Google+ Followers

Monday, August 31, 2015

Berkah dari #BekasJadiBerkah


Berkah paling indah buat saya adalah jika hidup saya, berapapun lamanya membawa manfaat bagi keluarga, sesama manusia, lingkungan dan alam semesta. Selama ini saya masih merasa belum banyak bermanfaat sebagai sosok manusia. Sumbangsih saya sebagai warga negara Indonesia belum maksimal. Mungkin saya baru merasa cukup memberdayakan diri di lingkungan keluarga.

Sebagai bentuk karya nyata menggapai berkah terindah saya berkarya melalui tulisan. Kebetulan saya adalah seorang penulis lepas konten di media maya. Salah satu situs yang diperuntukkan untuk pelajar sekolah menengah berisi artikel-artikel ilmu pengetahuan memuat ratusan karya yang terlahir dari tangan saya, tanpa nama..ya ghostwriter atau penulis konten adalah sebutan bagi penulis semacam saya. Mungkin hanya sebuah peran kecil dalam kehidupan, tetapi saya berharap membawa manfaat besar pembacanya. Terus terang terkadang saya juga merasa bosan dengan cara menulis yang monoton.

Hingga suatu hari terbersit keinginan menulis berbeda tema dari artikel-artikel yang biasa saya tulis. Kebetulan saya juga senang mengikuti lomba menulis tetapi tak kunjung meraih kemenangan. Kali ini saya menulis tentang sosok manusia yang mengajarkan saya bersyukur. Sebutlah dia Pak Mat, seorang petugas kebersihan di perumahan kami atau biasa dipanggil Pak Tukang Sampah. 

Event bertajuk #BekasJadiBerkah yang diselenggarakan sebuah komunitas blog publik dan disponsori toko online ternama mengangkat tema tentang bagaimana mengubah barang bekas bisa membawa berkah.

Kisah yang saya tulis untuk mengikuti lomba ini memang kisah nyata Pak Mat. Sehari-harinya beliau tinggal di Tempat Pembuangan Sampah demi menghemat gaji bulanannya. Beratap terpal seadanya tanpa penerangan yang memadai dan bergulat dengan nyamuk, lalat, dinginnya malam serta bau sampah yang menusuk dada sudah biasa baginya. Mengingat kembali kisah hidupnya menyadarkan hati bahwa bosan menulis, merasa hidup terlalu monoton seharusnya tidak ada dalam kamus saya. Bagaimana jika peran hidup saya bertukar posisi pada lakon yang sedang Pak Mat jalani? mampukah saya hidup tanpa stress dalam kondisi seperti yang ia nikmati?

Motivasi untuk lebih bersyukur yang tanpa sengaja diberikan Pak Mat membuat saya ingin memberikan nya bantuan lebih besar. Namun kondisi finansial keluarga kami belum cukup memadai. Event Bekas Jadi Berkah ini menggugah hati saya, tak perlu bingung membantu orang lain asal ada niat kuat. Menjual barang bekas dan hasilnya disumbangkan sudah cukup menjadi jalan. Kisahnya pun bisa ditulis untuk sebuah lomba kepenulisan.

Tak dinyana Allah menganugerahkan berkah terindah dengan memberikan kemenangan bagi saya dengan meraih juara dua. 


Kabar terindah di bulan Agustus ini sangat berarti buat saya pribadi. Pertama karena niatan saya membantu orang lain mendapat ganjaran berlipat ganda. Kedua meraih kemenangan di lomba menulis adalah sebuah obsesi. Sebuah kemenangan yang bukan sekedar nominal penghargaan tetapi membuat saya optimis bahwa saya bisa menulis dengan baik dan berbagi berbagai macam kebaikan. Ketiga menyadarkan kembali bahwa hidup yang berkah bukanlah kehidupan bergelimang harta tetapi tentang bagaimana kehidupan yang merupakan anugerah itu membawa berkah bagi diri sendiri dan sesama manusia.

Jauh di lubuk hati saya merasakan betapa Allah tak pernah mengecewakan makhlukNya. Niat baik dibalasnya dengan sesuatu yang jauh lebih baik. Ketika hambaNya mulai merasa lelah Dia menyadarkan untuk tiada henti bersyukur dengan memberikan berkah paling indah.






21 comments:

  1. terimakasih banyak, sangat menarik sekali sob..

    ReplyDelete
  2. Aih, Mbak Dwiiii mah apalah-apalah....
    Sukses selalu ya Mbak.
    Untuk Pak Tukang sampah semoga selalu dilimpahkan kesehatan dan rezekinya.

    ReplyDelete
  3. Barakallah, mba. Moga selalu berkah sepanjang usia.

    ReplyDelete
  4. waah senangnya ya mba, dari kehidupan org lain, kita bisa mendapatkan berkahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga hidup kita selalu berlimpah berkah ya mba Santi :)

      Delete
  5. semoga hidup kita berkah terus ya :D

    ReplyDelete
  6. Senengbbgt rasanya akhirnya tulisan kita jd juara y mb

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ya mak berkah jadi berlipat lipat. Bantu orang iya, menang juga iya.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ...sujud syukur lama banget waktu itu mba :D

      Delete
  8. menginspirasi banget mbak tulisannya. Iya betul, kenikmatan itu tak hanya dengan bergelimang harta, tapi pada bagaimana cara kita menerima dan menjalani peran... Selamat ya, harapannya berbagi menjadi indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamin mbak Sugi, terimakasih semoga hidup kita selalu berkah :)

      Delete
  9. berkah tak hanya dihitungberdasarkan harta ya mbak. Allhamdulillah menang lombanya ya

    ReplyDelete
  10. semoga semua yang dilakukan menjadi berkah ya mbak ... amin

    ReplyDelete
  11. selamat ya mbak atas kemenangan yang diraih ...

    ReplyDelete