catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Google+ Followers

Mengintip Keseharian Santri Gontor

Bagaimana santri Gontor beraktivitas sehari-hari, kapan sempat nyuci, ada kegiatan ekstrakurikuler nggak sih? Mungkin berbagai pertanyaan menari-nari di benak para calon santri. Dan informasi mengenai jadwal keseharian santri Gontor ini penting juga diketahui wali santri agar bisa menyesuaikan jadwal berkunjung dan bisa bertemu santri di jam istirahat di tengah jadwal yang padat.


Jadwal harian santri PMDG (dalam WIB)

03:45: Bangun pagi
03:45-azan Subuh: Persiapan sholat subuh dan baca Qur'an
Bakda sholat subuh jama'ah - 5:15 : Pemberian kosa kata Bahasa Arab/Inggris harian
5:15 - 06:00: Jam bebas (belajar, mencuci, menelpon, olahraga dll)
06:00 - 06:55: Persiapan masuk kelas (mandi, sarapan, dll)
06:55 - 12:20: belajar di kelas dengan rincian sebagai berikut,
06:55 - 08:30; jam pertama dan kedua
08:30 - 08:55; istirahat pertama
08;55 - 10:30; jam ketiga dan keempat
10:30 - 10:55; istirahat kedua
10:55 - 12:20; jam kelima dan keenam
12:20 - 12:40; persiapan sholat Dzuhur berjamaah
12:40 - 13:00; sholat Dzuhur berjamaah
13:00 - 13:55; jam bebas dan persiapan pelajaran siang/sore
13:55 - 14-45: Pelajaran siang/sore (pelajaran tambahan)
14:45 - 15:05; persiapan sholat Ashar berjamaah
15:05 - 15:45; Sholat Ashar berjamaah dan membaca Al-Quran
15:45-16:45: Ekstrakurikuler
16:45-17:05; Persiapan pergi ke Masjid
17:05-Maghrib: membaca Qur'an di masjid dan sholat Maghrib berjamaah
Bakda sholat Maghrib-18:45; Membaca Qur'an di rayon
18:45-19:30; jam bebas dan Persiapan sholat Isya berjamaah
19:30-20:15; Sholat Isya' berjamaah dan persiapan belajar malam
20:15-21:30; Belajar malam terbimbing
21:30-21:55; Jam bebas dan persiapan absen malam
22:00; Absen wajib malam dan do
a bersama
22:15-03:45; istirahat

JADWAL MINGGUAN SANTRI PMDG

Ahad malam, latihan pidato bahasa Inggris.
Selasa pagi, latihan berbincang dengan bahasa Arab/Inggris dan lari pagi bersama.
Kamis siang (jam kelima dan keenam), latihan pidato bahasa Arab
Kamis siang bakda Dzuhur sampai Ashar, latihan kepramukaan.
Kamis malam, latihan pidato bahasa Indonesia.
Jum'at pagi, lari pagi bersama dan pembersihan umum pondok oleh seluruh santri.

Santri-santri Gontor berkutat dengan jadwal yang sangat padat.  Tak jarang mereka berangkat ke sekolah sambil mampir dapur umum dan membawa piring demi efisiensi. Nah lo buku ditangan satu dan piring di tangan lainnya. Kalau tak sempat mandi ya terimalah nasib mandi di jam istirahat pertama atau sekalian pas dini hari sebelum tahajud agar tak terjebak antrian panjang.


Yes! di Gontor dibudayakan antri, mandi antri, makan antri, mau telpon di wartel antri, bayar SPP antri, ambil paket kiriman orang tua antri, berwudhu antri, saat menjelang liburan perpulangan juga antri menanti surat jalan. Surat Jalan ini seperti layaknya harta berharga yang harus dijaga dengan hati-hati. Dan harus kembali dengan kondisi baik saat balik ke pondok nanti. Saat antri mendapatkan surat jalan sebagai salah satu syarat perpulangan sang santri juga harus setoran surat pendek dari Al Quran yang diwajibkan. 

Lalu bagaimana baju sehari-harinya? Setidaknya ada enam jenis baju yang harus dimiliki santri Gontor:

1. Pakaian sholat
Baju muslim yang bisa dimasukkan ke dalam sarung (bukan baju koko yang model dikeluarkan), sarung yang dirapikan dengan memasang gesper, sajadah yang disampirkan di bahu, peci hitam.
2. Baju sekolah.
Gontor tidak memiliki seragam sekolah. Santrinya cukup mengenakan kemeja sopan warna polos yang tidak menyolok dan memiliki saku satu di depan, tanpa asesoris lain (misalnya tanda pangkat di bahu dll), celana panjang dari bahan kain( bukan bahan jeans atau denim), sepatu pantovel, kaos kaki. 
3. Baju santai atau olahraga
kaos warna tidak menyolok, tidak mengandung kata-kata kurang sopan meski dalam bahasa asing, tidak menonjolkan kedaerahan (misalnya batik, kaos bertuliskan daerah tertentu), celana training dengan bagian ujung bawah dilengapi karet elastik plus sepatu olahraga jika untuk berolahraga atau sandal jika pas santai.
4. Setelan jas hitam, kemeja putih, dasi dan celana kain, peci hitam untuk seragam kegiatan latihan pidato
5. Seragam pramuka lengkap
6. Baju "belajar malam"
Di Gontor malam hari terutama mendekati ujian diwajibkan belajar malam. Adakala belajar malam terbimbing yang dipandu ustadz wali kelas. Meski tak dipandu ustadz wali kelas pun mereka biasa membawa buku dan mencari tempat yang tenang untuk belajar di luar kamar asrama. Bajunya seperti baju santai dilengkapi dengan jaket (dilarang menggunaan jaket dengan tudung kepala/model hoodie)


Yang tak boleh dilupakan saat kegiatan di pondok, baik saat sekolah maupun kegiatan keseharian di pondok adalah papan nama. Papan nama/badge ini layaknya identitas santri. Bertuliskan nama santri, asrama dan kelas. Warnanya berdasarkan kelas.

Kelas 1 - biru
Kelas 2 - hijau
Kelas 3 - merah
Kelas 4 - oranye
Kelas 5 -  kuning
Kelas 6 - hitam
Dan ada lagi satu "baju kebanggaan santri Gontor" yaitu kemeja lengan panjang putih dan celana hitam. Baju ini biasa dipakai untuk acara-acara resmi seperti menyambut tamu negara atau para ulama yang berkunjung ke Gontor, saat kegiatan Fathul Kutub bagi kelas lima (bedah buku kitab kuning karya ulama terdahulu) dan juga saat keluar pondok untuk rihlah sebentar di hari Jumat. Kalau keluar pondok, santri Gontor harus mengenakan baju hitam putih dan badge/papan nama.

Oia hampir lupa, di Gontor liburnya hari Jumat, bukan Ahad. Tanggal merah pun mereka tetap sekolah. Nah Jumat ini santri bisa "rekreasi" keluar pondok setelah minta izin bagian keamanan. Dan ada wajib absen usai sholat Jumat di tempat yang ditetapkan. Kalau di Gontor pusat wajib absennya di masjid seberang toko buku Latansa di kota Ponorogo. Jam izinnya juga ditentukan, biasanya dari usai kegiatan pondok (bersih-bersih atau kerja bakti) dan sampai jam tertentu saja. Kalau di Gontor pusat santri harus sudah berada di pondok jam 16.00 WIB.

Di Gontor tahun ajarannya tidak ikut pemerintah. Kurikulum milik PMDG sendiri jadi bulan ajarannya pun mengacu pada bulan Islam seperti bulan Syawal, Rajab, Rabiul Awal dan sebagainya (penting nih buat patokan bayar SPP dan uang asrama). Hari libur (semesteran) di Gontor adalah 10 hari saat Rabiul Awal (biasanya mulai 10 Rabiul Awal) dan 50 hari saat Syaban - Ramadhan - Syawal. Ramadhan santri Gontor kelas 1-4 full liburan, kecuali yang bertugas. Kelas 5 mukim di pondok untuk menunggu yudisium kenaikan kelas 6 (tanggal 13 ramadhan). Kelas 6 menanti yudisium kelulusan kelayakan menjadi ustadz dan menunggu tempat pengabdian (tanggal 15 ramadhan).


Untuk keperluan peralatan pribadi selain buku-buku sekolah dan buku tulis tentu santri juga perlu membawa Al Quran, peralatan mandi (gayung, shampo, sabun - lebih baik sabun cair karena lebih higienis), peralatan makan (piring melamin) dan botol serta gelas plastik, gembok dan kunci untuk lemari. Oia kasur busa dan lemari kayu nantinya disediakan pondok jadi tinggal beli di tempat yang ditunjuk. Baju dan peralatan-peralatan lain tersebut juga disediakan koperasi santri. 

Bagaimana dengan kebutuhan uang saku? Di Gontor setiap santri diwajibkan punya Tabungan Santri (Tabsis). Selain memberikan uang saku saat berkunjung, Walisantri bisa mengirimkan wesel dengan alamat bagian administrasi pondok (bisa dilihat di website resi gontor.ac.id) lengkap dengan nama anak, kelas, rayon dan wajib menyertakan No. STAMBUK (Semacam NIM atau NIK gtu lah)

Mudah-mudahan sedikit info ini bisa bermanfaat.

Share:

1 comment:

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.