catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Doa-Doa Harian

Salah satu bentuk dzikir, yaitu ingat kepada Allah adalah berdoa. Islam mengajarkan berbagai doa untuk setiap aktivitas. Masyaallah, indah sekali ajaran Islam jika umat muslim mau menerapkan setiap ajaran Islam dengan benar. 

Doa-doa harian itu tidak wajib, namun jika tidak dibiasakan rasanya kan sayang. Sebab setiap doa bernilai ibadah. Setiap doa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Doa memiliki keutamaan, antara lain agar terbuka pintu rahmat dan mendapat perlindungan Allah dari gangguan setan.

Maka untuk mempermudah mengingat, saya rangkum beberapa doa tersebut dalam flyer, berpasang-pasangan (misalnya keluar-masuk, pakai-lepas)








Sebagian lagi saya tulis ulang :

Doa ketika dalam kondisi sedih, ditimpa kesusahan, galau 

 “Allahumma rahmataka arjuu fa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ash-lihlii sya’nii kullahu laa ilaha illa anta”

(artinya: Ya Allah, dengan rahmat-Mu, aku berharap, janganlah Engkau sandarkan urusanku pada diriku walau sekejap mata, perbaikilah segala urusanku seluruhnya, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Engkau).” (HR. Abu Daud)

b.   Yaa Hayyu ya Qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan”

(artinya: Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya) (HR Al Hakim, HR Al Bazar, HR Ibu As Sunni)

c.   LAA ILAAHA ILLALLOH AL-‘AZHIIM AL-HALIIM, LAA ILAAHA ILLALLOH ROBBUL ‘ARSYIL ‘AZHIIM. LAA ILAAHA ILLALLOH, ROBBUS SAMAAWAATI WA ROBBUL ARDHI WA ROBBUL ‘ARSYIL KARIIM.

[Artinya: Tiada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah yang Maha Agung dan Maha Santun. Tiada ilah(sesembahan) yang berhak disembah selain Allah, Rabb yang menguasai ‘arsy, yang Maha Agung}

 

Doa Masuk Rumah

‘Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’

(Artinya: Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal)

Doa Keluar Rumah

Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa hawla wa laa quwwata illa billah 

(Artinya Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya).

 

Doa Masuk Masjid

BISMILLAH WASSALAAMU ‘ALA ROSULILLAH. ALLAHUMMAGHFIR LII DZUNUUBI WAFTAHLII ABWAABA ROHMATIK.”

(artinya: Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmatMu).


Doa Keluar Masjid


BISMILLAH WASSALAAMU ‘ALA ROSULILLAH. ALLAHUMMAGHFIR LII DZUNUUBI WAFTAHLII ABWABAA FADHLIK.” 

(artinya: Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu karuniaMu).


 

Share:

1 comment:

  1. Sekarang aku sering share ayat-ayat dan doa di SW setiap harinya, selalu butuh doa-doa seperti ini. Bisa banget ini diedit untuk nambah-nambah, soalnya bermanfaat banget yang kayak gini. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.