Google+ Followers

Sunday, October 18, 2015

Pesan Berhijrah dari Anggrek yang Merekah

17 Oktober 2015 saya beruntung karena mendapatkan siraman ruhani sehari dua kali tentang makna berhijrah. Satu saat Kultum subuh dan yang kedua sore harinya ketika pengajian bersama Hj. Tan Mei Hwa.

Kali ini yang saya share adalah isi Kultum Subuh di Masjid Al Ukhuwwah yang disampaikan Ustadz Habibul Muiz Lc. Bahwa hikmah berhijrah tidak hanya tentang pindah tempat, belajar sejarah hijrahnya Nabi. Tetapi juga memahami makna hijrah itu sendiri. Hijrah itu berpindah tempat untuk menjadi lebih baik, bukan sekedar berpindah seperti orang mengungsi tetapi disertai harapan jadi lebih baik. Maka saatnya momentum 1 Muharram menjadi saat bermuhasabah, ketika tahun menginjak yang baru artinya jatah usia di dunia berkurang satu tahun. 

Tentang berhijrah menjadi lebih baik saya terkesan dengan kisah "hijrah" anggrek saya yang sedang merekah. Maka di facebook pagi itu saya tulis demikian :

Tuhan tak pernah menciptakan produk gagal, hanya saja kita mungkin belum menemukan potensi diri secara optimal. 
Tak ada pintu yang benar-benar tertutup, mungkin hidayah belum datang mengetuk kecuali bagi mereka yang telah dikunci mati hati dan tiada mampu menemukan cahaya Illahi.

Anggrek ini dulu pernah disangka mati, sayang dibuang lalu sisa akar dan batang yang meranggas dipindah ke tempat yang lebih rindang. Kini tumbuh subur bercabang-cabang bahkan bunganya begitu indah dipandang. Seolah menitipkan semangat berhijrah, berpindah menemukan tempat yang lebih baik, berusaha menjadi lebih baik agar berbagi lebih banyak kebaikan.
Berhijrah di jalan kebaikan berhak dan wajib dilakukan laki-laki maupun perempuan.
QS An Nahl : 97 "Barang siapa mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan"

Postingan berikutnya insyaAllah saya ingin berbagi tentang hikmah dalam pengajian Majelis Taklim Ibu-ibu Masjid Al Ukhuwwah, Perumahan Permata Sukodono Raya, Sukodono, Sidoarjo yang diselenggarakan pada:
Sabtu 17 Oktober 2015
Jam : 15.00 - 17.00 WIB (Ba'da Ashar)
Penceramah : Hj. Tan Mei Hwa (Ida Astuti)
Tema : Dengan semangat hijrah kita tingkatkan kualitas iman dan islam.

Semoga semangat berhijrah menjadi lebih baik selalu menemani kita hingga akhir hayat karena alasan hidup kita di dunia adalah hanya untuk beribadah kepadaNya. Ibadah bukan melulu soal ritual tetapi juga interaksi sosial. Sayang banget kalau ibadah ritual (sholat, puasa, tilawah dll) bagus tetapi interaksi sosialnya kurang. Jadi merinding mengingat riwayat tentang seorang perempuan yang dikisahkan Rasulullah tetap masuk neraka meski "ahli ibadah" karena dia bersikap jahat terhadap tetangga. 1 Muharram adalah saat #Muhasabah #MawasDiri.

Rabbana taqabbal minna, innaka antas Sami'ul-Alim

8 comments:

  1. semoga kita semua semangat terus dalam berhijrah menjadi pribadi yg lebih ya mba

    ReplyDelete
  2. di tunggu hasil pengajian lainnya, terima kasih ya sudah di share. Mudah-mudahan senantiasa bisa berhijrah kejalan yang lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya Allah ...semoga saya segera bisa menshare tulisan berikutnya mbak Lidya, terimakasih sudah mampir :)

      Delete