya. Bukan berarti selama ini saya serampangan dalam menjalani hidup. Lebih tepatnya kurang memperhatikan masalah kesehatan padahal usia saya sudah masuk di angka 40 di tahun 2016. Gegaranya pas tempo hari sempat periksa lab dan dideteksi kadar kolesterol jahat saya berada di atas ambang batas normal. Keluhan nyeri di persendian sangat mengganggu. Kira-kira apa penyebabnya? karena saya kurang makan buah dan terlalu sering ngemil mungkin ya.
     Makan tak enak tidur tak nyenyak, siapapun setuju jika sakit adalah pemutus nikmat. Kesehatan adalah nikmat dari Tuhan yang seringkali tak disadari. Pas jatuh sakit barulah terasa nikmatnya sehat. Kesehatan adalah anugerah, ia perlu dijaga dan diupayakan agar hidup menjadi lebih bermanfaat.
    Kesehatan bukan melulu masalah tubuh yang bugar namun kesehatan dalam kehidupan perlu dipandang sebagai kesatuan dari tubuh bugar, jiwa yang positif dan sehat dalam berinteraksi sosial. 
Pepatah latin berkata “Men Sana In Corpore Sano” yang bermakna : jiwa yang sehat di dalam tubuh yang sehat. Artinya dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang sehat. Faktanya terjadi juga kondisi secara kebalikan yaitu bahwa jiwa yang sehat akan mendukung terwujudnya kebugaran tubuh. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa seseorang yang mudah stress akan mudah pula menderita sakit.
Kesehatan perlu diupayakan dengan memperhatikan faktor-faktor penting yang berpengaruh terhadap kebugaran yaitu: faktor gaya hidup, pola makan dan pola berpikir. Kiat-kiat hidup sehat selayaknya merupakan perpaduan dari ketiga hal utama tersebut.

Beberapa langkah yang seharusnya mulai saya terapkan untuk hidup sehat adalah :

a. Faktor Makanan
Pola makan dan menu makanan menentukan kesehatan tubuh. Langkah yang perlu diperhatikan agar faktor makanan mendukung kesehatan tubuh adalah:
1. Membiasakan makan secara teratur. Jam makan yang tidak teratur bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh karena menyebabkan gangguan pencernaan. Tak hanya tentang jadwal namun porsi makan juga harus diperhatikan. Makan berlebihan bisa menyebabkan lambung dan organ pencernaan lebih mudah terserang gangguan. Jadi keingat dulu saya sempat menderita sakit maag tetapi seiring dengan teraturnya jadwal makan saya sekarang terbebas dari sakit maag (tapi kok malah jadi obesitas ya #Plaak)
2. Pilih bahan makanan sehat. Upayakan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur segar, daging dan ikan yang "fresh from the oven" alias bukan hasil pengawetan. 
3. Perhatikan kebutuhan tubuh atas kadar karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat alami sesuai kebutuhan. Karbohidrat merupakan sumber energi, lemak membantu suplai energi, protein penting untuk pertumbuhan sel tubuh. Vitamin diperlukan untuk kebugaran tubuh. Namun perlu diingat bahwa kelebihan kalori dapat menimbulkan obesitas. Penderita Obesitas alias kelebihan berat badan rawan menderita penyakit terutama penyakit degeneratif. 

b. Faktor Gaya Hidup
Tidak hanya pola makan namun gaya hidup juga berpengaruh terhadap kesehatan. Agar tubuh bugar dan jiwa sehat maka beberapa langkah berikut ini perlu dilakukan:
1. Hindari penggunaan zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan resiko penyakit bagi tubuh seperti rokok, narkoba, minuman beralkohol. Kurangi mengkonsumsi minuman bersoda dan makanan berbahan pengawet karena dapat berakibat buruk terhadap kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus
2. Cukup beristirahat. Hindari begadang karena kondisi kurang tidur terutama di malam hari dapat menyebabkan gangguan metabolisme. Tubuh manusia membutuhkan istirahat yang cukup. Layaknya mesin yang butuh rehat begitupun halnya dengan tubuh manusia.

3. Rajin berolahraga. Olahraga membantu sirkulasi darah dan kerja otot secara maksimal. Rajin berolahraga dapat membakar kelebihan kalori dalam tubuh sehingga tidak mudah menderita obesitas.

c. Pola Berpikir
Jiwa yang sehat mendukung terbentuknya kondisi tubuh yang bugar. Seseorang yang mudah menderita stress menurut penelitian ilmiah akan lebih mudah menderita penyakit jasmani. Beragam penyakit bermula dari pola berpikir negatif, penuh kekhawatiran atau mudah cemas. Penyakit gangguan jantung, darah tinggi, gangguan lambung, tingginya kadar gula darah merupakan penyakit-penyakit yang diperparah oleh kondisi pikiran yang tidak sehat. Agar selalu berpola pikir sehat maka beberapa langkah berikut perlu diupayakan:
1. Rajin beribadah. Beribadah dengan tekun dan khusyu adalah salah satu cara menciptakan pikiran yang tenang dan damai. Seseorang yang rajin beribadah cenderung lebih santai menjalani hidup dan terhindar dari pikiran yang menyita waktu dan tenaga karena terdorong untuk pasrah terhadap takdir Tuhan setelah berikhtiar sekuat tenaga.

2. Berpikir positif. Waspada terhadap kejahatan bukan berarti harus selalu berpikiran negatif terhadap orang lain. Upayakan untuk selalu berpikir positif. Hindari menyimpan dendam kesumat karena memaafkan setiap kesalahan dapat menciptakan damai dan ketenangan di dalam hati dan pikiran.
3. Rajin “memberi makan” pada jiwa. Seperti tubuh yang memerlukan makanan sehat begitu pula halnya jiwa. Makanan sehat bagi jiwa selain tekun beribadah adalah rajin membaca buku-buku atau bacaan bermutu, ringan tangan membantu yang sedang kesusahan atau  aktif di kegiatan-kegiatan sosial yang membutuhkan kerja sama dengan banyak orang. Berbagi pendapat, berbagi keceriaan dan menyaksikan penderitaan orang lain seringkali membuka cakrawala pemikiran untuk selalu bersyukur dan berpikir positif.

       Saya sudah merasakan nggak enaknya sakit. Hmm hidup sehat adalah impian bagi setiap orang. Pengen bisa mewujudkan mimpi itu lewat langkah-langkah nyata. Harus membiasakan hidup sehat nih mulai dari sekarang, yuk mulai dari diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai.

6 comments:

  1. Olahraga neh yang mau saya mulai rajinkan kembali tahun ini. Thank u sarannya mak, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal balik mak turiscantik :D saya juga olahraganya "kepaksa" nyagyuh sepeda buat jemput anak sekolah hehehe

      Delete
  2. Aku udah jarang banget olahraga. Padahal si kecil sering ngajakin. Sejak hamil jadi males banget ngapa-ngapain

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan-jalan santai udah termasuk olahraga mbak Nisa, mungkin mbak Nisa gak menyadari klo wira wiri ke sana kemari udah termasuk olahraga :D

      Delete
  3. iya, nih, saya juga harus merasa mulai hidup sehat. Tapi praktekinnya masih suka maju-mundur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maju mundur cantik mbak Ira, udah olahraga juga atuh :D

      Delete