catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

It's Not Just A School

Dahulu, waktu masih pertama menjadi wali santri, saya ngga paham waktu wali-wali santri ngobrol di WAG "hari ini perfotoan konsul ya" lain waktu mereka ngobrolin 'nah ini dia perfotoan kelas".
Ternyata ini tradisi di PMDG setiap menjelang akhir semester, terutama semester akhir tahun ajaran. Dan saat Khutbatul Arsy, bersama rekan sekelas dan wali kelas

Beruntung wali santri zaman sekarang bisa mendapatkan kiriman foto-foto itu. Entah dari sesama wali santri yang kebetulan sedang berkunjung ke pondok dan turut mengabadikan perfotoan. Atau dari kiriman ustadz yang baik hati. Atau copas sembunyi-sembunyi dari akun media sosial.
 Setiap jepretan kamera yang pasti mampu merekam kenangan, meskipun sebagian. Tak menjadi masalah ketika segera usai pemotretan tersebut para santri tak bisa langsung melihat hasilnya. Sebab tak diperkenankan membawa handphone. Toh sebagian besar orang tuanya pasti menyimpan kenangan demi kenangan itu. Menjadi saksi perjuangan.
 Hampir setiap sudut ikon pondok menjadi latar belakang. Dan tentu berbagai pose bersama rekan seperjuangan.


Tak ketinggalan berpose bersama ustadz yang dihormati penuh kesantunan. Yang telah susah payah mendidik dan memberikan bimbingan.

Tahun beranjak pergi. Warna Loha berganti. Teman-teman bertambah. Ujian kehidupan berubah-ubah.
Mereka yang tak pernah mengalami menganggap para pejuang ini insan-insan gagah.
Yang belum pernah mencecap dan merasai kisahnya sendiri entah sebagai santri atau wali bisa hepi-hepi selfie di depan masjid raya.
Sebagian besar menganggap lolos seleksi adalah garis finish padahal hanya permulaan dari perjuangan besar di depan mata.
Diam-diam setiap mengumpulkan kenangan, setiap itu pula orang tua mereka merapal doa sekuat tenaga agar mampu bertahan hingga akhir perjuangan.



Kini saya paham jika alumninya berkata it's not just a school, it's home, it's dream, it's a story, it's history.
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.