catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Google+ Followers

Meresapi Nasihat Surat Al Kahfi

*Al Kahfi, surat sarat kisah hikmah*

1. Jika merasa dalam kesulitan yang seolah mustahil diselesaikan, ingatlah kisah Ashabul Kahfi. Allah Maha Berkehendak. Tak ada yang tak mungkin jika Ia mewujudkan apa yang seharusnya terjadi. Keimanan adalah satu-satunya jalan keluar dari permasalahan. Yakinlah pertolongan Allah akan datang (QS Al Kahfi 9-26)

2. Jika sedang berlimpah harta benda, bangga akan anak dan pasangan hidup, berkacalah pada pemilik kebun yang pongah terhadap hasil kebunnya. Lupa jika semua nikmat berasal dari Sang Kuasa. Dan dalam sekejap mata yang dibanggakan bisa sewaktu-waktu musnah. Sebab anak dan harta hanyalah penghias dunia yang kelak akan kita pertanggungjawabkan jika datang masanya (QS Al Kahfi: 32-44)

3. Jika sedang merasa paling pandai, kaya akan ilmu pengetahuan berkacalah pada kisah Nabi Musa dan Khidir. Apa yang kita ketahui sebenarnya tak ada seujung jari. Tawadhu' adalah sikap yang lebih baik daripada berbangga diri. (QS Al Kahfi: 60-82)

4. Jika sedang berkuasa. Berkacalah pada Dzulqarnain. Raja tangguh zaman dahulu, sakti dan berilmu. Dan yang terpenting ia selalu taat pada perintah Tuhan. Kekuasaannya dimanfaatkan di jalan kebajikan, menolong mereka yang sedang kesusahan. (QS: Al Kahfi 83-101)

Dunia adalah penjara bagi orang beriman.

Tetaplah istiqomah di jalan kebaikan. Meski istiqomah itu berat dan Dilan belum tentu kuat.
Share:

8 comments:

  1. Subhanallah, sangat menginspirasi sekali mbak. Saya jadi sadar, setiap masalah apapun itu pasti ada jalannya ya, dan allah pasti akan selalu memberi pertolongan :)

    ReplyDelete
  2. Iya ya mbak, pasangan hidup, anak, harta dan lain sebagainya itu hanya penghias dunia, dan bisa diambil sewaktu-waktu oleh Allah swt.

    ReplyDelete
  3. Benar-benar pencerahan dipagi hari mbak, sangat bermanfaat untuk bahan intropeksi diri. :)

    ReplyDelete
  4. Memang sudah sepatutnya kita menyadari semua hal itu ya mbak, semoga kita selalu disadarkan dan di arahkan ke jalan yang benar.

    ReplyDelete
  5. Isi dari surat Al-khafi memang membuat kita mendadak intropeksi diri ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Masyaallah, ayat-ayat di dalm surat al-khafi ini memang menyadarkan kita akan kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti sombong dan yang lainnya ya mbak.

    ReplyDelete
  7. Masya Alloh luar biasa. Tiap jumat kita baca ini, banyak sekali hikmahnya.

    ReplyDelete

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.