catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Survey Online, Bisakah Jadi Sumber Penghasilan?


Di salah satu laman survey online yang saya ikuti, ada yang bertanya: apakah survey online bisa menjadi sumber penghasilan?
Bagi saya yang mengais rezeki di dunia maya pertanyaan ini menarik untuk didiskusikan. Sudah kenal dunia survey online? Survey online adalah kegiatan menjawab kuisioner dari beberapa channel perusahaan survey untuk suatu kepentingan. Bisa untuk mengetahui pendapat kita sebagai calon konsumen mengenai harga, kemasan dan varian suatu produk yang akan diluncurkan, kebiasaan dalam berinternet ria, manfaat suatu produk, atau opini tentang suatu peristiwa dan lain-lain. Hasil dari survey tersebut berupa poin. Poin-poin tersebut dikumpulkan hingga sejumlah tertentu agar dapat ditukarkan hadiah atau imbalan. Imbalan ini bisa berupa pulsa, saldo pay pal, voucher belanja dan lain-lain.

Tetapi apakah survey-survey online itu bisa diharapkan sebagai sumber penghasilan? Sepengetahuan saya, dan sesuai pengalaman, jika diharapkan sebagai penghasilan utama rasanya belum. Tetapi untuk penghasilan sampingan yaa lumayan. Dari survey online saya telah beberapa kali mendapatkan voucher belanja yang bisa digunakan untuk belanja bulanan di minimart dan pulsa. Lumayan, untuk pulsa ngga perlu beli, karena bisa tukar poin. Voucher belanja juga membantu menghemat biaya belanja bulanan. Teman saya ada yang memilih mengumpulkan poin untuk ditukar dalam bentuk dollar.

Setidaknya saya menjadi anggota lembaga survey dari lima perusahaan:
1.   Rakuten Insight Survey

Dulu namanya AIP Survey sebelum diakuisisi Rakuten. Ini lembaga survey sudah lama saya ikuti. Saya sering menukar poinnya menjadi Sodexo. Mengumpulkan poin surveynya juga lumayan mudah. Poin sejumlah 500 sudah bisa ditukar Shopping Voucher Code Tokopedia nominal 25 ribu rupiah. Pilihan imbalan lain adalah Lazada Voucher Code, Voucher MAP, Pizza HUT, JAG Voucher.

2.   Toluna
Lembaga survey yang sering memberi saya pulsa dan voucher belanja “gratis” adalah Toluna. 

Selain pulsa, pilihan imbalan di Toluna adalah saldo Pay Pal, E-Voucher Indomaret, Alfamart/Alfamidi, Voucher Code Grab.

3.   Nusaresearch
Ini tergolong lembaga survey yang baru saya ikuti. 

Saya biasa menukar poin menjadi saldo GoPAy. Pilihan lain adalah E-Wallet, Line dan Mobile Pulsa. Jika ingin voucher belanja Sodexo bisa masuk ke Reward Centre.

4.   Surveyon

Pilihan imbalannya baru pulsa dan Pay Pal, tapi poinnya gede-gede, sekali survey bisa 4000-an poin, poin 11 ribu sudah bisa ditukar pulsa 10 ribu
5.   Yougov


ni paling gress buat saya. Imbalannya lumayan sih buat isi waktu, poin 5000 bisa ditukar pulsa 200 ribu. Tapi harus sabar nabung poin, sebab sekali survey poinnya beberapa ratus poin saja.

Nah mau dapat pulsa dan voucher belanja gratis? Cobain deh. Tapi harus sabar dan ekstra sabar yaa. Terkadang kena error pas di tengah survey dan gak dapat poin hehehe.


Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.