catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Pijat Bayi Adalah Wujud Sentuhan Cinta Ayah Bunda


"Bayinya rewel? perlu pijat bayi tuh badannya pegel-pegel mungkin" seru ibu depan rumah
"Diikit dikit pijat, apa semua bayi rewel perlu pijat, gerutu saya dalam hati, saat anak sulung saya yang waktu itu masih bayi dan hobinya rewel setiap hari. Kalau sudah begitu, tetangga selalu menyuruh memijatkan si bayi ke tukang pijat terdekat.

Wah sepertinya saya harus minta maaf pada tetangga karena menggerutu. Ternyata #PijatBayi benar-benar bermanfaat. Dan saya baru menyadarinya ketika hadir di #TUMBloggersMeetUp bersama #JohnsonsBabyid  di Ibis Style, Jemursari Surabaya pada 6 April 2019 lalu.

Acara hasil kolaborasi The Urban Mama dan Johnson's Indonesia yang dikemas padat, ringan dan informatif ini tidak hanya mengingatkan pentingnya pijat bayi sebagai #SentuhanCinta orang tua kepada bayinya. Tetapi hadirin juga diajak untuk langsung mempraktikkan memijat bayi dengan gerakan yang tepat.

Hadir membuka acara adalah mbak Wynne Lukman, branch manager Johnson's Baby. Beliau sedikit bercerita tentang gamangnya menjadi mama muda. Was-was ada yang kurang tepat saat merawat bayi, takut memandikan karena khawatir melukai dan banyak hal lagi. Namun seiring berjalannya waktu, bertambahnya wawasan dan ilmu mbak Wynne jadi paham tentang bagaimana merawat bayi dengan penuh cinta tanpa khawatir dihantui perasaan bersalah.

Berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), angka kematian bayi di Indonesia menurun dari 32 per 1.000 kelahiran hidup pada 2012 menjadi 15 per 1.000 kelahiran hidup pada 2017. Meskipun demikian, untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia turun menjadi 12 per 1.000 kelahiran. 

Di acara ini kami diingatkan kembali pentingnya memantau tumbuh kembang bayi pada periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan. Tumbuh kembang bayi di 1000 hari pertama pertumbuhannya sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, hingga bayi beranjak dewasa.  Tidak hanya nutrisi yang cukup, namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan Ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi.

Nah nah ....nggak selalu harus ke dukun bayi untuk memijat bayi. Jika orang tua mau belajar, pijat bayi lebih efektif jika dilakukan ayah atau bundanya sendiri.



Apa Sih Manfaat Pijat Bayi?

Pada kesempatan kedua, dr. Dyah Retno Wulan Sp.A, Dokter spesialis anak yang praktik di Rumah Sakit Rumah Sakit Umum Haji Surabaya memaparkan tentang pentingnya menstimulasi bayi dan batita selain ketercukupan gizi melalui ASI dan MPASI. Menstimulasi bayi bisa dilakukan kapan saja, asal bayi sedang berada dalam kondisi sehat dan santai. Hindari menstimulasi bayi ketika si bayi sedang nyenyak tidur atau kurang sehat. Jika memaksakan menstimulasi bayi pada kondisi kurang tepat, bukannya bayi lebih sehat malah bisa tantrum tak karuan.

Stimulasi bisa dilakukan saat memandikan, merawat setelah memandikan, saat menyusui atau menyuapi, persiapan tidur atau di waktu khusus yaitu pijat bayi. 

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa adanya stimulasi berupa sentuhan cinta orang tuanya baik dalam aktivitas memandikan maupun memijat mampu memberikan dampak positif bagi bayi yaitu:
1. berkurangnya tangisan dan stress bayi
2. bertambahnya berat badan bayi secara signifikan
3. terbentuknya kemampuan komunikasi bayi
4. memperbaiki kuantitas dan kualitas tidur bayi

Secara umum, bathing and infant massage berfungsi meningkatkan sistim kekebalan tubuh dan memperbaiki sirkulasi darah sehingga memperbaiki kondisi kesehatan tubuh bayi secara keseluruhan.

Wah ternyata stimulasi terhadap bayi besar sekali manfaatnya. Pantesan anak sulung saya dulu rewel setengah mati dan susah tidur. Lha memandikan dan pijat bayi saya serahkan sama dukun bayi karena saya terlalu takut. Mungkin kurang ikatan emosional dan si bayi stress 'kali ya.



Lebih lanjut dr. Dyah Retno Wulan Sp.A memaparkan manfaat fisik dan emosional massage bayi.

Manfaat fisik pijat bayi adalah:

1. membantu mengatur sistim pencernaan dan penyerapan zat makanan dalam tubuh bayi
2. membantu melancarkan sistim peredaran darah
3. membantu melancarkan sistim pernapasan
4. membantu meningkatkan berat badan bayi sehingga tumbuh lebih sehat
5. membantu meningkatkan sistim kekebalan tubuh
6. membantu bayi memiliki kualitas dan kuantitas tidur lebih baik.

Manfaat emosional pijat bayi adalah:

1. membuat ikatan emosional, bonding antara ibu/ayah dengan bayi
Untuk itulah disarankan saat memijat bayi tidak hanya ibu tetapi juga ayah ikut berperan atau bergantian

2.  membantu bayi untuk lebih mudah bersosialisasi. Sebab bayi terstimulasi untuk melakukan kontak mata dan mendapat stimulasi pada indera pendengarannya ketika diajak bicara sambil dipijat

3. membantu meredakan ketidaknyamanan (kembung, tumbuh gigi)

4. menurunkan hormon stress pada bayi
5. mengurangi rewel
6. membantu bayi rileks 

Dari paparan tersebut nyatalah bahwa fungsi pijat bayi tidak hanya membawa dampak positif bagi sang bayi, tetapi juga pada orang tuanya. Sebab saat memijat sambil berkomunikasi dengan bayi, otomatis sang ibu/ayah akan merasa bahagia menyaksikan respon sang bayi. Tapi perlu diperhatikan saat memijat, jika sang bayi menangis ketika dipijat segera hentikan kegiatan memijat, mungkin ia merasa tak nyaman atau malah ketakutan karena ibu/ayah yang memijat terlalu memaksa untuk memijat dan tidak membuat komunikasi dari hati ke hati dengan si bayi.

Do and Don't Ketika Memijat Bayi

dr. Dyah Retno Wulan Sp.A juga memberikan tips tentang "Do and Don't ketika memijat bayi" yaitu:

DO (lakukan):
1. Sediakan alas pijat dari bahan lembut dan rata. Pilih tempat memijat yang nyaman, tidak berangin, hawanya menyenangkan
2. Cuci tangan yang bersih
3. Cari waktu yang tepat agar orang tua dan bayi sama-sama menikmati
4. Letakkan bayi pada posisi nyaman, lakukan kontak mata dan komunikasi dengan bayi selama memijat
5. Mulai memijat dengan sentuhan ringan dan perlahan 
6. Putar musik dan nyanyikan lagu lembut
7. Perhatikan isyarat si bayi ketika dipijat, apakah ia mulai rewel, haus, mengantuk, lapar
8. Gunakan baby oil atau baby lotion
9. Seka dengan air hangat

Don't (Hindari)
1. Jangan memijat bayi segera sesudah ia makan atau minum
2. Jangan membangunkan bayi hanya karena memaksa  mengikuti jadwal memijat
3. Jangan memaksakan memijat bayi yang sedang sakit
4. Jangan memaksakan bayi pada posisi tertentu ketika dipijat, letakkan bayi pada posisi yang membuatnya nyaman
5. Jangan memijat dengan kondisi jari berkuku panjang
6.  Hindari memakai perhiasan berupa cincin, gelang ketika memijat

Tips khusus: perhatikan bahan minyak atau lotion yang digunakan saat memijat bayi. Sebab pemilihan produk yang tepat bisa membantu optimalnya stimulasi. 
beberapa kandungan zat dalam baby oil
Baby oil sebaiknya digunakan ketika memijat bayi ketika akan mandi. Baby lotion lebih efektif jika digunakan untuk memijat bayi menjelang tidur.
perbandingan antara baby oil dan baby lotion

Teknik Memijat Bayi

Teori memijat bayi sudah, sekarang praktiknya dong. Di sesi terakhir giliran mbak Gina Puspanti Anggraeni, instruktur pijat bayi yang telah tersertifikasi memberikan pengarahan tentang langkah-langkah memijat bayi.
Memijat bayi harus rileks, jangan tegang dan terlalu fokus pada urutan pemijatan

Bagian Tubuh Bayi Yang Perlu Dipijat?

Memijat bayi itu bagaimana sih? bagian tubuh mana saja yang perlu dipijat, apa bayi perlu ditengkurapkan untuk memijat bagian punggung? Pertanyaan-pertanyaan ini terjawab oleh pemaparan dan praktik yang diarahkan mbak Gina. Ternyata bayinya gak perlu dipaksa untuk posisi tidur miring ketika saat memijat. Biarkan bayi rileks dan menikmati pijatan sambil diajak berbicara, bercanda dan menyadari kehadiran ibu/ayahanda.

Bagian-bagian tubuh yang perlu dipijat

Teknik Memijat Bayi ini menyenangkan sekali. Gerakannya membuat sang pemijat juga turut menikmati. Setidaknya butuh waktu sekitar setengah jam untuk bisa memijat seluruh bagian bayi dengan seksama. Jika belajar pada modul yang disediakan Johnson's baby di link https://www.johnsonsbaby.co.id/pijat-bayi-untuk-tumbuh-kembang-bayi-optimal#XUCouJGvTWJOu7OX.97
dapat disimpulkan bahwa setidaknya ada 14 langkah memijat bayi yaitu; 

1. CARESS LOVE
Letakkan kedua telapak tangan anda di atas dahi bayi dan pijat perlahan ke bawah mengarah ke dagunya, seperti membuka buku.
2. RELAX
Pijat area di atas alis, dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari. Pijat perlahan.
3. SMILE
Pijat secara perlahan dengan membuat pola senyuman di atas bibir menggunakan ibu jari atau telunjuk. Lakukan hal yang sama pada bawah bibir
4. BUTTERFLY
Dengan kedua telapak tangan yang diletakkan di tengah dada, gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai di bawah leher. Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengah, tanpa mengangkat tangan.

5. CROSS/MENYILANG
Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya. Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri.

6. “I”
Pijat lembut dengan 3 ujung jari tangan membuat pola dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah, seperti membentuk huruf “I”
7. “L.O.V.E”
Buat garis di atas perut dari kanan atas ke kiri atas bayi. Kemudian, lanjutkan dengan membuat garis ke bawah perut membentuk huruf “L”.
8. “U”
Selesaikan dengan membuat huruf “U” terbalik dari perut sebelah kanan bayi. Arahkan jari Anda perlahan ke atas perut dan turun mengarah ke perut sebelah kirinya.


Mbak Gina menjelaskan bahwa gerakan pijat I LOVE U untuk bayi sangat bermanfaat untuk meredakan kembung. 
9.WALKING FINGERS
Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari kanan ke kiri untuk mengeluarkan gelembung-gelembung udara.
10. FINGER SHAKE
Goyang dan tarik lembut setiap jarinya dari jempol hingga kelingking.
11. ROLLING
Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.

12. MILKING
Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan. Tangan kanan memegang tungkai atas dan tangan kiri memegang tungkai bawah (seperti memegang tongkat kasti). Buat gerakan seperti memerah pakaian basah sebelum dijemur secara berulang-ulang.
A. Milking India: gerakan memerah dari paha ke bawah lalu
B. Milking Swedia: gerakan memerah dari tungkai ke atas
13. RELAX (KAKI)
Pegang kedua pergelangan kaki bayi, silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu dengan mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula, gerakan ini dilakukan dengan bergantian dan berulang-ulang.

14. SLIP (PIJATAN MELUNCUR)
Baringkan si buah hati dengan posisi dada di bawah (tengkurap). Posisikan satu telapak tangan Bunda, tegak lurus dengan tulang punggung bayi. Gerakkan telapak tangan dengan lurus atas ke bawah, dari leher hingga pantat.


Lebih lengkapnya bisa dilihat di video:


Hadir di sini jadi terinspirasi untuk menebarkan kebaikan tentang pentingnya sentuhan cinta terutama di 1000 hari pertama kehidupan ananda. 

Acara ini menyenangkan sekali. #TUMBloggersMeetUp tidak hanya memberikan pengetahuan mengenai pentingnya pijat bayi. Tetapi Johnson's juga mengingatkan para bunda untuk saling mendukung satu sama lain. Salah satu bentuk memberikan dukungan terhadap sesama ibu dan menunjukkan kepedulian bagi tumbuh kembang bayi adalah dengan berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk sebagai berikut:

Setiap pembelian produk JOHNSON’S® di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp.25.000,- 
Setiap pembelian JOHNSON’S® oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko – toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta. 


Donasi ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk mendukung kegiatan sosial JOHNSON'S yang bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak  (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Kami para blogger sudah menuliskan pesan cinta untuk mendukung Posyandu ini. Duh mudah-mudahan semakin banyak bayi dan balita yang terbantu dengan berdirinya Posyandu di Randusongo sehingga bisa tumbuh optimal di masa keemasan dalam kehidupannya. 




Ibu-ibu jangan ketinggalan untuk turut mendukung berdirinya Posyandu ini. Caranya ya dengan belanja produk JOHNSON'Sari seperti transaksi tersebut di atas. Dengan transaksi tersebut para ibu secara otomatis dapat menyumbangkan Rp 500,- (Lima ratus rupiah) guna membantu berdirinya Posyandu di Randusongo. Senang sekali pasti jika kita bisa saling mendukung dan bayi balita bisa tumbuh berkembang secara optimal.

Share:

8 comments:

  1. Pijat bayi memang mempunyai banyak manfaat Mbak untuk kesehatan

    ReplyDelete
  2. Ternyata selain mempunyai manfaat fisik. Pijat bayi juga mempunyai manfaat untuk emosional juga ya

    ReplyDelete
  3. Banyak banget ya memang manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan kegiatan pijat bayi ini

    ReplyDelete
  4. Wah seru banget nih ya bisa ikutan acaranya. Bisa menambah ilmu juga

    ReplyDelete
  5. Ternyata memijat bayi juga tidak boleh sembarangan ya. Harus benar

    ReplyDelete
  6. Dan aku ngakak ketika boneka yg utk praktek plek bayi. Yg lucu ada ibu saking semangat e mijet boneka.Tangane boneka termutilasi.

    ReplyDelete
  7. Banyak sekali ilmunya & banyak manfaat yg bisa diambil, sebelumnya taunya pijat bayi hanya untuk mengurangi capek2 pada bayi, tp ternyata banyak sekali manfaatnya. Makasih Bu @Dwi April 👍

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.