catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Hikmah Kisah Bang Sandi

Kemarin 3 Desember 2019, Bang Sandiaga Uno berkunjung ke PMDG. Kehadiran beliau dalam rangka memenuhi undangan sebagai pembicara di "ASEAN Universities International Conference on Islamic Finance" di Universitas Darussalam Gontor.

Ingat Bang Sandi, saya teringat hikmah tempo hari. Tentang kisah ia pernah terPHK, pernah pula bisnisnya gulung tikar hampir ngga punya apa-apa tetapi yang membuatnya bangkit adalah ia mengamalkan membaca ayat "wa may yattaqillaha yaj'al lahuu makhrojaa, wa yarzuq-hu min haitsu laa yahtasib" berulang-ulang, semampunya seusai sholat dhuha.
.

Bang Sandi bukan santri atau kyai, saya juga bukan type orang yang suka menghafalkan "mantra-mantra" membaca amalan ayat ini itu sekian kali jika tidak menemukan riwayat pernah diajarkan Rasulullah. Tetapi saya mendapatkan hikmah dari kisahnya. Bahwa dengan bertaqwa itu Allah pasti membukakan pintu rezeki dari arah yang tak disangka, menuntun kita keluar dari segala masalah.
MasyaAllah...
Rezeki sempit, berbagai masalah menjepit, jalan keluarnya  "HANYA CUKUP DENGAN BERTAQWA" tapi kadang susah.
.
Bertaqwa doang bisa kaya? Bisa dapat rezeki? Arti taqwa itu apa sih kawan? Taqwa itu menjalankan semua perintahNya dan menjauhi laranganNya. Bukankah salah satu perintah Allah adalah bekerja, berikhtiar dan tawakal sesudahnya?
.
Di masa-masa kampanye yang panas itu, haters Sandi mengoloknya sebagai anak Mama, orang kaya yang gila kuasa. Loversnya memuja-muja wajah dan kekayaannya. Tapi saya memilih menemukan hikmah yang luar biasa.
.
Begitulah, hikmah bisa kita dapat dari siapa saja. Bahkan dari kegagalan, keburukan dan kesalahan seseorang, atau kekhilafan yang kita lakukan ada sesuatu yang bisa diambil sebagai pelajaran.

PS: Foto milik akun IG Pondok Modern Darussalam Gontor.
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.