Kesejahteraan sebuah negara secara
langsung ditentukan oleh tingkat kesejahteraan yang dimiliki masyarakatnya.
Adam Smith dalam buku Wealth Of Nations gubahannya memaparkan bahwa setiap
warga negara memiliki peran dalam mengupayakan kesejahteraan. Hal ini dikemukakan
Adam Smith dalam kutipannya “as every individual, therefore, endeavours as much
as he can both to employ his capital in the support of domestic industry and so
to direct that industry that is produce may be of the greatest value” yang
artinya sebagaimana setiap individu berupaya mengusahakan modal miliknya
semaksimal mungkin demi mendukung industri dalam negeri yang diharapkan dapat
menghasilkan nilai kemakmuran lebih besar.
Lebih lanjut Adam Smith memaparkan bahwa
subyek dari tiap Negara selayaknya mampu memberikan kontribusi melalui dukungan
kepada pemerintah sesuai proporsi kemampuan mereka dan sebaliknya pemerintah
juga melindungi pendapatan rakyatnya agar dapat dinikmati secara aman dan
proporsional. Dari kutipan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa antara
rakyat dan Negara selayaknya bekerjasama untuk mewujudkan kemakmuran. Rakyat
tidak hanya wajib bekerja keras menghidupi diri dan keluarganya namun
selayaknya juga melek finansial agar mampu mengelola pendapatannya secara
optimal. Sementara kewajiban Negara adalah memberikan perlindungan dengan cara
menciptakan iklim social politik yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi serta
menegakkan regulasi untuk melindungi modal yang ditanamkan rakyat dalam sebuah
investasi. Salah satu bentuk perlindungan pemerintah terhadap modal yang
ditanamkan masyarakat melalui investasi adalah ditetapkannya berbagai regulasi
oleh Otoritas Jasa Keuangan.
Investasi yang diupayakan perseorangan bisa
berupa bentuk simpanan di lembaga-lembaga keuangan baik itu berupa tabungan,
deposito dan giro, investasi di pasar modal dan reksadana serta investasi dalam
bentuk asuransi. Salah satu satu harian nasional, Kompas dalam salah satu
artikel finansialnya memaparkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia akan
produk asuransi tergolong cukup tinggi. Namun sayangnya hal ini tidak diimbangi
dengan animo masyarakat terhadap pembelian produk asuransi (Kompas 20 Mei
2014).
Rendahnya animo masyarakat terhadap pembelian
produk asuransi sebagai salah satu tolak ukur kesadaran melek finansial dapat
disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :
- Kurangnya daya tarik produk asuransi yang ditawarkan
- Anggapan bahwa pencairan dana asuransi terlalu berbelit karena harus melalui birokrasi cukup rumit
- Hasil pengembangan dana asuransi dianggap kurang signifikan
- Prosedur mempelajari produk asuransi dan membayar premi menyita waktu pihak nasabah
- Keyakinan bahwa asuransi tidak sesuai dengan kaidah agama
Fakta bahwa tingkat penetrasi masyarakat
terhadap produk asuransi yang bervariasi menjadi tantangan bagi perusahaan
asuransi untuk mengubah asumsi-asumsi penghalang masyarakat membeli produk
asuransi. Pelayanan memuaskan, produk menguntungkan adalah faktor utama bagi
masyarakat lebih sadar berinvestasi. PT. SunLife melalui misinya untuk membantu
keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dengan kemapanan finansial menawarkan
berbagai produk asuransi demi menjawab keraguan-keraguan calon nasabahnya.
Gambar diambil dari sini |
- Apa benar asuransi tidak sesuai dengan kaidah agama ?
PT. SunLife Financial Indonesia menjawabnya dengan meluncurkan Sun Life Financial syariah dengan produk unggulannya Brilliance Hasanah Sejahtera dan Brilliance Hasanah Protection Plus. Produk berbasis nilai dan konsep syariah ini dilengkapi dengan program pelatihan dan sertifikasi syariah. Brilliance Hasanah Sejahtera merupakan produk investasi dan proteksi yang dapat membantu mewujudkan rencana-rencana masa depan seperti modal usaha, ibadah haji, atau umroh, biaya pendidikan, tabungan hari tua dan lainnya dengan konsep-konsep syariah. Sedangkan Brilliance Hasanah Protection Plus merupakan unit linked yang dirancang khusus untuk proteksi jiwa dan investasi berbasis prinsip-prinsip syariah. Dana investasi akan ditanam di berbagai instrument investasi berdasarkan konsep syariah. Keseriusan SunLife memperhatikan penerapan kaidah-kaidah syariah membuahkan hasil dengan diraihnya penghargaan berturut-turut di tahun 2013 kategori The Best Risk Management Islamic Life Insurance dengan asset di bawah 100 Miliar rupiah dari Karim Consulting Group dan tahun 2014 untuk kategori Peringkat Pertama The Best Risk Management Islamic Life Insurance dengan asset di bawah 150 Miliar rupiah dari Karim Consulting Indonesia.
PT. SunLife Financial Indonesia memiliki berbagai produk asuransi. Tidak hanya berfungsi sebagai proteksi namun beberapa di antaranya memiliki keunggulan berfungsi layaknya investasi. Produk SunLife yang berfungsi sebagai simpanan dan investasi adalah Sun Fortune Link, Brilliance Fortune, Brilliance Sejahtera dan Brilliance One Protection Plus. Sun Fortune Link memberikan akses berinvestasi melalui berbgai pilihan sesuai profil resiko investasi dan kebutuhan. Brilliance Fortune merupakan kombinasi dari asuransi dan investasi yang membantu mewujudkan rencana jangka panjang. Brilliance Sejahtera membantu mencapai kebutuhan perencanaan keuangan jangka panjang dan mempertimbangkan profil resiko pribadi dalam berinvestasi. Brilliance One Protection Plus merupakan unit linked kontribusi tunggal yang dirancang khusus untuk proteksi jiwa dan investasi dengan pengelolaan diawasi manajer investasi terpercaya berkelas dunia. Keunggulan-keunggulan ini menunjukkan bahwa SunLife sangat serius mengelola dana premi Tertanggung agar berkembang menjadi investasi yang menguntungkan.
3. “Ah nggak ada waktu buat mempelajari produk asuransi, apalagi membayar preminya mesti harus setor ke kantor”
SunLife menawarkan berbagai kemudahan untuk pihak Tertanggung maupun calon nasabahnya. Layanan nasabah melalui surat elektronik (e-mail): SLI_Care@sunlife.com membantu memberikan berbagai informasi terkait polis asuransi, produk dan layanan lainnya. SunLife juga menyediakan call center Pusat Layanan Nasabah di 0210500SUN (786). SunLife mempermudah proses pembayaran premi melalui Virtual Account CIMB Niaga sehingga menghemat waktu nasabahnya karena dapat dilakukan melalui transfer ATM dari CIMB dan berbagai bank lainnya serta melalui internet banking.
4. “Malas ikut asuransi, prosesnya berbelit, pencairan dananya rumit”
SunLife memberikan berbagai layanan agar
nasabah merasa nyaman dan aman. Nasabah
dapat mengirimkan data-data melalui faksimili di 021-52890099 dilengkapi nama,
nomor polis dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Nasabah dapat juga
mengirimkan surat kepada Pusat-Pusat Layanan Nasabah di kota-kota besar seperti
tercantum di website www.sunlife.co.id. Untuk mempermudah proses klaim, SunLife
mewajibkan nasabah mengisi formulir klaim standard yang telah ditentukan.
Formulir tersebut dapat diakses langsung di website www.sunlife.co.id.
Biaya
hidup terus merangkak naik. Besaran kenaikan gaji tidak selalu berbanding lurus
dengan tingginya angka inflasi. Pengelolaan keuangan yang cermat, hidup hemat
dan berupaya meningkatkan pendapatan keluarga melalui cara halal dan tidak
melanggar hukum merupakan langkah-langkah agar mampu bertahan hidup tanpa
mengambil hak orang lain. Memiliki produk asuransi yang berfungsi sekaligus
sebagai proteksi dan investasi merupakan langkah bijaksana yang dapat
diupayakan sebuah keluarga. Memilih perusahaan asuransi atau instrument
investasi selayaknya harus mempertimbangkan faktor keamanan. Hindari menanamkan
investasi di lembaga yang tidak memiliki badan hukum dan iming-iming tidak
wajar. Pelajari latar belakang bisnis sebuah lembaga keuangan, organisasi atau
perorangan yang menawarkan kerjasama investasi.
Gambar diambil dari Tabloid Kontan |
Sebagai
komitmennya membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dengan kemapanan
finansial, SunLife melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) atau
tanggung jawab social perusahaan banyak memberikan bantuan untuk dunia
pendidikan baik material maupun peningkatan kualitas pendidikan melalui
program-program pengajaran dengan mengajak organisasi terkait seperti pengajaran
matematika menggunakan metode GASING di Yogyakarta sehingga belajar matematika
menjadi GAmpang, Asyik dan MenyenaNGkan. CSR SunLife juga menunjukkan
kepedulian sosial terhada[ masyarakat pada umumnya seperti pemberian bantuan
bagi korban bencana alam dan berperan dalam pengadaan fasilitas bagi program
pemerintah Indonesia Pintar yang dimotori Solidaritas Istri Kabinet Bersatu.
Semakin
besar tingkat melek finansial sebuah masyarakat maka kesejahteraan pun semakin
meningkat. Semakin tinggi pendapatan rata-rata keluarga akan berbanding
langsung dengan tingkat kesejahteraan dan pendapatan perkapita nasional.
Daftar Pustaka
1. www.sunlife.co.id
2. www.kompas.com
3. http://finansial.bisnis.com
4. www.wikipedia.com
Daftar Pustaka
1. www.sunlife.co.id
2. www.kompas.com
3. http://finansial.bisnis.com
4. www.wikipedia.com
aku juga punya beberapa asuransi, Mbak
ReplyDeletepasti SunLife salah satunya ya ;)
DeleteAsuransi itu memang penting, tapi kita juga tidak boleh asal-asalan memilih asuransi ... boleh juga nih kalo kita memilih Sun Life Financial syariah yang memiliki beberapa keunggulan2
ReplyDeleteYa mbak Enni, bersiap daftar Brilliance Hasanah Protection Plus deh :)
Deleteaih thx infonya jd ga ragu lg deh berasuransi menggunakan Sun Life :)
ReplyDeleteaih senang bisa berbagi informasi yang penting sekali :)
Deleteyap. benar sekali melek finansial membantu masyarakat meraih kesejahteraan hidup lebih tinggi :)
ReplyDeletetapi asuransi syariah ada kok ..
ReplyDelete