catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Google+ Followers

Jurus Jitu Berinvestasi Reksa Dana

Sabtu 29 September 2018 saya berkesempatan mengikuti #KopdarInvestarianMAMI jilid kedua. Agar lebih mudah saya menyebutnya #InvestarianSUB2. Sekadar mengingat kembali materi pada #KopdarInvestarianMAMI periode pertama saya tuliskan di SINI

Refresh materi yang diberikan pada jilid pertama memang penting. Karena materi dari satu kelas ke kelas berikutnya saling berkaitan. Salut, demi menghidupkan suasana dan mengingatkan kembali poin-poin penting dari materi jilid pertama #KopdarInvestarianMAMI pihak Manulife Aset Manajemen Indonesia. mengadakan kuis online yang pertanyaannya bersumber pada pemaparan materi #KopdarInvestarianMAMI jilid pertama. Sayang jaringan internet di hape saya kurang bagus, saya hanya bisa menjawab pertanyaan pertama dan terakhir. Selebihnya di layar hape tertulis no connection haha. Padahal pertanyaannya nggak sulit. Pertanyaan yang saya ingat antara lain: sebutkan ciri-ciri investasi bodong, jenis reksa dana mana yang bebas pajak, nama fitur CS online dari klikMAMI.com.
Aseeek pemenang pertama boleh memilih hadiah dan beliaunya pilih E-Money

Seperti #KopdarInvestarianMAMI jilid pertama, #InvestarianSUB2. ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi mbak Ike yang membahas dunia blogging. Kali ini pembahasan dunia blogging menyinggung masalah infografis. Penggunaan infografis dalam dunia blogging memang sedang naik daun. Dua tahun belakangan ini saya amati pemenang dalam kompetisi dan lomba blog mayoritas diraih blogger-blogger yang jago infografis.
Mbak Ike ngga grogi gesss
Apa sih infografis itu sebenarnya?
Mbak Ike menjelaskan bahwa infografis adalah data yang digambarkan, bukan sekadar grafis tetapi mempercantik tata visual sehingga mudah menarik perhatian dan padat informasi. Infografis idealnya menarik secara visual (dipercantik dengan ilustrasi, grafis, icons dan warna), sarat pengetahuan (dilengkapi fakta, data dan kesimpulan) dan kuat pada konten (ditulis berurutan menurut kerangka waktu, kontennya padat, dilengkapi referensi)

Tips menyusun Infografis.
Bagaimana menyusun infografis yang ciamik? Mbak Ike memaparkan tips pribadinya saat membuat infografis untuk artikel dalam blognya:
1.    Lakukan riset terlebih dahulu, lengkapi data
2.    Perbanyak baca referensi
3.    Buat sketsa infografis yang diinginkan
4.    Buat desain infografis dengan menggunakan software yang dikuasai
5.    Review sebelum artikel diterbitkan
step by step infografis
Software yang biasa digunakan untuk infografis
        Kira-kira software apa sih yang mudah diaplikasikan dan gratis? Mbak Ike merekomendasikan software berikut ini: Piktochart, Canva, Easlo.Ly, Visual.Ly, Infogr.am, ManyEyes, Venngage, I Charts. Untuk smartphone bisa menggunakan Canva mobile dan Design. Sedangkan jika khusus membuat tulisan disarankan mbak Ike memakai Pictsart atau WordSwag.

Ini contoh Infografis ala Mbak Ike:
infografis cakep seperti mbak Ike

Sesi kedua #InvestarianSUB2 tak kalah mengasyikkan. Blogger Surabaya pada duduk manis mendengarkan uraian Bapak Legowo Kusumonegoro yang padat, berisi dan to the poin. Melanjutkan inti dari kopdar pertama, kami diajak untuk memahami pentingnya investasi. Dalam sesi kali ini dibahas langkah-langkah berinvestasi reksa dana dan mengatasi kekhawatiran merugi dalam investasi.  
Bapak Legowo Kusumonegoro selaku Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Berdasarkan artikel http://marketeers.com yang dirilis pada 24 April 2018, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah investor reksa dana sejumlah 619.380 investor pada Desember 2017. Wah masih sedikit sekali investornya ya. Mungkin karena masyarakat pada umumnya menganggap investasi reksa dana itu rumit, tidak efisien dan tidak dapat menjanjikan kepastian keuntungan. Khawatir merugi, seperti pengalaman saya dulu saat pernah mencoba. Wajar, jika kita kurang paham seluk-beluk investasi maka yang muncul adalah kekhawatiran memenuhi hati. Oleh karena itu saya merasa sangat terbantu dengan adanya Kopdar Investarian yang diselenggarakan Manulife Asset Manajemen Indonesia. Kopdar ini sejatinya mirip seminar tetapi dikemas dalam suasana santai dan menyenangkan.

Jika di Kopdar Investarian Jilid 1 para peserta dikenalkan dengan pemahaman pentingnya berinvestasi, jenis-jenis investasi reksa dana dan unsur yang terkait, maka di Kopdar Investarian Jilid 2 Pak Legowo, Presiden Direktur MAMI memberikan tips jitu dalam berinvestasi reksa dana.

Perlu dipahami bahwa reksa dana adalah jenis investasi jangka panjang, tetapi juga bisa diharapkan untuk jangka pendek, idealnya minimal satu tahun. Dalam penjelasannya Bapak Legowo membagi tips jitu berinvestasi reksa dana menjadi beberapa poin:

1.    Kenalan dulu yuk dengan reksa dana
Definisi reksa dana, hak cipta milik MAMI
Reksa dana pada intinya adalah wadah investasi kolektif. Artinya dana “patungan” dari beberapa orang akan diputar oleh manajer investasi. Analoginya seperti naik bus, untuk sampai tujuan bus dikendarai oleh sopir. Bus adalah produk reksa dana, pemilik unit atau investor adalah penumpangnya dan manajer investasi adalah sopirnya. Mengapa investasi reksa dana perlu patungan? Sebab dengan patungan yang menyertakan nominal kecil sekalipun, investor bisa menitipkan modal untuk diputar dan diharapkan mendapatkan keuntungan. Misalnya untuk membeli saham 1 lot harus punya uang 10 juta, kita yang duitnya cuma ada 1 juta rupiah tetap bisa berinvestasi melalui produk reksa dana digabung dengan modal investor lain sehingga bisa membeli saham tersebut. Dana yang dititipkan investor disebut sebagai unit reksa dana. Eh saya sempat ngintip hasil investasi reksa dana Manulife saya via www.klikMAMI.com yang baru berjalan satu bulan. Lumayan ada kenaikan. Beberapa contoh unit reksa dana Manulife seperti ini:
saya baru punya satu jenis Reksa Dana Pasar Uang, kalau kalian?

Aman gak sih reksa dana itu? Reksa dana diawasi secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan. Manajer Investasi harus rutin menyetorkan laporan mengenai unit reksa dana yang dikelolanya. Jika terjadi pelanggaran OJK tidak segan-segan mencabut izin operasional dari Manajer Investasi. Dari pilihan unit reksa dana di www.klikMAMI.com setiap pilihan unitnya disertai "prospektus". Prospektus ini berisi tujuan dan kebijakan investasi. Jadi investor ga boleh malas baca. Klik dan baca prospektus dahulu, jika sudah paham dan sreg barulah klik "beli"
Keunggulan reksa dana. Masih ingat keunggulan berinvestasi reksa dana yang dijelaskan pada Kopdar Jilid 1? Ini dia:
keunggulan reksa dana, hak cipta slide milik MAMI
  • Fleksibel – banyak pilihan produk
  • Likuid – Bisa dicairkan kapan saja tanpa jangka waktu
  • Aman – terdaftar dan diawasi OJK .
               Pak Legowo menandaskan, untuk mengetahui jenis investasi aman atau tidak calon investor hendaknya memeriksa legalitas manajer investasi melalui website www.ojk.go.id dan penting dipahami bahwa segala bentuk transaksi baik itu pembelian maupun pencairan unit reksa dana dilakukan melalui rekening bank kustodian yang tercantum pada rekening efek investor. Jadi waspadalah jika menemuni oknum manajer investasi yang menawarkan menggunakan rekening bank pribadinya untuk bertransaksi.
  • Bebas pajak
  • terjangkau - bisa dimulai dengan dana 10 ribu rupiah


2.    Pahami jika nilai unit reksa dana itu bisa naik turun. 

   Jangan grogi dan buru-buru menarik unit jika harga unit sedang turun. Ingat reksa dana kan ditujukan untuk investasi jangka panjang. Woles saja babe. Naik turunnya nilai unit reksa dana masih wajar dalam jangka pendek. Tetapi dalam jangka panjang hasilnya bisa mengatasi “kerugian” akibat inflasi.

3.    Mau sukses investasi reksa dana ya jangan jadi spekulan
catet: jangan jadi spekulan ihiks. Hak cipta materi slide milik MAMI

Ini nih penyakit (calon) investor baru semacam saya. Maunya kalau pas untung langsung jual dan ga mau nilai unitnya turun. Padahal idealnya kesuksesan investasi reksa dana itu ya jangka panjang bosque.

4.    Kenali jenis-jenis reksa dana
Jenis-jenis reksa dana, hak cipta slide milik MAMI
Pada dasarnya reksa dana terbagi menjadi 4 macam yaitu Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham) Infografis di atas menunjukkan urutan jenis reksa dana dari kiri ke kanan sesuai yang paling minim tingkat resikonya dan paling kecil pula “gain”nya. Ingat rumus sederhana dalam berinvestasi: High Risk High Return, Low Risk Low Return
           Saya sempat bingung dengan penamaan “Reksa Dana Pasar Uang” dan “Reksa Dana Pendapatan Tetap” Dalam pemahaman saya yang namanya pasar itu lebih volatil, dinamis gitu naik turunnya jadi kan lebih beresiko? Dan yang Pendapatan Tetap rasanya lebih stabil. Ternyata pehamaman saya keliru. Beruntung saya mendapat penjelasan melalui sesi tanya jawab dengan Bapak Legowo sebagai berikut:
          “Pasar Uang” itu diambil dari istilah “Money Market” dalam ilmu ekonomi Money Market adalah instrumen investasi resiko rendah yang ditempatkan pada produk-produk jatuh tempo < 1 tahun. Misalnya Deposito dan Obligasi yang jatuh temponya lebih kecil dari satu tahun. Maka Manajer Investasi wajib menginvestasikan unit Reksa Dana Pasar Uang ini pada deposito dan obligasi yang jatuh temponya sebelum 1 tahun.
          Sedangkan Reksa Dana Pendapatan Tetap berasal dari istilah Fixed Income atau Fixed Interest. Menurut ilmu ekonomi, fixed income adalah instrumen investasi yang menempatkan unit investasinya untuk obligasi dan deposito jangka waktu lebih dari satu tahun.
        Saham, baru disertakan sebagai unit investasi pada Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham.
Beda saham dan obligasi, hak cipta silde milik MAMI
Salah satu keuntungan sifat likuid reksa dana adalah ia bisa dicairkan kapan saja dan bisa dipindah ke reksa dana jenis lain manakala dianggap lebih menguntungkan. Pak Legowo mengingatkan kembali jika baru akan memulai investasi reksa dana maka jenis yang paling aman bagi pemula adalah Reksa Dana Pasar Uang. Selain resikonya lebih kecil, segala sesuatu transaksi (pembelian, pencairan, pemindahan) juga tidak dikenai biaya.
Reksa Dana Pendapatan Tetap, bagi yang sudah mahir boleh deh next step coba reksadana pendapatan tetap

Eh sudah pada paham bagaimana transaksi unit di reksa dana? Intinya transaksi unit reksa dana itu terbagi dalam tiga tahap: pembelian unit, pengembangan dan pencairan. Mudah-mudahan infografis ini membantu: 
Begini alur berinvestasi reksa dana, hak cipta slide milik MAMI

5.    Melakukan perhitungan dan menentukan timing yang tepat
Sebagai individu tentu kita punya angan-angan dan keinginan yang berkaitan dengan masa depan. Misalnya biaya pendidikan anak, berangkat umroh atau liburan.
Kalau impian kalian apa nh kawan? hak cipta silde milik MAMI
“APA” “BERAPA” “KAPAN” Tiga hal ini adalah kunci dalam berinvestasi. APA adalah planning, tujuan menyisihkan uang. BERAPA adalah besaran yang harus diinvestasikan tiap bulan dan KAPAN adalah waktu yang diharapkan ketika dana simpanan bisa dicairkan.

Contoh : APA BERAPA KAPAN

Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah DANA DARURAT

Dana darurat adalah dana yang hendaknya hanya dicairkan dalam keadaan darurat. Darurat itu kalau kata Mbak Eve (marketing manajer MAMI) adalah kondisi yang terjadi secara tiba-tiba, tidak bisa dihindari dan tidak bisa diantisipasi. Misalnya tertimpa bencana hingga rumah rusak parah, terkena PHK dan tidak punya penghasilan (meski sementara). Berapa besarnya dana darurat? Menurut Pak Legowo idealnya antara 6-9 kali biaya hidup. Jadi misalnya setiap bulan biaya hidup satu keluarga total sebesar 3 juta rupiah per bulan, idealnya keluarga tersebut memiliki dana darurat sebesar minimal 18 juta rupiah. Sesi itung-itungan ini seru. Masing-masing peserta diminta menghitung sendiri berapa banyak dana yang harus disimpan atau disediakan tiap bulan untuk mewujudkan impian.
Contoh perhitungan kebutuhan masa depan saya, bikin garuk kepala


Perhitungan rencana-rencana masa depan dan dana darurat sempat membuat suasana ruang #InvestarianSUB2.penuh dengan suara tawa sumbang, helaan nafas panjang dan garuk kepala yang tidak gatal meski penuh uban. Pasalnya kami seperti tersadar (tanpa didahului pingsan) bahwa kebanyakan tak berpikir tentang dana darurat. Dan selalu penuh rencana inilah itulah tetapi dananya kurang persiapan. 

Duh ya...jadi pijit kening. Ternyata kita benar-benar butuh hidup smart agar bisa mengelola keuangan secara bijak. Jadi, enak menabung atau investasi nih dengan planning dan kebutuhan masa depan yang bejibun?
Begini loh kisi-kisi tentang menabung dan berinvestasi, hak cipta slide milik MAMI
Menabung itu penting tetapi berinvestasi tidak kalah penting. Saya suka dengan penjelasan pak Legowo ketika membandingkan menabung dan berinvestasi. Kalau dipikir-pikir bener banget. Menabung itu menyisihkan dan menyimpan uang untuk kebutuhan jangka pendek sedangkan berinvestasi itu diharapkan berbuah untuk keperluan jangka panjang di masa depan. Sah-sah saja kita punya angan-angan berkaitan dengan masa depan. Tetapi jika hanya berangan tanpa tindakan itu mah namanya ngayal. Berangan-angan diimbangi dengan kerja keras dan ikhtiar untuk mewujudkannya itu baru perjuangan. InsyaAllah berinvestasi reksa dana adalah salah satu ikhtiar berjuang demi mewujudkan impian menjadi nyata.
Sekarang nih,  tiap minggu saya cek laporan reksa dana.. Alhamdulillah naik lagi loh. Jadi merasa seperti investor yang sudah punya perusahaan sendiri hihihi. Tertarik jadi investor seperti saya? Buka klikMAMI. Klik daftar Akun online di
https://www.klikmami.com/Reksadana/AccountOpening/NewAccount
dan masukkan DWIAPISY pada kolom Kode ajakMAMI Sponsor.

Share:

16 comments:

  1. wah lengkap banget ilmunya, makasih mbak..

    ReplyDelete
  2. Komplit mbak penjelasanjya.kalau aku yo tetep nabung buat dana darurat.

    ReplyDelete
  3. Nice info, jadi berkenan untuk prepare dana darurat segera :D

    ReplyDelete
  4. reksadana ini kalo dari sisi amannya, tengah-tengah ya mb, antara deposito dan saham. uda sering sih dapet info begini, tapiii yaa belum punya juggaaa ampe sekarang, duh duhh duh

    ReplyDelete
  5. Mbaaakz baca ini semacam balik ke ruangan itu lagi dan dengerin seminarnya lagi.
    Lengkap banget hehehe

    ReplyDelete
  6. Buat yang pengen coba-coba enaknya ikut Reksa Dana apa za mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling kecil resikonya Reksa Dana Pasar Uang mbak. Seperti punya saya tapi returnnya juga tdk terlalu besar, tanpa biaya2 :)

      Delete
  7. Pak Leg enaak banget menjelaskan reksa dana. Materi yang berat jadi tak terasa berat. Nggak sadar tau-tau sudah melebihi durasi yang disiapkan.

    ReplyDelete
  8. pulang dari acara langsung mikirin dana darurat ya mbak.

    ReplyDelete

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.