Google+ Followers

Wednesday, September 17, 2014

Masyarakat Melek Finansial Demi Kesejahteraan Nasional

    Kesejahteraan sebuah negara secara langsung ditentukan oleh tingkat kesejahteraan yang dimiliki masyarakatnya. Adam Smith dalam buku Wealth Of Nations gubahannya memaparkan bahwa setiap warga negara memiliki peran dalam mengupayakan kesejahteraan. Hal ini dikemukakan Adam Smith dalam kutipannya “as every individual, therefore, endeavours as much as he can both to employ his capital in the support of domestic industry and so to direct that industry that is produce may be of the greatest value” yang artinya sebagaimana setiap individu berupaya mengusahakan modal miliknya semaksimal mungkin demi mendukung industri dalam negeri yang diharapkan dapat menghasilkan nilai kemakmuran lebih besar.
     Lebih lanjut Adam Smith memaparkan bahwa subyek dari tiap Negara selayaknya mampu memberikan kontribusi melalui dukungan kepada pemerintah sesuai proporsi kemampuan mereka dan sebaliknya pemerintah juga melindungi pendapatan rakyatnya agar dapat dinikmati secara aman dan proporsional. Dari kutipan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa antara rakyat dan Negara selayaknya bekerjasama untuk mewujudkan kemakmuran. Rakyat tidak hanya wajib bekerja keras menghidupi diri dan keluarganya namun selayaknya juga melek finansial agar mampu mengelola pendapatannya secara optimal. Sementara kewajiban Negara adalah memberikan perlindungan dengan cara menciptakan iklim social politik yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi serta menegakkan regulasi untuk melindungi modal yang ditanamkan rakyat dalam sebuah investasi. Salah satu bentuk perlindungan pemerintah terhadap modal yang ditanamkan masyarakat melalui investasi adalah ditetapkannya berbagai regulasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
      Investasi yang diupayakan perseorangan bisa berupa bentuk simpanan di lembaga-lembaga keuangan baik itu berupa tabungan, deposito dan giro, investasi di pasar modal dan reksadana serta investasi dalam bentuk asuransi. Salah satu satu harian nasional, Kompas dalam salah satu artikel finansialnya memaparkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia akan produk asuransi tergolong cukup tinggi. Namun sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan animo masyarakat terhadap pembelian produk asuransi (Kompas 20 Mei 2014).
       Rendahnya animo masyarakat terhadap pembelian produk asuransi sebagai salah satu tolak ukur kesadaran melek finansial dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :
  1.  Kurangnya daya tarik produk asuransi yang ditawarkan
  2.  Anggapan bahwa pencairan dana asuransi terlalu berbelit karena harus melalui  birokrasi cukup rumit
  3.  Hasil pengembangan dana asuransi dianggap kurang signifikan
  4.  Prosedur mempelajari produk asuransi dan membayar premi menyita waktu    pihak nasabah
  5.  Keyakinan bahwa asuransi tidak sesuai dengan kaidah agama
     Fakta bahwa tingkat penetrasi masyarakat terhadap produk asuransi yang bervariasi menjadi tantangan bagi perusahaan asuransi untuk mengubah asumsi-asumsi penghalang masyarakat membeli produk asuransi. Pelayanan memuaskan, produk menguntungkan adalah faktor utama bagi masyarakat lebih sadar berinvestasi. PT. SunLife melalui misinya untuk membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dengan kemapanan finansial menawarkan berbagai produk asuransi demi menjawab keraguan-keraguan calon nasabahnya.

Gambar diambil dari sini
  1. Apa benar asuransi tidak sesuai dengan kaidah agama ?
PT. SunLife Financial Indonesia menjawabnya dengan meluncurkan Sun Life Financial syariah dengan produk unggulannya Brilliance Hasanah Sejahtera dan Brilliance Hasanah Protection Plus. Produk berbasis nilai dan konsep syariah ini dilengkapi dengan program pelatihan dan sertifikasi syariah. Brilliance Hasanah Sejahtera merupakan produk investasi dan proteksi yang dapat membantu mewujudkan rencana-rencana masa depan seperti modal usaha, ibadah haji, atau umroh, biaya pendidikan, tabungan hari tua dan lainnya dengan konsep-konsep syariah. Sedangkan Brilliance Hasanah Protection Plus merupakan unit linked yang dirancang khusus untuk proteksi jiwa dan investasi berbasis prinsip-prinsip syariah. Dana investasi akan ditanam di berbagai instrument investasi berdasarkan konsep syariah. Keseriusan SunLife memperhatikan penerapan kaidah-kaidah syariah membuahkan hasil dengan diraihnya penghargaan berturut-turut di tahun 2013 kategori The Best Risk Management Islamic Life Insurance dengan asset di bawah 100 Miliar rupiah dari Karim Consulting Group dan tahun 2014 untuk kategori Peringkat Pertama The Best Risk Management Islamic Life Insurance dengan asset di bawah 150 Miliar rupiah dari Karim Consulting Indonesia.

2. Benarkah asuransi sama halnya dengan menabung hasilnya tidak            signifikan, berbeda dengan bermain saham ?
PT. SunLife Financial Indonesia memiliki berbagai produk asuransi. Tidak hanya berfungsi sebagai proteksi namun beberapa di antaranya memiliki keunggulan berfungsi layaknya investasi. Produk SunLife yang berfungsi sebagai simpanan dan investasi adalah Sun Fortune Link, Brilliance Fortune, Brilliance Sejahtera dan Brilliance One Protection Plus. Sun Fortune Link memberikan akses berinvestasi melalui berbgai pilihan sesuai profil resiko investasi dan kebutuhan. Brilliance Fortune merupakan kombinasi dari asuransi dan investasi yang membantu mewujudkan rencana jangka panjang. Brilliance Sejahtera membantu mencapai kebutuhan perencanaan keuangan jangka panjang dan mempertimbangkan profil resiko pribadi dalam berinvestasi. Brilliance One Protection Plus merupakan unit linked kontribusi tunggal yang dirancang khusus untuk proteksi jiwa dan investasi dengan pengelolaan diawasi manajer investasi terpercaya berkelas dunia. Keunggulan-keunggulan ini menunjukkan bahwa SunLife sangat serius mengelola dana premi Tertanggung agar berkembang menjadi investasi yang menguntungkan.

3. “Ah nggak ada waktu buat mempelajari produk asuransi, apalagi membayar preminya mesti harus setor ke kantor”
SunLife menawarkan berbagai kemudahan untuk pihak Tertanggung maupun calon nasabahnya. Layanan nasabah melalui surat elektronik (e-mail): SLI_Care@sunlife.com membantu memberikan berbagai informasi terkait polis asuransi, produk dan layanan lainnya. SunLife juga menyediakan call center Pusat Layanan Nasabah di 0210500SUN (786). SunLife mempermudah proses pembayaran premi melalui Virtual Account CIMB Niaga sehingga menghemat waktu nasabahnya karena dapat dilakukan melalui transfer ATM dari CIMB dan berbagai bank lainnya serta melalui internet banking.

4. Malas ikut asuransi, prosesnya berbelit, pencairan dananya rumit”
SunLife memberikan berbagai layanan agar nasabah merasa nyaman dan  aman. Nasabah dapat mengirimkan data-data melalui faksimili di 021-52890099 dilengkapi nama, nomor polis dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Nasabah dapat juga mengirimkan surat kepada Pusat-Pusat Layanan Nasabah di kota-kota besar seperti tercantum di website www.sunlife.co.id. Untuk mempermudah proses klaim, SunLife mewajibkan nasabah mengisi formulir klaim standard yang telah ditentukan. Formulir tersebut dapat diakses langsung di website www.sunlife.co.id.

     Biaya hidup terus merangkak naik. Besaran kenaikan gaji tidak selalu berbanding lurus dengan tingginya angka inflasi. Pengelolaan keuangan yang cermat, hidup hemat dan berupaya meningkatkan pendapatan keluarga melalui cara halal dan tidak melanggar hukum merupakan langkah-langkah agar mampu bertahan hidup tanpa mengambil hak orang lain. Memiliki produk asuransi yang berfungsi sekaligus sebagai proteksi dan investasi merupakan langkah bijaksana yang dapat diupayakan sebuah keluarga. Memilih perusahaan asuransi atau instrument investasi selayaknya harus mempertimbangkan faktor keamanan. Hindari menanamkan investasi di lembaga yang tidak memiliki badan hukum dan iming-iming tidak wajar. Pelajari latar belakang bisnis sebuah lembaga keuangan, organisasi atau perorangan yang menawarkan kerjasama investasi.
Gambar diambil dari Tabloid Kontan
      Tolak ukur lembaga investasi atau perusahaan asuransi terpercaya dapat dipelajari dari laporan keuangan, penghargaan yang pernah diperoleh dan komitmennya terhadap masyarakat Indonesia. SunLife menunjukkan komitmennya untuk mewujudkan visi perusahaan menjadi salah satu dari lima perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia melalui berbagai terobosan dan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya. Selain berbagai produk asuransi unggulan, SunLife melaporkan kondisi keuangan secara transparan dari tahun 2005 hingga tahun terbaru yang dapat diakses dengan mudah di website www.sunlife.co.id. Berbagai penghargaan diperoleh SunLife diantaranya Juara 4 Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) untuk kategori asuransi jiwa dan kesehatan dari Carre-CSL dan majalah Service Excellence di tahun 2013 dan Peringkat 3 The Profitable Insurance dengan aset di bawah Rp 150 miliar dari Karim Consulting Indonesia di tahun 2014
       Sebagai komitmennya membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dengan kemapanan finansial, SunLife melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab social perusahaan banyak memberikan bantuan untuk dunia pendidikan baik material maupun peningkatan kualitas pendidikan melalui program-program pengajaran dengan mengajak organisasi terkait seperti pengajaran matematika menggunakan metode GASING di Yogyakarta sehingga belajar matematika menjadi GAmpang, Asyik dan MenyenaNGkan. CSR SunLife juga menunjukkan kepedulian sosial terhada[ masyarakat pada umumnya seperti pemberian bantuan bagi korban bencana alam dan berperan dalam pengadaan fasilitas bagi program pemerintah Indonesia Pintar yang dimotori Solidaritas Istri Kabinet Bersatu.
       Semakin besar tingkat melek finansial sebuah masyarakat maka kesejahteraan pun semakin meningkat. Semakin tinggi pendapatan rata-rata keluarga akan berbanding langsung dengan tingkat kesejahteraan dan pendapatan perkapita nasional.

Daftar Pustaka
1. www.sunlife.co.id
2. www.kompas.com
3. http://finansial.bisnis.com
4. www.wikipedia.com

9 comments:

  1. aku juga punya beberapa asuransi, Mbak

    ReplyDelete
  2. Asuransi itu memang penting, tapi kita juga tidak boleh asal-asalan memilih asuransi ... boleh juga nih kalo kita memilih Sun Life Financial syariah yang memiliki beberapa keunggulan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak Enni, bersiap daftar Brilliance Hasanah Protection Plus deh :)

      Delete
  3. aih thx infonya jd ga ragu lg deh berasuransi menggunakan Sun Life :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih senang bisa berbagi informasi yang penting sekali :)

      Delete
  4. seharusnya memang begitu, masyarakat harus sadar dan tahu tentang finansial ya kak :)

    ikutan lomba yuk di blog dicuekin.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap. benar sekali melek finansial membantu masyarakat meraih kesejahteraan hidup lebih tinggi :)

      Delete