Google+ Followers

Monday, January 11, 2016

7 Alasan Menjadi Agen Gobana, Kripik Pisang Penuh Cita Rasa

      “Ayo jadikan cara ngemil baru di Indonesia, makan kripik pisang sambil dicocolin sambal” ajak Bu Ida Widyastuti, Pemilik Roemah Snack Mekarsari dengan ramah pada para blogger undangan yang hadir di acara Launching Kripik Pisang Agung Gobana. Wah jadi penasaran, kripik pisang kok dimakan bareng sambal colek jadi nggak sabar icip-icip produknya.
Ngemil kripik pisang cocolin sambal Jeng Ida

      Hadir di Launching Produk UKM berkualitas ekspor tentu adalah kesempatan yang sangat berharga. Baru dilaunching kok sudah ekspor? Menurut penjelasan Bu Ida, Gobana sebenarnya masih satu “saudara” dengan Kripik Pisang Go Banano yang telah Go International.  Team marketing online Gobana telah bekerja keras dua minggu sebelumnya untuk memperkenalkan kripik pisang ini di dunia maya. Adanya produk bermutu pendahulu bermerk Go Banano turut membantu promosi secara tidak langsung.

   Acara yang berlangsung dalam suasana akrab dan kekeluargaan ini membuka mata kami tidak hanya pada kelezatan produk Mekarsari namun juga ilmu dan pelajaran tentang bagaimana memulai bisnis dengan hati. Acara diawali dengan sekilas paparan mengenai profil Mekarsari dan Ibu Ida Widyastuti. Penggemar camilan seperti saya pasti kenal dengan nama dagang Mekarsari. Produsen makanan ringan dari Sidoarjo ini merupakan salah satu UKM unggulan yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis makanan. Mekarsari berdiri pada akhir tahun 2002. Ibu Ida Widyastuti tampaknya fokus pada pengolahan pisang dan ketela karena kedua bahan pokok tersebut berlimpah jumlahnya di Jawa Timur.
Sebagai pebisnis aktif Ibu Ida merupakan sosok berprestasi. Kegigihannya dalam berbisnis makanan membawanya kepada berbagai pencapaian dan penghargaan antara lain Pemenang Pertama Wanita Wirausaha Mandiri Femina versi Majalah Femina 2012 dengan kategori tambahan Green Entreprenuer, Perempuan Inspiratif Nova 2011 versi Tabloid Wanita Nova, Pemenang Ernst and Young Entrepreneurs Winning Women 2012, Penghargaan Pangan Award 2012 dari Kementerian Perdagangan, 100 Wanita Pengusaha Pilihan SWA 2012 versi Majalah Swa dan berbagai prestasi lainnya.
Bu Ida Widyastuti bersama mbak Sugi Hartati EO Launching Produk Gobana

Meski berlangsung selama hampir tiga jam, dari jam sembilan lewat tiga puluh hingga pukul 12.30 WIB acara Launching Kripik Pisang Gobana tidak terasa membosankan. Bagaimana bisa bosan kalau acara demi acara diselingi dengan menikmati aneka suguhan berupa makanan ringan khas produksi Mekarsari salah satunya tentulah Gobana.
Di sesi acara tanya jawab para peserta mendapatkan banyak pengalaman berharga. Salah satu yang membuat saya penasaran adalah: mengapa Bu Ida memilih produk pisang terjawab di sini. Fokus beliau untuk mengolah pisang bermula dengan pengalaman beliau menyaksikan petani pisang Agung atau pisang tanduk membuang pisang yang tak laku dijual. “Kok dibuang pak?” “Ya Bu, nggak laku sudah busuk, kalau pas Maulud baru deh panen permintaan dan laku banyak” jawab sang petani. Maka bu Ida yang senang bereksperimen mencoba fokus memanfaatkan pisang Agung untuk diolah menjadi kripik pisang agar para petani tidak menderita kerugian.
Kripik pisang biasa, sudah tak terbilang pemain bisnisnya. Bu Ida berpikir tentang produk inovatif: Kripik Pisang Agung dalam delapan varian rasa. Agar varian tersebut terasa banget dan nendang cita rasanya Bu Ida tidak menggunakan perasa biasa tetapi dalam bentuk pasta. Cita rasa dalam bentuk pasta lebih meresap ke dalam makanan meskipun harganya jauh lebih mahal dari perasa biasa. Pasta Green Tea original misalnya bisa seharga sekitar enam ratus ribu rupiah per kilogram. Beruntung saya menjadi salah satu orang yang mencicipi kedelapan varian rasa tersebut di periode awal launchingnya. Sekedar informasi saja meski secara event Launching Kripik Pisang Agung Gobana baru diselenggarakan pada 10 Januari 2016 tim marketing online yang bergabung dalam The Great Team Of Gobana telah berhasil merampungkan beberapa order pertama dalam jumlah besar. 

Penasaran mengapa produk baru launching sudah mampu terjual dalam jumlah signifikan? Menurut pendapat saya sebagai penggemar camilan kelebihan Kripik Pisang Agung Gobana adalah:
1. Nama Mekarsari adalah jaminan mutu. Sebagai senior dalam bisnis makanan ringan nama dagang Mekarsari tidak dapat diremehkan. Produk camilannya adalah jaminan mutu. Produk-produknya fresh from the oven karena meski masa kadaluwarsanya masih lama Mekarsari  tidak pernah menyimpan stock barang dalam jumlah besar agar tetap terjaga cita rasanya. Tak pernah terdengar keluhan konsumen kecewa dengan rasa atau keracunan produk Mekarsari. Hebatnya di acara Launching Kripik Pisang Agung Gobana tersebut Bu Ida mengaku bahwa tester pertama dari setiap produk inovasinya adalah sang putra. “Jika anda sebagai pebisnis makanan tentu anda ingin mendengar konsumen mengatakan bahwa produk anda aman dikonsumsi, maka untuk memastikan keamanan dan kenikmatan rasa saya meminta bantuan anak saya sebagai tester pertama”. Setiap meluncurkan produk baru bu Ida membawakan produk tersebut ketika mengunjungi anandanya yang tengah menuntut ilmu di sebuah pondok pesantren Kediri. Jika sang anak tidak menunjukkan reaksi alergi atau keluhan pencernaan maka Bu Ida menganggap produknya aman dikonsumsi. Sang anak turut serta memberikan masukan jika produk dirasa kurang pas sehingga pada kesempatan berbeda Bu Ida membawakan racikan baru hingga sang anak menyatakan “OK”

2. Produk pendahulunya berkualitas Ekspor. Go Banano yang merupakan produk pendahulu dari Gobana adalah produk ekspor yang memiliki pangsa pasar hingga Malaysia, Singapura, Korea, Qatar, UAE, Kuwait, Oman, Bahrain dan Saudi Arabia.
3. Kemasan atau packagingnya eksklusif, atraktif, inovatif dan solutif. “karet mana karet” bingung mencari karet untuk menutup packaging ketika produk makanan kemasan tidak habis dikonsumsi? Kripik Pisang Agung Gobana tidak membuat konsumen kebingungan mencari karet karena kemasannya eksklusif terbuat dari alumunium foil dengan klip segel yang bisa dibuka dan tutup ulang. Dengan kemasan inovatif seperti ini dijamin tidak akan mengubah rasa dan kerenyahan kripik karena tersimpan dalam kemasan kedap udara.

4. Produknya pilihan, bukan sortiran. Makan kripik pisang remahan ogah banget kan. Kripik Pisang Agung Gobana terbuat dari pisang Agung bersize besar sehingga mantapnya terasa pas digigit. Kress, renyah, mantap, mengenyangkan. Gizi? Pisang Agung adalah salah satu buah yang memiliki berbagai kelebihan. Teksturnya lembut dan rasanya manis. Pisang Agung memiliki kandungan gizi berupa karbohidrat, lemak, protein, Kalsium, Fosfor, Vitamin A, B dan vitamin C
5. Kaya pilihan varian rasa.
Kripik Pisang Agung Gobana tersedia dalam delapan varian rasa:
a. Hot Spicy. Pernah makan Kripik Pisang Agung rasa pedas dan bumbu rempahnya kerasa banget? Pasti nggak nahan banget air liur netes tuh ya #sodorinTissue. Buat penggemar pedas Gobana rasa Hot Spicy ini cocoook banget. Khawatir issue penggunaan zat kimia berasa pedas seperti di tayangan rubrik investigasi televisi? Bu Ida tersenyum lebar saat saya menanyakan bagaimana menangkis issue-issue tersebut. “Walah lha wong tester pertamanya saja anak saya, sampai kapanpun saya nggak bakalan pakai cara nggak jujur. Buat saya bisnis itu harus dijalani dari hati, jujur. Saya nggak mau menipu dan saya juga nggak ingin produk saya melesat sesaat lalu jatuh” ujar beliau Nah, nggak was-was lagi kan? Saya sebagai konsumen juga merasa aman saat mengkonsumsinya. Rasanya bikin ketagihan eeaa.

b. Classic Caramel Chocolate. Kripik Pisang Agung rasa caramel chocolate duuuh, dijamin satu bungkus bisa tandas dalam sekejap. Rafi, anak sulung saya yang suka pilih-pilih snack aja komen “ini rasa favoritku Ma, enak banget”. Varian ini dinamai Classic karena tekstur Caramel yang lengket legit itu kentara banget, menjadikan cita rasa kripik pisang yang gurih jadi lebih Istimewa. 

c. Japanese Green Tea. Kripik Pisang kok rasa Green Tea. Lah inilah yang disebut Inovasi. Teh hijau gak mesti minuman, tapi segar sebagai cita rasa kripik pisang. Apalagi teh hijau yang memiliki banyak manfaat yaitu membantu menstabilkan tekanan darah, menurunkan berat badan, berfungsi sebagai antioksidan alami serta membantu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh. Jadi makin banyak aja manfaatnya.
d. Choco Banana. Kripik pisang rasa coklat? Jangan bayangkan permen coklat rasa pisang yaa. Yang ini beda. Coba deh bayangkan Kripik Pisang Agung yang gurih renyah bertabur bubuk pasta coklat dan susu. Nggak kebayang? ya udah makanya beli aja dulu Kripik Pisang Gobana rasa Choco Banana pasti deh pada manggut-manggut setuju dengan pendapat saya kalau kripik ini punya cita rasa khas, ada susu dan coklat kombinasi pisang. Jadi teringat minuman menu food combining ala ala Smoothie, pisang campur susu dan coklat…lezaaat.

e. Keju. Aaahhh ini favorit saya. Bisa kebayang legitnya kripik pisang dengan gurihnya bubuk pasta keju? Satu bungkus buat saya cemilin sendiri bisa langsung tandas dalam sepuluh menit saja. Sambil nongkrong, nulis di depan laptop atau baca buku favorit. Asik banget sampai dijilat-jilat deh itu jemari karena gak ikhlas kok cepet habis kripik pisang rasa kejunya.

f. Classic Caramel Durian. Pisang kombinasi durian? Ayoooo penggemar durian gak ingin ketinggalan merasakan sensasinya durian berpadu kripik pisang kan? Rasa Duriannya nendang, kripik pisangnya tetap renyah membuat lidah bergoyang. Bu Ida sempat bergurau: ya inilah namanya beli kripik pisang bonus durian.

g. Pisang D Rujak. Hayo ngaku siapa yang suka rujakan? Tua muda, anak-anak dewasa pasti suka rujakan. Nah bagaimana kalau rujakan kripik pisang. Rasa bumbu rujak yang khas itu nggak cuma tempelan, bisa dilihat bumbu yang tampak lengket itu masih tampak jelas cabe merahnya. Slurrpp lezat banget pastinya. Silahkan berimajinasi lalu cicipi.

h. Pisang D Sambal Petir. Nah dari kedelapan varian rasa bolehlah saya komentarin bahwa Pisang D Sambal Petir adalah varian paling inovatif. Seperti ajakan Bu Ida kepada para hadirin: rasakan sensasi pertama di Indonesia atau mungkin di dunia untuk menikmati kripik pisang dengan sambal. Sambalnya dikemas terpisah dan rasanya "petir" pula karena terasa banget pedasnya. Pedasnya nampol, gurih kripik pisangnya kriuuk puoll. Kiat bisnis yang jempolan karena aneka Sambal botolan dalam merk Sambal Jeng Ida adalah salah satu produk andalan Roemah Snack Mekarsari.

6. Menawarkan berbagai benefit. Keunggulan pemasaran Kripik Pisang Gobana adalah bukan sekedar menjual produk berkualitas namun berbagai keuntungan ada di baliknya. Mekarsari menawarkan berbagai benefit bagi member Gobana Team (sebutan bagi agen, distributor, reseller dan tim marketing Gobana). Benefit tersebut antara lain:
a. Profit. Profitnya jelas. Mekarsari menawarkan margin yang cukup besar bagi Gobana Team. Lumayan banget buat penghasilan tambahan atau diseriusi untuk bisnis.
b. Program CSR yang patut diacungi jempol. Tahukah anda 200 rupiah dari keuntungan penjualan Gobana ini disisihkan untuk keperluan darurat anak-anak yatim dan ibu dhuafa yang tak memiliki biaya untuk melahirkan di rumah sakit. Bu Ida menyebutnya sebagai program Sharing, Caring and Loving.
c. Program Gobana Tours. Mau jalan-jalan ke luar negeri gratis? Kesempatan ini bisa diperoleh dengan cara menjadi distributor Gobana yang meraih prestasi tertentu sesuai Syarat dan Ketentuan. Reward yang sangat mengagumkan bukan?
7. Halal MUI dan PIRT tercatat.
Sebagai seorang muslim memastikan kehalalan suatu produk adalah kewajiban bagi saya. Alhamdulillah Gobana telah bersertifikat Halal MUI dan merupakan P-IRT tercatat dengan no registrasi 2143515960227-20. Artinya Produk Gobana adalah produk halal, aman dan higienis.

Hobi ngemil, jatuh cinta dengan produknya, salut terhadap CSR Sharing, Caring, Lovingnya adalah alasan yang cukup buat saya untuk segera mendaftar sebagai salah satu agen Gobana. Ditambah lagi dengan penjelasan Bu Ida bahwa pengolahan Gobana tidak menghasilkan limbah sebab proses pengupasan pisang sebelum diolah menjadi kripik di pabrik dilakukan para penduduk desa yang rata-rata memiliki hewan ternak sapi. Sehingga kulit pisang tersebut dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Faktor ini semakin menguatkan tekad saya untuk turut serta ambil bagian dalam bisnis yang insyaAllah membawa berkah karena dilakukan dengan hati dan mencintai bumi. 
Bersama Bu Ida Widyastuti

Jika Bu Ida meminta bantuan putra beliau sebagai tester pertama, saya juga meminta bantuan anak-anak sebagai pemberi testimoni pertama sekaligus membantu mempromosikan kepada teman-temannya. Alhamdulillah bisnis ini berasa banget sebagai bisnis keluarga, karena orderan pertama datang dari rekan-rekan sekantor suami yang gigih sebagai ujung tombak marketing pertama.



Dengan menyebut nama Allah, kami berharap usaha kecil-kecilan kami sebagai agen Gobana menjadi sumber penghasilan yang berkah bagi semua, tak hanya bagi kami tetapi juga bagi Mekarsari agar senantiasa dimudahkan membantu anak-anak yatim dan ibu dhuafa yang harus melahirkan di rumah sakit tetapi terhambat biaya.

33 comments:

  1. waah mbakk aku koq ngileerr dan penasaraaann...dadi agen modale akeh opo oraa huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok Mbaak....jadi agen cukup beli 100 kemasan. Modalnya sekitar 1 jutaan. dapat bonus spanduk. nah itu pas pulang dari launching dapat goodie bag isi snack saya manfaatkan jadi tester, larisss maniss malah terima list orderan dulu sebelum resmi jadi agen hehehe

      Delete
  2. Replies
    1. nah kekirim dua kali komentnya ngeces beneran euy :D

      Delete
  3. Semoga menang Mbak, dan bisnisnya berjalan lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin allahumma aamiin ...makasih mbak Tatit atas doanya, semoga Allah melimpahkan kebaikan berlipat ganda, yeaay kita sempat foto bareng bu Ida kan, semoga keberkahan dan hoki beliau nular ke kita ya :D

      Delete
  4. Mbak Dwi, tulisannya keren, bisnisnya juga jalan. Hebat, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya Allah ...mbak Diah juga hebat, bisa nulis, ngereview sambil bawa si kecil :)

      Delete
  5. mauuuu, ditempatku jarang banget ada keripik pisang

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. aamiin ya Allah, Gobana bisa dijual di Warung Kopi Gandos njenengan lo mbak :)

      Delete
  7. Wuih gobana keren banget. Sayang kemarin gak bisa ikut ke acara itu. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh keren banget mbak, mudah-mudahan bisa ketemuan di kesempatan yang berbeda ya mbak...

      Delete
  8. pengen jalan2nya..pasti enak jalan2 gratis...keripiknya bikin aku pengen nyemil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi Distributor Gobana dan sesuai S dan K mbak Dwi, bisa JJS gratis :D

      Delete
  9. Banyak sekali rasanya Mbaak.. jadi penasaran icip-icip keripik pisangnya.. :)
    Sebungkus isi berapa gram, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak dan enak-enak mbak Yun, sebungkus 100 gram kecuali rasa D sambal Petir 75 gram :)

      Delete
  10. Ngiler yaa mbak liat kripik pisang nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sodorin tissue ke mbak Niar ....kemaren ikutan nggak ya?

      Delete
  11. Baru tau nih ada kripik pisang Gobana. Jadi pengen nyobain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijamin mantabb ...jualan perdana Gobana saya langsung lariss :D

      Delete
  12. enakk n unikk banget nih, jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekali mencoba pasti pengen yang kedua, ketiga, keempat dan seterusnya mbak :D

      Delete
  13. Jadi ingin nyobain semua varian rasanya, enak2 ya semuanya? :)

    ReplyDelete