Google+ Followers

Saturday, August 8, 2015

Bangga dan Bahagia Berkat PPI 2015 Surabaya



Akhir pekan haus hiburan, bosan nonton film atau sekedar jalan-jalan mengapa tidak pergi ke pameran? Ya setelah mendapat informasi dari rekan-rekan blogger mengenai Pameran Produksi Indonesia 2015 yang sedang diselenggarakan di Surabaya pada tanggal 6-9 Agustus 2015 di Convention & Exhibition Hall, Grand City, Surabaya saya pun mengajak suami dan anak untuk hadir di pameran tersebut. 
Ada beberapa alasan mengapa saya nekad mengajak keluarga pergi Grand City untuk menikmati PPI 2015, padahal jarak dari rumah kami di Sidoarjo ke lokasi sekitar 30 kilometer apalagi saya sedang puasa Syawal hari terakhir. Biasanya kalau pas puasa pengennya santai di rumah tapi tidak untuk hari ini. Alasan utamanya adalah:

  1. Saya ingin mengajarkan sejak dini kepada anak-anak untuk mencintai produk Indonesia. Kebanggaan dan rasa nasionalisme harus dipupuk sejak usia kanak-kanak agar mereka tidak kehilangan identitas sebagai bangsa Indonesia
  2. Ada beberapa barang yang memang sedang diperlukan seperti kopi, snack dan lampu karena lampu teras rumah padam dan tidak ada persediaannya
  3. Saya tertarik untuk menambah wawasan dan informasi mengenai produk-produk dalam negeri yang belum pernah saya ketahui.
  4. Gratis dan terbuka untuk umum. hahaha emak-emak identik dengan penghematan. Kalau ada fasilitas gratis kenapa tidak dimanfaatkan. Jarang-jarang loh expo, pameran besar dibuka untuk umum dan GRATIS
  5. Banyak lomba berhadiah. Ada lomba review blog dan instagram. Superrr banget udah masuknya gratis eh kalau pas rezeki bisa dapat hadiah menang lomba.

Syukurlah pilihan jalan-jalan ke PPI 2015 di akhir pekan membawa banyak kebahagiaan. Lokasi pameran yang nyaman, penataan ruang dan stand tidak berdesakan dan musik yang dikumandangkan menciptakan suasana nyaman bagi pengunjung pameran. Pameran dibuka jam 10 pagi, ruangan masih lengang dan terdengar instrumentalia "tanah air ku tidak kulupakan, kau terkenang selama hidupku" lirik lagu ibu Soed ini mampu membuat mata saya berkaca-kaca. Antara haru dan bangga sebagai bangsa Indonesia. Apalagi menyaksikan berbagai produk yang dipamerkan di ratusan stand yang ada. Dari produk furniture, kerajinan tangan hingga produk rumah tangga, elektronik dan sarana transportasi.

Bangga menyaksikan stand PT. Dirgantara Indonesia, teringat perjuangan pak Habibie merancang pesawat yang diakui dunia sebagai produk asli putra bangsa Indonesia.




Maka perburuan akan produk-produk yang dibutuhkan pun dimulai. Sasaran pertama adalah produk khas nusantara yang belum pernah saya temui. Stand yang menarik perhatian adalah Suoklat, snack dari bahan coklat yang kebetulan kegemaran kami sekeluarga. Saya pernah mendengar namanya dari berbagai promosi mulut ke mulut maupuan posting teman-teman di dunia maya. Coklat ini produksi asli Surabaya.

Stand Suoklat ditatap sangat apik dengan display menarik. 
Berbagai produk andalan Suoklat berjajar rapi di rak dan meja mungil beralaskan kain batik lengkap dengan label harga. Pilihan rasa dan harganya cukup bervariasi. Ada bubuk coklat yang diseduh dengan air panas seharga 15 ribu rupiah, coklat mede dalam kemasan cantik. Tersedia pula coklat krispi kemasan 35 gram dalam varian rasa milk, dark dan white chocolate dengan harga 6 ribu saja. Ingin yang lebih eksklusif? ada coklat dalam kemasan lebih cantik dengan harga 35 hingga 55 ribu rupiah.

Suoklat, berasal dari kata Surabaya Coklat. Rasa coklatnya khas, tidak neg dan manisnya pas. Suoklat berhasil mencuri perhatian melalui kemasannya yang unik. Meski tidak tersedia tester kemasan cantik dapat mempengaruhi opini konsumen untuk naksir berat dengan rasa snack coklat di dalamnya. Coklat kemasan cantik produksi PT Tritunggal Jaya ini bisa digunakan sebagai hadiah atau hantaran. Rasanya? nyam nyam ...lumer di mulut dengan variasi rasa apakah kacang mede atau rice crispy. Jadi renyah, gurih, manis berpadu menjadi satu. Meski termasuk home industry Suoklat sudah terdaftar pada Depkes PIRT No. 3103 5781 3233 dan Halal MUI No. 07110012091211 sehingga konsumen muslim tidak khawatir mengkonsumsi produk haram dan yakin produk ini aman bagi kesehatan

Di deretan yang sama dengan Suoklat Radit tampak bahagia bertemu stand Garuda Food. Gery, produk favoritnya ada di sini. Garuda Food terkenal sebagai salah satu produsen snack terkemuka di Indonesia. Mulai dari kacang kulit, coklat roll hingga biskuit salut coklat. SPG stand Garuda Food ramah-ramah. Radit dapat sampel produk padahal belum tentu kami membeli :) Tapi berhubung memang sedang butuh snack pastilah kami sempatkan belanja. Asyiik, selama PPI 2015 digelar Garuda Food menawarkan banyak promo. Gery saluut malkist dijual seharga 6 ribu saja dengan bonus Gery Bischoo. Gery Chocolatos Gold dijual seharga 3000 rupiah perbiji atau lima ribu rupiah dapat dua. Kacang kulit Garuda 200 gram dijual seharga 10 ribu saja (di supemarket biasa dijual 12 ribu rupiah). Nggak salah pilih Gery Saluut malkist keju jadi pilihan. Rasa gurih malkist berpadu asin keju yang tidak eneg pas untuk teman minum teh atau kopi di sore hari. Garuda Food dikenal sebagai produsen yang memiliki kepedulian sosial tinggi. Seringkali ketika pemukiman kami mengadakan lomba untuk 17 Agustus atau acara sosial Garuda Food tak segan memberikan sumbangan produk berdasarkan proposal yang diajukan. Maklum salah satu kantor distribusi dan gudang Garuda Food berada di wilayah tetangga kecamatan lokasi perumahan kami.

Eh Si Papa tak ketinggalan belanja. Stock kopi kosong maka pergilah ke stand Wings Food untuk beli Top Coffee. Jadi bukan hanya Iwan Fals yang suka Top coffee tapi Papa Radit juga cinta produk Indonesia. 

Rasa kopi Top Coffee mantap benar, racikan manis gulanya pas. Kerennya selama PPI 2015 berlangsung Wings Food memberikan hadiah berupa mug cantik dan Kopi murni Robusta Arabica Blend 12 sachet untuk pembelian satu renteng (12 sachet) Top Coffee berbagai varian rasa kemasan 21 gram. Wah asyik bisa dibawa ke kantor untuk dibagikan ke rekan kerjanya. Jadilah Gery salut cheese menjadi teman menikmati secangkir Top Coffee.


Saat mencari stand lampu kami tertarik dengan stand No.52 di pojok kanan. Tampak beberapa orang berbincang dengan penjaga stand. Stand 52 adalah stand yang ditempati PT. Louserindo Megah Permai. Wah wah..ternyata Louserindo adalah produsen lift dan elefator.
Stand Louserindo ini cukup ramai. Salah satu daya tariknya mungkin adalah karena tersedianya permen dan bolpoin gratis bagi pengunjung serta goodie bag untuk beberapa pengunjung khusus termasuk saya sebagai wakil blogger hehehe. 
Saya turut bangga karena Indonesia memiliki elevator manufacturer sekelas Louserindo. 

Produk Louserindo meliputi Elevator, Escalator, Dumbwaiter dan Gondola. Elevator atau lift produksi Louserindo sangat lengkap yaitu :
a. homelift atau lift desain elegan dengan kebutuhan energi rendah untuk hunian rumah tinggal berkapasitas 2-4 orang. b. passenger lift berkapasitas 6 - 14 orang untuk kebutuhan gedung bertingkat.
c. bed lift yaitu lift berdesain nyaman dengan kapasitas 750-1600 kilogram untuk kebutuhan rumah sakit. Dumbwaiter merupakan lift khusus barang berdesain menarik dengan kapasitas 30-300 kilogram untuk kebutuhan restoran dan segala aktivitas angkut barang dalam gedung bertingkat. Gondola adalah sarana untuk naik turun gedung bertingkat untuk keperluan mengecat atau membersihkan kaca dan desain eksterior/ interior.
Produk Louserindo memiliki berbagai kelebihan antara lain:
  1. Merupakan produk inovatif. Awalnya Louserindo yang berdiri sejak Tahun 1987 hanya memproduksi lift barang. Namun dalam perkembangannya mampu membuktikan mampu berinovasi memproduksi lift dalam berbagai keperluan.
  2. Terpercaya. Louserindo tergabung dalam Asosiasi Produsen dan Pemborong Lift dan Eskalator (APPLE) Indonesia sejak tahun 1988. Rutin melakukan standarisasi teknisi dengan mengikuti pelatihan bersertifikat SIO (Sertifikat Izin Operasi) dari Kemenakertrans.
  3. Tersertifikasi. Produk Louserindo merupakan jaminan mutu. Beberapa sertifikat penghargaan yang diterima menunjukkan kehandalan produk dari industri yang telah menerapkan Sistem Manajemen berbasis ISO 9001:2008. Beberapa sertifikat tersebut adalah dari Badan Standarisasi Nasional yang memberikan penghargaan kepada Louserindo Megah Permai sebagai Penerap Standar Nasional Indoensia Tahun 2012, Certificate TUV Nord untuk Management System ISO 9001:2008, penghargaan dari HAISUNG serta  SAMILEltec Co. 
  4. Tersebar di seluruh Indonesia. Ribuan hotel, gedung bertingkat, rumah sakit di seluruh Indonesia telah menggunakan produk Louserindo termasuk RS Hasan Sadikin Bandung, RS Syaiful Anwar Malang, Universitas Al Alzhar Indonesia Jakarta, Kementrian Agama RI Jakarta, Kantor Dirjen Pajak Yogyakarta, Ambon Manise Hotel Maluku, Hotel Pelangi Pekanbaru dan ratusan bahkan ribuan proyek yang tersebar di Indonesia dari Sumatera, sebagian besar Jawa, Bali hingga Maluku. Bisa jadi saat saya masih bekerja di perusahaan pelayaran yagn berkantor di gedung bertingkat ternyata menggunakan Louserindi lift untuk wara-wiri.
  5. Jaminan after sales service. Louserindo mengutamakan keselamatan dan kenyamanan konsumen yang memanfaatkan produknya. Pihak Louserindo memberikan pelayanan terbaik dengan melakukan pemeriksaan secara berkala termasuk ketersediaan suku cadang dengan tim teknisi yang tersertifikasi dan berpengalaman
Louserindo Lift dilengkapi dengan Indikator posisi elektrik digital, overload device (yang berbunyi otomatis jika lift mengalami kelebihan muatan), kipas angin elektrik di bagian atap, emergency light dan interphone.

Ok sampailah kepada perburuan terakhir yaitu lampu untuk mengganti teras rumah yang membawa kami pada stand PT. Ligthing Solution.

Mata langsung tertumbuk pada flyer tentang lampu LED merk EKONOMAT dan display lampu di meja. Wow, lampu dengan watt sebesar 5 watt saja bisa seterang lampu 20 watt?. Benar-benar produk inovatif asli Indonesia

Ini yang kami cari : lampu hemat energi, cahayanya tidak redup dan berumur panjang (life time mencapai 10.000 jam dengan asumsi setiap hari menyala selama 10 jam). Bayangkan berapa rupiah yang bisa dihemat jika lampu di rumah menggunakan lampu LED dengan daya 5 Watt saja. Cahayanya terang, tidak menyilaukan mata dan tidak mengganggu pandangan. Apalagi selama PPI 2015 berlangsung PT. Lighting Solution menawarkan harga promosi, potongannya cukup lumayan untuk beberapa paket. Khusus lampu LED EKONOMAT ada harga promo : 85 ribu dapat 4 unit. Beli dua paket dapat T-Shirt. Lampu LED EKONOMAT Bravo tersedia dalam pilihan 3,5 ,7 Watt. EKONOMAT SMART tersedia dalam pilihan 8,10, 12 Watt dan mampu menghemat energi hingga 85%. EKONOMAT SMART lebih mahal tetapi lebih terang dengan lumen lebih besar dibandingkan EKONOMAT Bravo.



Dan teras kami kini tak lagi gelap karena cahaya EKONOMAT Bravo meneranginya dengan hanya 5 Watt saja.


Ah, sungguh sebuah kenangan berharga mengunjungi PPI 2015 di Surabaya. Bisa disebut berkunjung ke PPI adalah kegiatan belajar sekaligus rekreasi. Capek berkeliling bisa menikmati sajian musik live dengan tempat duduk di lounge yang nyaman. 


Lapar atau haus? tak perlu khawatir stand makanan (seperti Kebab Baba Rafi, stand es krim/es potong Njonja Besar) dan minuman (teh rosella, Cimori) yang berjajar siap menenangkan kebutuhan perut dan tenggorokan.


Kalau ingin membelikan oleh-oleh bisa mampir ke stand No.72 Nikma Basyar. Aneka sandal dan sepatu flat dengan motif cantik ini bisa jadi gift menarik dan memberikan kesan estetik. Tersedia berbagai pilihan yaitu Sepatu couple, Docmart, Flatshoes, Heels, Sandal, Sepatu anak dan Wedges. Tinggal menyesuaikan dengan selera saja. Sepatu bermotif batik cantik dan motif-motif unik lainnya terbuat dari bahan lembut di kaki. Berbagai pilihan model menjadikannya fleksibel dipakai dalam berbagai kesempatan, formal, semi formal atau non formal.
Foto : dari Nikma Basyar.com

Saat tulisan ini saya posting bertepatan dengan jam penutupan pameran hari ini. Artinya PPI 2015 tinggal satu hari yaitu pada 9 Agustus 2015. Rugi kalau tak kemari, pameran sekeren ini GRATISSS Bo'. Bangga sebagai bangsa Indonesia? mari kunjungi PPI 2015, bangkitkan nasionalisme dengan mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri.
Mengunjungi PPI 2015 serasa bernostalgia dengan tayangan TVRI tempo dulu dengan layar terkembang dan lagu Bimbo yang mengiringi "Aku cinta, anda cinta, semua cinta buatan Indonesia..."

4 comments:

  1. eh iya suoklat itu enak lho, apalagi ada kafenya, wasyiiikk bangettt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa baru tau kalau Suoklat ada cafenya ...Kuper saya mah :D

      Delete
    2. Iya Mbak, ada di daerah Dharmawangsa deket Unair Kampus B.

      Btw kemaren aku juga borong jajan. Kemakan obralnya Nutrijel, beli 3 botol produk jellyshake. Wakakakka

      Delete
    3. hahaha saya klo ke pameran yang dibeli pasti makanan :)

      Delete