catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Belajar Apa Itu SEO


Apa itu SEO? Penasaran waktu pertamakali ngeblog dan belajar tentang blog beberapa tahun lalu. Seringkali SEO disebut-sebut dalam artikel tentang belajar blog. Ternyata SEO itu Search Engine Optimization alias pengoptimalan mesin telusur atau search engine. Intinya teknik SEO itu menempatkan artikel blog kita pada halaman-halaman pertama Search Engine. Ayo siapa yang sering memanfaatkan mbah Google untuk mencari artikel tentang sesuatu hal. Google di zaman sekarang seperti primbon zaman dulu ya #eh. Maksudnya, ada PR: buatlah kolase dari bahan-bahan berikut. Apa sih kolase itu, langsung dah andalannya mbah google, ketikkan kata kunci “kolase adalah” dan jreeeeng keluar beberapa artikel yang mengulas tentang kolase.
Nah, teknik menempatkan artikel di halaman awal google inilah yang disebut SEO. Teknik SEO ini kalau saya baca di artikel google webmaster google meliputi: struktur situs (termask pemilihan template dan navigasi blog), penelitian atau penempatan kata kuncul dan pengembangan konten. Wih kompleks banget ya. Nggak heran, saya pernah beberapa kali iseng ikut lomba artikel SEO dan hasilnya..ngga menang sebab tidak punya kemampuan dan bekal yang cukup untuk berkompetisi SEO ria.
Biarpun kalah berlomba menulis jalan teruslah. Meski saya tak lagi tertarik mengikuti lomba menulis SEO. Dan gak kebayang belajar SEO. Hingga suatu hari Indoblognet – MB Communications membuka kelas SEO di Surabaya. Sebelumnya kelas belajar ini saya ketahui diadakan di Jakarta dan Pontianak. Wow rupanya MB Communications serius banget mengedukasi blogger agar lebih paham SEO. Apa itu SEO, mengapa MB Communications sangat menekankan agar blogger mau belajar?
apa itu SEO
Apa itu SEO?

Jawabnya nanti pasti saya dapatkan jika ikut kelas atau kopdar SEO ini. Tapi saya ragu, duh daftar nggak ya. Membayangkan belajar sesuatu yang saya tidak punya dasarnya sama sekali kan ...terbayang njelimetgnya. Apalagi blog saya gratisan. Kira-kira apa sih pengaruhnya belajar SEO buat blog gratisan saya. Sedangkan content placement saja mintanya sekarang blog TLD.
Eh tapi MB Communication kan tidak mewajibkan peserta adalah pemilik blog yang punya domain sendiri, ngga numpang kayak saya hihihi. Lagipula tema dari Kopdar SEO ini kan “From Zero To Hero” Rasa-rasanya yang tidak punya basic SEO bisa belajar secara bertahap dong. Jadi gimana nih enaknya? Daftar nggak?
Akhirnya tanggal 14 Oktober 2018 lalu saya memutuskan hadir di Kopdar SEO Webmaster yang disponsori MB Communication. Berangkat pun penuh drama. Sejak malam sebelumnya badan meriang. Udah daftar masa’ batal enggaklah. Ya udah nekad berangkat naik bus Ijo Krian-Joyoboyo. Alamaak tumben busnya penuh, harus berdiri nih. Sampai Joyoboyo jadi ragu, angkutan kota apa ya yang menuju lokasi Kopdar SEO di Captain Hood. Akhirnya sambil mikir jalaan terus sampai samping Kebon Binatang. Lah trus ditawarin Ojek yang mangkal di situ, maaaf Pak, saya mau naik angkot. Seingat saya angkot G, kok lama akhirnya naik Gojeklah. Kok gojeknya lama. Eh si sopir Gojek bilang dia nunggu di seberang Bonbin...ternyata sodara, matahari sudah mulai panas membara, saya disuruh jalan kaki cukup jauh dari tempat saya berdiri sambil bawa ransel isi laptop. Ya sudahlah...cap cay juga. Gak apa itung-itung olahraga (((olahraga)))
 
apa itu SEO
Captain Hood
Saya tiba di sana jam 9.23. Padahal kelas dimulai jam 10. Di pintu masih bertengger papan “Close” Whaaat. Kepagian bener. Ya udah daripada badan makin meriang berdiri di pinggir jalan saya nekad masuk kafenya. Yaelah Karyawan Captain Hood saja masih serius briefing. “Ibu peserta pertama, mau tunggu di sini atau di lantai dua” sapa manager storenya. Untung tak lama kemudian mbak Rahmah sebagai fasilitator muncul. Satu persatu kawan-kawan blogger hadir dan kelas dimulai jam 10 pagi dengan diawali perkenalan oleh Mbak Kartina Ika Sari.

Kaan bener, akhirnya saya dapat jawaban dari pertanyaan yang riuh di dalam hati sendiri, mengapa blogger perlu belajar apa itu SEO?
Ini dia 3 alasan utama (kalau teman-teman punya alasan sendiri bisa ditambahkan poin 4, 5, 6 seterusnya....
1. Mengenalkan blog kepada google webmaster
Mas Q-Benk, mentor di Kopdar SEO kali ini mengatakan jika blog itu ibarat rumah. Setelah dibangun perlu dipercantik caranya dengan menambahkan konten berupa tulisan dan foto. Perlu juga perabot dan aksesori. Pernik-pernik blog seperti pemilihan template, banner komunitas, labelling yang tepat adalah akesorinya. Setelah itu layaknya tinggal di sebuah rumah perlu berkenalan dengan tetangga dan mengurus surat izin domisili di RT, RW, kelurahan. Nah di dunia blogging hal semacam ini diibaratkan dengan blogwalking dan mengupayakan agar postingan kita bisa terdeteksi oleh google webmaster. SEO adalah salah satu cara agar artikel kita dikenali mbah google. Jadi kalau ada orang masukin kata kunci yang banyak dicari, blog kita bisa muncul dalam pencarian.
2. Berbagi lebih banyak manfaat pada khalayak
Menulis sudah sering. Update blog rajiin banget. Satu artikel bisa 500-1000 kata, lengkap dengan foto dan video penunjang. Tapi pengunjung blog kok minim banget. Sedih nggak, rasanya kok menulis jadi sia-sia. Padahal salah satu tujuan ngeblog adalah ingin berbagi ilmu, wawasan dan opini dengan lebih banyak khalayak. SEO membantu menempatkan artikel kita berada di halaman-halaman awal mesin pencari sehingga menarik minat orang untuk berkunjung dan membaca artikel-artikel di blog kita.
Jujur saja deh selain berbagi ilmu dan pemikiran, kita juga berharap blog bisa menjadi pintu penghasilan. Mbak Ika sempat bercerita tuntutan klien-klien sekarang makin tinggi. Para klien ini mengundang blogger untuk meliput event atau mereview produk dengan tujuan agar even dan produk mereka tampil di halaman-halaman awal google search. SEO adalah teknik yang diyakini paling manjur untuk menempatkan artikel di halaman-halaman depan google.
apa itu SEO

Jika awalnya ragu untuk mendaftar Kopdar SEO Webmaster, saya lebih bersyukur ketika meninggalkan Captain Hood sore itu. Belajar SEO dari jam 10 hingga jam 15 terasa kurang. Tetapi setidaknya saya punya sedikit bekal teknik SEO paling mendasar seperti cara memilih kata kunci, penempatan kata kunci dan memilih template blog yang SEO Friendly. Dan yang paling utama saya jadi paham alasan pentingnya bagi blogger untuk belajar apa itu SEO. Menulis memang mengasyikkan tetapi jika tulisan tersebut tidak menjangkau khalayak lebih luas sayang sekali bukan?

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.