Google+ Followers

Tuesday, January 19, 2016

Launching New Product Viody : Elegan, Eksklusif, Syar'i



    "Busana muslim syar'i sekarang kok mahal-mahal Bu. Bisa nggak Viody memproduksi baju muslim syar'i dengan harga terjangkau". Curhatan seorang pelanggan Viody busana muslim mengilhami mbak Erlyn untuk menjual busana-busana muslim yang modis, elegan, syar'i dengan harga terjangkau untuk kalangan menengah. Produk yang kemudian dikenal dengan nama Viody Fashion Syar'i dan berhasil menarik perhatian muslimah Indonesia.
Bu Erlyn saat bercerita tentang jatuh bangun membangun Merk Viody hingga sukses seperti sekarang

      Saya termasuk yang beruntung di antara para blogger yang mendapat undangan untuk hadir di acara Launching Brand New Viody yang diselenggarakan di Fusion Steak and Hotplate di Cito Mall Lt. Ground. Pemilihan kafe yang cozy ini bukan tanpa alasan. Lokasinya cozy, asyik buat kongkow dan pas untuk acara launching produk seperti acara launching brand new Viody Fashion Syar'iAlasan utama lainnya adalah lokasinya tak jauh dari gerai Viody yang terletak di Cito Mall Lt Ground Floor GS No.1 Surabaya.
Suasana Launching Brand New Viody yang santai dan cozy
        Kenapa saya sebut beruntung ? sebab kami yang hadir mendapatkan banyak kebahagiaan. Pertama, di acara Launching Brand New Viody kami mendapatkan banyak pengetahuan. Pengetahuan tentang seluk beluk dunia bisnis fashion, jatuh bangunnya Viody membangun brand dan belajar tentang mental baja seorang pengusaha. Kedua, bisa kopdar dengan teman-teman dunia maya yaitu para blogger. Jarang bisa kumpul-kumpul karena domisili rumah yang berjauhan. Ketiga, senangnya mendapat kesempatan memiliki brand Viody tanpa membeli, alias gratis sebagai goodie bag hadir di acara ini.
Goodie Bag cantik : pashmina dan kaos motif Viody

       Jika tak hadir di acara Launching Brand New Viody 17 Januari 2015 lalu saya mungkin hanya melihat Viody sekedar sebagai merk busana muslim ternama. Namun mendengarkan Mbak Erlyn bercerita tentang jatuh bangun Viody di dunia bisnis fashion membuka mata saya bahwa kesuksesan tidak dibangun dengan mudah namun dengan peluh, air mata dan susah payah.
      Mbak Erlyn dan Pak Iwan, sang suami membangun bisnis Viody dari nol sejak Tahun 2004. Bermula dari berbisnis jilbab yang kemudian berkembang memproduksi baju tidur anak-anak. Sayangnya baju tidur anak-anak ini kurang berhasil di pasaran sehingga Bu Erlyn memutar otak untuk mencoba peruntungan di produksi baju renang muslim dan kemudian fokus di busana muslim hingga kini menekuni bisnis baju muslim syar'i.
     Tentang merk Viody ternyata memiliki sejarah tersendiri yaitu dari nama anak-anak Mbak Erlyn dan Pak Iwan : Vio dan Dika, masing-masing memiliki ciri khas rambut berbeda yaitu lurus dan ikal. Merk Viody sempat menjadi primadona saat trend kaos muslimah bermotif mendominasi trend mode beberapa tahun lalu. Kaos motif Viody memiliki ciri khas bahannya adhem (dingin), nyaman dikenakan di badan dan motifnya cantik.
     Seiring  berjalannya waktu bisnis Viody semakin melesat. Saat ini Viody tidak hanya dikenal secara online namun gerainya terdapat di Surabaya dan Malang. Di Surabaya Viody membuka gerai di Jembatan Merah Plaza (JMP) 2 Lantai II Blok B No.15-16 Surabaya (Pin BB 7FBDB329 WA 081615410303), Royal Plaza Lantai UG Blok E1 No.31 Surabaya (Pin BB 7F8A721C, HP 081615410301) dan City Of Tomorrow (CITOS) Lantai Ground Floor GS No.1 Surabaya (Pin BB 7FB049C1, WA 081357628680). Di Malang Viody dapat ditemui di Malang Town Square Lantai II GS 6 No. 6-7 Malang (Pin BB 7F8653BE wa 08123252279). Omzet Viody di gerai Cito setelah sempat vakum dua bulan karena renovasi mencapai 80-100 busana setiap bulan sedangkan di JMP 2 bisa mencapai dua kali lipatnya.
      Sebagai produsen busana muslimah yang tergolong senior Viody berusaha memperoleh pasar di kalangan menengah sebagaimana inspirasi awal Bu Erlyn untuk membantu para muslimah memperoleh busana muslim yang syar'i, elegan dan fashionable dengan harga terjangkau. Komitmen ini ditunjukkan dengan harga busana muslim yang dipatok antara 200 ribu-an hingga paling mahal 2 juta rupiah (yang sudah termasuk adibusana). 
      Di sesi tanya jawab kami yang hadir mendapatkan lebih banyak informasi mengenai produk-produk Viody. Bu Erlyn mengungkapkan bahwa model-model busana Viody selalu mengikuti trend terbaru. Meski tidak memiliki desainer khusus namun model busana Viody dirancang bersama dalam sebuah kerja tim. Bahan busana muslim Viody juga dirancang mengikuti trend dan permintaan customer. Viody Fashion Syar'i terbuat dari berbagai bahan mulai dari denim hingga sifon, jersey dan katun jepang. Ukuran busana muslim Viody dirancang khusus sesuai dengan ukuran wanita muslimah rata-rata. 
     Kenyamanan dan sesuai syariat adalah hal yang paling penting bagi muslimah ketika memilih busana muslim. Busana transparan atau ketat di badan tentu tak bisa disebut syar'i kan. Tapi sebagian besar produsen busana muslim kini mulai menyadari pentingnya busana sesuai syar'i, lalu apa yang menonjol dari Viody dibandingkan brand lain? Dari sesi tanya jawab inilah saya bisa menyimpulkan kelebihan produk Viody dibandingkan lainnya:
1. Koleksi Viody mencakup kebutuhan muslimah dalam segmen berbeda, mulai dari remaja hingga wanita dewasa. Viody Fashion Syar'i tersedia dalam berbagai model. Remaja misalnya lebih senang memilih motif kotak-kotak atau bahan denim. Wanita dewasa lebih suka motif bunga-bunga yang sedang menjadi trend saat ini.
Busana muslimah aneka motif koleksi Viody

2. Viody made by customs. Bu Erlyn memaparkan bahwa Viody memproduksi busana by customs. Artinya Viody bersedia menyiapkan busana muslimah sesuai ukuran konsumen asal model dan bahan kain tersebut terdapat dalam salah satu koleksi Viody

3. Viody memberikan garansi "permak". Jika busana muslimah Viody dirasa kurang pas di badan Bu Erlyn dan tim memberikan pelayanan permak yang bisa didelivery dengan bantuan kurir gojek sehingga konsumen tidak perlu susah mengantar dan mengambil busana yang akan diperbaiki sesuai ukuran tubuhnya.

4. Jika pengunjung gerai beruntung bertemu mbak Erlyn di lokasi tersebut bisa mendapatkan fasilitas tambahan yaitu saran dan masukan berkaitan dengan model baju yang hendak dipilih berdasarkan kepentingan. Misalnya tentang pemilihan model busana untuk acara khusus atau pemilihan warna dan mode sesuai usia konsumen.
Mbak Erlyn di depan Gerai Viody, menyaksikan para blogger berbaur dengan konsumen

           Nama Viody telah memiliki pangsa pasar tersendiri. Selama ini Viody tidak hanya dapat diperoleh di gerai-gerai di mall namun juga dapat dipesan secara online melalui Facebook dan Instagram. Kami jadi penasaran mengapa di acara launching New product mengundang para blogger? Paparan mbak Fenny sebagai master online marketing menjawab pertanyaan kami. Sebagai penggiat dunia maya para blogger diharapkan dapat membantu sebagai garda terdepan dalam menyajikan informasi di dunia maya, online shop adalah salah satu layanan yang membutuhkan jaringan online marketing seluas-luasnya. 
   Pada kesempatan kali ini Viody tidak hanya memperkenalkan produk-produk baru namun berusaha mempertajam pemasaran online serta memperkenalkan sistem online shop yang tengah disiapkan untuk bisa diakses melalui website resmi Viody. Hmm asyik dong ya tinggal berselancar di website Viody lalu langsung pilih item, masuk keranjang belanja online, lakukan pembayaran dan duduk manis di rumah menunggu barang datang. Hemat biaya transport dan gak perlu repot.

Mbak Fenny Ferawaty ketika memberikan sambutan dan arahan bagi para blogger

Usai pengarahan singkat dari mbak Fenny acara berlanjut dengan ramah tamah. Mbak Yuniari Nukti mewakili blogger menerima goodie bag secara simbolis. Ssst jadi pengen cepat-cepat buka goodie bagnya gegara mbak Erlyn sempat memberikan bocoran bahwa cendera matanya nanti berisi produk Viody, yaitu kaos motif yang sempat booming dan merajai pasar busana muslimah beberapa waktu lalu.

Pemberian Cinderamata alias Goodie Bag secara simbolis

Acara ramah tamah berlanjut dengan foto-foto bersama. Nah yang paling menarik perhatian saya adalah ketika para tim kreatif Viody beserta Bu Erlyn berfoto bareng mengenakan koleksi terbaru Viody Fashion Syar'i. Duh cantik-cantik banget bajunyaaa.. Jadi pengen sms  si papa : #MamaMintaBusanaViody

Cantiknya para tim kreatif Viody dan pelanggan setianya berbalut busana Viody : Syar'i, Elegan Ekslusif

Mbak Erlyn sempat menginformasikan bahwa usai acara ramah tamah kami berkesempatan mengunjungi gerai Viody yang jaraknya hanya beberapa langkah kaki dari lokasi launching berlangsung. Sambil menunggu waktu emak-emak blogger nggak sabar bukain goodie bag dan langsung berwajah ceria mendapati kaos motif dan pashmina di dalamnya. Wuaa gak sabar pengen dandan di rumah nih.

Emak-emak Blogger melepas rindu dan mengagumi produk Viody 

Momen paling istimewa adalah : berkunjung ke gerai Viody. Terus terang buat saya ini kesempatan berharga karena saya jarang sekali nge-mall apalagi masuk ke gerai-gerai fashion. Lha wong baju andalan saya selama ini daster batik atau gamis sederhana yang beli di tetangga hahaha.
       Wah saya beneran kagum dengan gerai Viody di Cito. Koleksinya beragam. Tata ruangnya juga cantik sehingga pengunjung tidak merasa bosan berada di dalamnya. Manequin berbusana koleksi terbaru Viody menyambut para pengunjung di depan pintu. 
Gerai Viody, Cito Mall Lt Ground Floor GS No.1 Surabaya.

        Tim kreatif Viody dengan ramah menjelaskan berbagai koleksi Viody Fashion Syar'i . Saya yang buta masalah fashion dan kain jadi lebih paham perbedaan kain jersey dan spandex karena penjelasan mbak-mbak tim kreatif Viody. 
Mari dipilih dipilih....

       Senangnya dengan bantuan mereka saya bisa membedakan Spandex dan Jersey. Spandex adalah kain yang bertekstur lembut, agak licin dan jatuh bila dipakai. Bahannya adhem dan warnanya cenderung warna-warna pastel sehingga sering digunakan sebagai bahan gamis untuk di rumah. Jersey bahannya lebih tebal, tidak transparan, agak berserat dan warnanya cenderung lebih gelap daripada spandex.
Denim, Spandex, Jersey berjajar rapi

    Penataan gerai Viody cukup rapi. Koleksi baju muslim tidak hanya terpusat di satu sisi sehingga calon pembeli bisa melihat busana pilihan tanpa berdesakan. 

Model busana bervariasi, tersedia model blus, atasan ala brokat, gamis berhias bordir, blazer, overall denim, celana panjang muslimah, rok maxi dan masih banyak lagi. Motif busana koleksi Viody juga beragam dari warna polos, kotak-kotak, garis, polkadot hingga floral yang sedang ngetrend saat ini.
Brokat atau kotak-kotak, Viody punya koleksi lengkap nih



Koleksi Viody Fashion Syar'i  mencakup semua kalangan. Ingin mencari busana kerja atau gamis untuk bersantai di rumah? atau lagi hunting busana pesta muslimah dan baju resmi untuk menghadiri resepsi? busana-busana tersebut tersedia di gerai Viody.

#MamaMintaBusanaSyar'iViody

Sungguh sebuah pengalaman menyenangkan bisa hadir di acara launching brand new Viody Fashion Syar'i. Sebelum berpamitan menyempatkan diri berfoto bersama mbak Erlyn, semoga kelak bisa berjumpa lagi.
Ssst ini loh penampilan saya dengan pashmina cantik dan kaos motif goodie bag Viody, jadi tampak lebih modis dan trendy kan dan yang terpenting tetap syar'i

Ingin melihat-lihat koleksi Viody Fashion Syar'i melalui dunia maya atau berminat menjadi reseller? Bisa mengunjungi portal-portal online Viody :
Situs resmi : www.viodyfashion.com
Instagram  : @ViodyCollection
Facebook   : Viody Fashion Syar'i
Twitter      : @ViodyFashion


14 comments:

  1. Rajin Mbak, udah posting cantik ala model pakai Viody hahahaha...:)

    ReplyDelete
  2. Wuaaah pas gak bisa hadir di acara ini. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan ntar kapan2 diadain di Malang kan Viody punya gerai di Matos :)

      Delete
  3. Ini mah calon jawara nih! Super duper lengkaaap! Ayo deh, baju viody syar'i... segeralah singgah ke lemari mak Dwi heheheheh

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mbak Nurul, mari mari mari Viody singgah hehehe

      Delete
  4. alhamdulillah smkn banyak fashion syari

    ReplyDelete
  5. wah mbak menarik sekali postinganya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahah sampai WASIR pun hadir di sini
      Heihieiehiee

      Delete
    2. ya itulah...bingung saya kok sakit wasir mo belanja busana muslimah :D

      Delete