Google+ Followers

Friday, January 15, 2016

Obrolan Cemilan: Gobana Si Jempolan

 Menjadi Ibu dari dua anak lelaki yang sedang dalam masa pertumbuhan serta sebagai diri sendiri, wanita menjelang empat puluhan yang sibuk dengan kegiatan rumahan plus aktivitas menulis sebagai sarana mencari nafkah, menyediakan makanan dan cemilan sehat merupakan kewajiban. Salah pilih cemilan bisa bahaya. Radit pernah terserang radang lambung gegara snack pabrikan yang mungkin tak cocok bagi lambungnya.
 Beruntung saya diundang dalam Launching Gobana., Produk Kripik Pisang Agung buatan Roemah Snack Mekarsari, Sidoarjo. Hadir diacara tersebut sungguh sebuah kesempatan yang sangat berharga. Saya bisa kopdar dengan rekan-rekan blogger Sidoarjo sekitarnya (bahkan ada yang dari Yogyakarta dan Madura loh), saya belajar tentang kiat berbisnis dari Ratu Snack, Ratu Pisang Jeng Ida Widyastuti langsung, saya juga malah jatuh cinta pada produknya dan nggak nunggu lama langsung mendaftar jadi agen Gobana.

   Acara launching yang sejatinya saya ikuti dalam rangka menjalankan tugas sebagai blogger malah membawa saya merintis sebagai pebisnis. Asyiknya berbisnis di rumah itu bisa sambil santai terima order melalui BBM atau WA, bisa ngemil produk sambil nulis. Kalau capek bisa tiduran, leyehan…merasa nyaman …lalu antara terjaga dan tidak saya mendengar sayup-sayup obrolan:


Snack Wafer      : “Hei kamu, produk baru ya…menuh-menuhin tempat saja”
Snack Wafer Roll : “Iya nih kan kita lebih dulu di sini”
Gobana Cheese   : “Eh, geser dikit dong, seperti di angkot, sama-sama cemilan baiknya saling menghormati. Toh kita di sini karena pilihan pemilik rumah”

Gobana Japanese Green Tea : “Iya nih, kalau bicara tentang siapa lebih dulu, cemilan kripik pisang malah sudah lama jadi favorit di Indonesia”

Gobana D’Rujak   : “Betul banget, apalagi sejak Bu Ida Widyastuti berinovasi menambahkan berbagai cita rasa dalam produk Kripik Pisang Agung seperti kita, jadinya lebih istimewa kan?”

Gobana Choco Banana : “Nah bukan hanya varian rasa yang membuat kita berbeda dengan snack lainnya. Tengoklah kemasan kita ini. trendy, funky, modis karena dilengkapi ziplock yang bisa dibuka tutup ulang”

Gobana Classic Caramel Chocolate: “daaan jangan lupa kita terdaftar di halal MUI dan Departemen Perdagangan loh, udah keluar masuk laboratorium kita nih. Halal, higienis dan rasanya lezaat”

Sementara Gobana Classic Caramel Durian, Gobana Pisang D’ Sambal Petir, Hot Spicy yang nggak kebagian tempat di piring snack berebut nimbrung dalam obrolan
Gobana Classic Caramel Durian : “iya nih, kita-kita inilah snack kekinian. Baik hati, tidak sombong meski menjadi snack favorit tua muda, wanita pria”

Snack Wafer Roll : “ah beneran nih? Faktor apa yang menjadikan kalian jadi favorit banyak orang?”

Gobana Pisang D’ Sambal Petir : “Bro, kita ini snack yang gak mudah melempem. Ayo buktikan aja lima belas menit dipajang di piring snack, kita masih renyah dan gak melempem seperti dirimu Wafer Roll atau Wafer biasa. Sekali kress, renyah, gurih…nggak rontok dan ngotorin baju kan Bro”

Snack Wafer : “wah bener juga ya, apalagi kalian nggak sombong sebagai snack asli Indonesia. Denger-denger saudara kalian si Gobanano sudah melanglang buana sebagai komoditas export ya?”

Gobana Hot Spicy: “Bener banget Bro. We are Hot…we are rock the world. Apalagi Hot Spicy, rasa paling sexy dan funky…favorit muda mudi”
Gobana Hot Spicy

Gobana Pisang D’ Sambal Petir : ‘Woy nggak bener itu. Sayalah yang dikenal sebagai produk inovatif. Cuma saya, satu dari delapan rasa Gobana yang dilengkapi dengan sambal petir yang dikemas tersendiri. Renyah dan manisnya kripik pisang dicocol sambal pedas nan mantap dicemil tanpa was was”
Gobana Pisang D Sambal Petir

Gobana Cheese : “Eits tapi saya si keju, selalu jadi pilihan rasa berbagai snack. Coba kalian cek hampir semua jenis snack selalu ada rasa keju. Artinya keju itu favorit sejak dulu. Asin gurihya keju berpadu legitnya kripik pisang…mana tahaan”
Gobana Cheese
Gobana Japanese Green Tea: “Guys, ojok lali…jangan lupa masalah inovasi, tengoklah saya ini. selama ini kalian Cuma kenal Green Tea sebagai salah satu cita rasa minuman. Sayalah yang paling terdepan di antara kedelapan rasa Gobana. Green Tea banyak manfaatnya loh, penikmatnya bisa cantik dan awet muda seperti bu Ida. Green Tea kan punya zat antioksidan alami”
Gobana Japanese Green Tea

Gobana Classic Caramel Durian: ”Hohoho wait wait….bicara soal alami. Ada nggak di antara kalian yang memadukan dua buah produk Indonesia dalam satu cita rasa. Coba deh tanya pada penggemar Durian, mau nggak beli kripik pisang bonus Durian. Pasti ngga ada yang nolak ah. Kan cita rasa Durian di dalam diriku mantapnya dijamin selalu”
Gobana Classic Caramel Durian

Gobana Pisang D’ Rujak : “Eh eh eh …bicara produk asli Indonesia. Cita rasa Rujak inilah yang khas Indonesia. Coba deh keliling Eropa, keju pasti ada tapi mana ada rujak? Coba ke Jepang, Green Tea ada tapi mana ada rujak? Mau Hot Spicy? Lah kan hampir semua makanan ada rasa hot spicy. Tapiii kalau Pisang D’ Rujak bagaimana kalian bisa mendeskripsikan : rujakan buah pisang? Atau pisang yang diolah dengan bumbu rujak? Duh entah kalimat apa yang bisa menggambarkan kelezatanku ini. Pedasnya bumbu rujak berpadu renyah kriuknya kripik pisang, dunia pun terasa bagaikan surga.
Gobana Pisang D Rujak

Gobana Choco Banana: “Hellooo …kalau mau adu lezat nih tengoklah daku. Adakah yang pernah memadukan pasta coklat dan susu dengan kripik pisang? Nikmatnya tiada tara mas, mbak, oom, tante….yang manis gabung si manis ya pastilah makin manis, manis di mata, manis di rasa.
Gobana Choco Banana

Gobana Classic Caramel Chocolate: “Yuuhuuy…kalau soal pamer izinkan daku numpang lewat sebentar aja. Ngga pakai banyak kata, anak sulung pemilik blog ini jelas memilihku sebagai favoritnya. Juga ibu-ibu pengajian yang tempo hari ditawarin nyicipin Gobana. Legitku ini loh jaminan mutu. Manisnya pas, nggak eneg, ada gurih-gurih yang membuat kalian pasti terpesona”
Gobana Classic Caramel Chocolate

     Saya jadi gemes mendengarkan obrolan mereka. Langsung nyelonong dan menegur mereka “ Wooooy para kedelapan rasa Gobana. Kalian masih ingat kan motto bu Ida Widyastuti : Together We Can Do More. Kalau bersama-sama dan kompak kita bisa melakukan banyak hal, banyak kegiatan positif dan banyak kebaikan bagi sesama. Itu sebabnya bu Ida bekerja sama dengan para petani pisang Agung terutama di lereng Gunung Penanggungan. Meski pisang Agung memerlukan kondisi tanah khusus agar bisa tumbuh optimal seperti tanah yang tidak gembur, tidak kelebihan air dan berada pada ketinggian minimal 400 meter tetapi beliau berhasil membantu petani memproduksi pisang Agung dengan hasil super size memanfaatkan teknologi plasma nutfah di lahan seluas 200 hektar.

 “Together We Can Do More” pula yang menjadikan alasan bu Ida memberikan banyak apresiasi bagi agen dan Distributor  Gobana dan program Gobana Team. Agen bisa dapat bonus spanduk dan produk Mekarsari lainnya. Distributor bahkan punya kesempatan untuk jalan-jalan ke luar negeri gratis.
‘Together We Can Do More” juga merupakan alasan program sosial Sharing, Caring. Loving yang menyisihkan 200 rupiah dari keuntungan per pack Gobana untuk anak yatim dhuafa dan ibu dhuafa yang harus melahirkan di rumah sakit namun terkendala biaya.
  Ayo berhentilah saling mengunggulkan diri karena kalian semua istimewa. Nih buktinya. Baru resmi jadi agen 11 Januari 2015, ambil 100 pack Gobana, eh stock per 15 Januari sudah tinggal 10 pack. Dalam lima hari terjual 90 pack? Together We Can Do More kan.
 Belum lagi testimoni pembeli. Pas ditanya varian rasa mana yang menjadi favorit dari empat rasa yang dipesannya : Gobana Cheese, Gobana Choco Banana, Gobana Classic Caramel Chocolate, Hot Spicy. Lah kok jawabnya enak semuaaa.



Kesimpulannya masing-masing rasa punya segmen penggemar khusus. Hayooo sekarang berpelukan dan teriakkan “Gobana Go Go Go ….Together We Can Do More”
Yeaay senang melihat mereka berpelukan dan bersalaman. Saya juga senang sejak menjadi agen Gobana bisa dapat penghasilan tambahan dan camilan sehat untuk anak-anak tersayang. Lalu mendadak dunia bergoyang-goyang dan saya mendengar Radit berkata “Ma, Ma…bangun Ma, ada Bu Rudi mau beli Gobana”. Iyess mimpi saya menjadi pengusaha perlahan beranjak nyata, dirintis sebagai agen  Gobana

17 comments:

  1. Kerenn mbaknyaahhh.. Reviewnya dlm bentuk dialog gini cucok yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ya mbak Ine, review satunya review seperti biasa...yang ini pengen rada beda, agak nge-fiksi :)

      Delete
  2. Asyik kren. aku malah belum bikin review.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas saya mampir ke rumah maya mbak Tatit udah jadi loh reviewnya..tjakep :)

      Delete
  3. Wah, gobana keren .... Apalagi apresiasi buat agennya. Jadi tertarik deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak ...nggak rugi kok jadi agen Gobana, produknya tahan lama :)

      Delete
  4. asyik euy, banyak varian rasanya ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Ila ...produk inovatif nih, ada program CSRnya pula :)

      Delete
  5. banyak rasanya ya, jadi penasaran

    ReplyDelete
  6. Bulan depan semoga sudah bisa daftar jadi agen nih, Mbak. Asyik rasanya. Bisa ditaruh di koperasi pontren.

    ReplyDelete
  7. astagaaah tiap rasa punya pandangan masing2 hihihi kereeen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ....asyik kan ada kripik Gobana bisa ngobrol apa ajah :D

      Delete