Google+ Followers

Thursday, October 1, 2015

Sarapan Praktis Abon Jambrong Unia Sawi Tumis

Sudah sarapan belum hari ini? Sarapan ibarat sumber energi untuk aktivitas sehari-hari. Lupa sarapan bisa menyebabkan tubuh terasa lemas, kurang konsentrasi bahkan obesitas. Kok ngga sarapan malah bikin kegemukan? Ya gimana nggak gemuk kalau nggak sarapan tapi ngemil kripik kentang atau pisang, kentang goreng, coklat, donat sambil menunggu jam makan siang.

Sebagian besar orang yang memilih tidak sarapan beralasan : tidak punya cukup waktu untuk memasak sebab tempat kerja atau sekolah jauh dari rumah, nggak nafsu makan pagi-pagi atau bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Hmm ternyata menyiapkan sarapan tak hanya harus mementingkan perhitungan gizi dan kalori tetapi juga perlu sentuhan cita rasa seni.

Sebagai ibu rumah tangga yang (berusaha) baik eaaa saya biasa bangun dini hari. Menyiapkan sarapan sekaligus makan siang untuk bekal suami di kantor adalah kegiatan yang memakan waktu. Jadi saya sering memilih menu yang praktis dan tetap lezat disantap saat pagi maupun siang.

Nggak asal makan kenyang, kandungan gizi dan perhitungan kalorinya tetap disarankan. Salah satu menu paling praktis, ekonomis dan higienis adalah tumis. Saya biasa memilih sayuran sawi, kacang panjang atau kangkung untuk bahan utamanya. Harganya ekonomis (apalagi kalau yang bisa menanamnya sendiri di rumah), rasanya lezat dan proses memasaknya cepat karena mudah matang. Tumis sayuran doang ngga asyik?. Maka saya biasa menambahkan potongan tahu, tempe yang telah digoreng terlebih dahulu atau bakso sapi jika ada. Dan finishing touchnya ada pada taburan Abon Jambrong Unia sebagai topping lezat tiada tara.


Kenapa saya pilih Abon Jambrong Unia oleh-oleh khas Depok dan Jakarta? sebab rasanya unik. Berpadu gurih, pedas, asin dan ada legit-legitnya gitu. Ikan asin Jambrong yang telah diolah bersama irisan bawang, cabe dan aneka rempah menjadikan masakan kaya rasa. 


Cara memasak Tumis Sawi Tabur Abon Jambrong Unia cukup mudah, bumbunya pun tersedia.
Bahan : 
  • sawi segar, cuci bersih di bawah air mengalir, iris sedang
  • tahu dan tempe dipotong kecil dan digoreng
  • tiga siung bawang putih, cincang
  • dua siung bawang merah, cincang
  • satu papan cabe merah, cincang
  • merica bubuk, gula dan garam secukupnya
  • kecap manis secukupnya
  • minyak wijen secukupnya
  • minyak goreng atau margarin untuk menumis
  • Abon Jambrong Unia menurut selera
Cara Memasak:
  • panaskan minyak atau margarin dengan api sedang
  • masukkan bawang merah yang telah dicincang bersama cincang cabe merah. Tambahkan merica bubuk, gula dan garam (garamnya sedikit saja karena sudah ada cita rasa asin dari Abon Jambrong Unia) kemudian baru masukkan bawang putih cincang agar tidak merusak rasa (bawang putih lebih mudah matang dan menimbulkan rasa pahit jika terlalu lama dalam suasana panas)
  • jika tumisan bumbu telah menimbulkan aroma harum tambahkan kecap manis dan minyak wijen secukupnya
  • masukkan sawi, tambahkan sedikit air
  • masukkan potongan tahu dan tempe
  • angkat dan taburkan Abon Jambrong Unia
  • nikmati selagi hangat


Abon Jambrong Unia Sawi Tumis ini cukup memadai ditinjau dari segi kandungan gizi: vitamin dan mineral ada pada sawi. Protein tersedia pada tahu, tempe, pentol bakso jika ada dan abon jambrong Unia. Tinggal tambah nasi putih hangat hmmm sedaap. Bagi yang ingin mengurangi karbohidrat tumis sawi tabur Abon Jambrong Unia bisa dinikmati tanpa nasi, tetap enak lezat, bergizi. Tampilan masakannya pun warna-warni dan seolah memiliki cita rasa seni. Apalagi Abon Jambrong Unia ini diolah tanpa MSG dan bahan pengawet pastinya lebih sehat. Yuk silahkan dicoba bisa pesan melalui  SMS/WA  : 081223624325 :)




4 comments:

  1. makan pakai nasi plus abon jambrong aja juga uadh enak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Lidya, udah pernah cobain Abon Jambrong Unia dan ketagihan ya hehehe

      Delete
  2. ikan jambrong yang gimana ya? aku baru denger, hehe, gaptek deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe saya juga pernah googling mbak tetty, ternyata ikan jambrong itu bentuknya menggelembung di bagian perut ke bagian depan...sprti ikan-ikan asin yang biasa dijual itu (mudah2-an sumbernya benar :D)

      Delete