Google+ Followers

Monday, December 12, 2016

Subuh Raya 12.12.2016

Sholat Subuh Raya 12,12.2016 di Masjid Al Ukhuwwah.

Alhamdulillah sholat subuh berjamaah di masjid mungkin kadang perlu undangan. Undangan yang disebar takmir masjid Al Ukhuwwah mungkin ratusan jumlahnya, jamaah yang datang belum sampai ratusan tapi cukup berlimpah, lebih besar jumlahnya dari biasanya. Usai sholat mendengarkan tausyiah.

Teriring sholawat dan salam pada Nabi kita, Rasulullah SAW, Imam merangkap khatib mengulas tentang sifat dan ciri Nabi Muhammad (dan umatnya) yang dipaparkan dalam Al Quran.
Ciri khas Rasulullah (dan umatnya) menurut QS Al Fath ayat 29:

1. Keras terhadap orang kafir tetapi berkasih sayang pada mereka. Keras, keras dalam menegakkan syariat Islam, ketauhidan, menegakkan aturan Allah di muka bumi. Tetapi tetap lemah lembut, kasih sayang. Pasti sudah pada hafal dan terharu jika mengenang kelemahlembutan Rasulullah tentang pengemis Yahudi buta yang selalu mencacinya tetapi Rasulullah membalasnya dengan senantiasa menyuapi setiap hari hingga sang pengemis masuk Islam ketika beliau tiada. Kisah tentang betapa mulia Rasulullah kita yang tak dendam pada orang yang meludahinya ketika berdakwah, beliau membalasnya dengan doa agar si pencela mendapatkan hidayah.
2. Ruku' dan sujud. Sholat adalah tiang agama. Kalau ada yang mencaci: buat apa ruku sujud jungkir balik kalau sama orang lain nggak baik, mending ga sholat tapi baik sama sesama. Kata pak khotib itu bukan umat Nabi Muhammad, tapi orang kurang waras :D yang benar adalah sholat dijalankan dengan baik, dengan sesama juga berbuat baik. Hablum minallah dan hablum minannaas.
3. Terdapat tanda-tanda pada muka mereka dari bekas sujud. Maksud dari ruku, sujud dan sholatnya umat Nabi Muhammad itu menampakkan bekas adalah bekas pada perilaku, bukan bekas *kapalan* tetapi membekas dalam hati karena kekhusyuan dan keikhlasannya. Bekas pada wajahnya yang selalu tampak cerah dan ramah, Sholatnya membekas pada perilakunya yang menjaga Hablum minallah dan hablum minannaas.
Tak terasa di sudut mata pelan-pelan ada kristal menggenang ketika mengenang sosok mulia sepanjang zaman. Begitu mulianya hingga namanya tercantum sebagai nama surat dalam Al Quran. Semoga sependek atau sepanjang apapun umur kita, mampu meneladani kemuliaan Rasulullah membawa semangat Islam rahmatan lil alamiin mencerahkan dunia...aamiin
Allahumma shalli alaa Muhammad...

Usai sholat subuh dilanjutkan diskusi tentang pemberdayaan masjid bagi umat. Ada jamaah yang mengusulkan belajar pada Masjid Jogokariyan (masih menjadi favorit keteladanan). Ada yang mengingatkan pentingnya menumbuhkan kecintaan pada masjid agar rajin mendatangi majelis ilmu, sholat berjamaah dan kegiatan yang dilaksanakan.

Semua usulan bermuara pada satu hal: indahnya Ukhuwwah, betapa kecintaan kepada agama Allah menjadi ghirah. Mari mencintai masjid di sekitar kita dengan memakmurkannya, menjadikannya tidak sekedar tempat beribadah tetapi juga tempat bersosialisasi, memperkuat ukhuwwah dan memberdayakannya secara ekonomi. Dan terpenting, tumbuhkanlah kecintaan pada masjid sejak dini

2 comments:

  1. saya senang jika membaca atau mendengar cerita2 ttg nabi Muhammad SAW. Membayangkan bagaimana lemah lembutnya beliau

    ReplyDelete