catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Paxel Si Fenomenal, Jasa Ekspedisi Berbasis Aplikasi Digital


“Setiap kebaikan yang kita lakukan, pasti akan kembali memberikan kebaikan kepada diri kita”
~ Bapak Djohari Zein 
(Co-Founder Paxel)

Kalimat tersebut meluncur dengan nada pelan, kalem dari bibir sosok penting di balik geliat perusahaan jasa pengiriman yang sedang naik daun. Beruntung saya bisa hadir di acara Gathering Paxel – Blogger & Media dalam event Opening Paxel Surabaya 14 Februari 2019. Sudah pernah mendengar Paxel? Kalau belum segera install aplikasi Paxel dari Google Play & Apps Store. Masukkan kode referral dwiaprily dan dapatkan saldo cuma-cuma sebesar seratus ribu rupiah untuk menikmati layanan jasa pengiriman sameday harga flat. Sebuah inovasi dari perusahaan ekspedisi yang bertugas melakukan delivery dari shipment point hingga alamat end user. Yup, Paxel adalah jasa ekspedisi berbasis aplikasi digital dan bisa mengirimkan paket pada hari yang sama.

Jasa logistik terbukti memberikan andil besar pada pertumbuhan bisnis dan ekonomi di Indonesia. Keberadaan perusahaan ekspedisi menjadi tulang punggung distribusi produk-produk yang diperjual belikan agar mampu mencapai daerah pemasaran dan alamat pelanggan. Tidak hanya mempermudah proses jual-beli barang, kehadiran perusahaan logistik sangat dibutuhkan secara personal untuk urusan kirim paket.

Jujur saja, jika ada seseorang yang berteriak nyaring di luar pagar “Permisii..paket” apa yang Anda rasakan? Kalau saya, sebongkah kebahagiaan menyeruak dari dalam hati, membayangkan kiriman apa yang akan saya terima? Penerimanya bahagia, pengirim paketnya pun senang. Apalagi jika barang yang dikirimkan untuk seseorang bisa diserahterimakan pada hari yang sama alias sameday. Kebayang nggak jika suami buru-buru berangkat kerja lalau handphonenya ketinggalan di rumah sementara kita tidak mungkin gedubrakan mengejar bus, angkutan atau naik ojek online demi mengantarkan barang yang sangat penting untuk aktivitas pekerjaan beliau. Kehadiran perusahaan delivery yang bisa sesegera mungkin mengantarkan barang penting tersebut sangat diperlukan. Dan...Paxel hadir untuk #AntarkanKebaikan. Belum lagi peran jasa pengiriman sehari untuk bisnis frozen food. Nggak kebayang kan jika frozen food yang kita pesan baru datang tiga hari kemudian dalam kondisi tidak segar. Berbeda jika pesanan tersebut bisa segera diterima pembeli pada hari yang sama. Penjual dan pembeli sama-sama bahagia. Jadi, jelas sekali peran Paxel sebagai pencetus inovasi delivery on the same day.

Di acara gathering dalam rangka memperkenalkan kehadiran Paxel di Surabaya ini banyak hal menarik yang bisa saya dapatkan. Anggapan bahwa Paxel tak berbeda dengan perusahaan kurir biasa segera sirna. Apa pasalnya? Sebab saya menangkap visi dan misi mulia di balik bisnis ekspedisi yang dijalankannya.

Saya terkesan dengan ungkapan Bapak Djohari Zein bahwa Paxel hadir untuk #antarkankebaikan serta mengangkat derajat kurir yang biasanya dipandang sebelah mata dan digaji murah. Mengantarkan paket dengan selamat dalam waktu sesingkat-singkatnya adalah suatu kebaikan tiada tara. 

Para kurir juga diperlakukan secara manusiawi serta ditraining untuk mampu merasakan kebahagiaan ketika bekerja sehingga pekerjaannya bernilai ibadah dan bisa menumbuhkan kebahagiaan di hati para pelanggan Paxel. Dan yang menarik petugas kurir ini di Paxel dikenal sebagai Happiness Hero, sebab merekalah ujung tombak dalam mengantarkan kebahagiaan.

Visi dan Misi Paxel
Make The First Move – inilah visi utama Paxel. Artinya, untuk melakukan atau mengantarkan kebaikan jadilah pionir alias yang pertama melakukannya.

Memanfaatkan teknologi dan memanusiakan manusia, dua pesan ini yang tersirat dalam kinerja Paxel dan mampu membedakannya dengan perusahaan ekspedisi lainnya. Senada dengan pemaparan bapak Alexander Zulkarnain, Brand Ambassador Paxel, teknologi digital dan Sumber Daya Manusia ibarat Iron Man dan Tony Stark. Tanpa
pengendalian sisi manusiawi, teknologi mungkin tidak menyentuh sisi kemanusiaan dan bisa menjadi “jahat”. Tetapi dengan sisi manusiawi dari SDM maka teknologi bisa bermanfaat, persis seperti yang diterapkan dalam manajamen Paxel.
Kecanggihan teknologi dan sentuhan manusiawi ini tampil dalam makna Paxel, simbol dan warna yang menjadi identitas Paxel.
Paxel berasal dari kata Pax dan el. Pax artinya manusia/orang atau package. el dimaksudkan sebagai akronim dari acellerate yang artinya bergerak. Sehingga Paxel dapat diartikan sebagai paket atau orang yang bergerak dengan cepat. 
Warna seragam petugas Paxel didominasi warna ungu dan kuning. Ditinjau secara ilmu psikologis, ungu adalah lambang keanggunan, kemegahan dan kebijaksanaan. Kuning melambangkan kehangatan dan ketiadaan jarak. Logo Paxel adalah garis-garis warna kuning dan merah yang terhubung membentuk kubus. Warna merah adalah simbol dari keberanian.

Cara Mengoperasikan Aplikasi Paxel
Ingin mencoba jasa Paxel? Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan jasa Paxel:
1.   Unduh aplikasi Paxel dari google store atau IOS. Ikuti step by step instalasi hingga menerima kode verifikasi via SMS di nomor handphone yang didaftarkan.

2.   Masukkan kode referral dwiaprily, maka saldo 100 ribu akan otomatis ditop up dalam aplikasi Anda

3.   Pilih create shipment



4.   Isi kolom pick up dan destination
5 Pilih dimensi paket yang akan kita kirimkan, apakah small, medium atau large. Charge Paxel tergantung pada besarnya paket.
6.   Klik continue
7. Masukkan informasi penerima dan pengirim (identitas)
8.   Klik create shipment

Proses Pengiriman Paket Paxel
1.   Order akan diproses sistem dan diterima Happiness Hero
2.   Happiness Hero akan datang ke rumah sesuai estimate waktu pick up
3. Happiness Hero mengukur kembali dimensi paket yang akan dikirimkan apakah sesuai dengan informasi yang disubmit.

4. Sang Hero juga membantu untuk mempacking barang dengan rapi jali
5.   Paket akan diproses untuk dikirim ke tempat tujuan
6.   Pengirim bisa tracking posisi paket melalui aplikasi

Kelebihan Paxel

Dari pemaparan selama gathering dan pengalaman menggunakan jasa Paxel adalah:
Flat Price dan No Limit Distance
Ada nggak tarif ekspedisi yang berani mematok harga flat tanpa memperhitungkan jarak? Paxel menawarkan harga flat tanpa batasan jarak. Artinya ongkos kirim Surabaya – Jakarta dipatok sama dengan ongkos kirim yang berlaku di dalam Surabaya.
Jaminan mengantarkan paket sesuai schedule
Jika paket tidak terkirim sesuai schedule sameday maka credit yang terpotong akan dikembalikan
No cancellation
Gak bakal ada shipment atau order yang dicancel seperti yang mungkin kita alami ketika order ojek online
Preffered Time Slot for shipper and receiver.
Pengirim dan penerima paket bisa mengatur sendiri, kapan paket tersebut sebaiknya dikirim ke tujuan.
Value
Suka dengan motto Paxel: We are not delivering goods, we deliver experience. Tak sekadar mengantarkan barang, tetapi ada value di balik bisnisnya Salah satu yang perlu digarisbawahi adalah menekankan kejujuran dan keramahan Happiness Hero. Packaging/wrapping yang disediakan Paxel bertuliskan pesan dari Bung Hatta: “Tak Ada Harta Pusaka Yang Sama Berharganya dengan Kejujuran”
Keamanan
Penerima paket harus bersedia difoto dan membubuhkan tanda tangan elektronik. Hal ini sangat penting untuk verifikasi apakah paket diantarkan pada alamat, orang yang dituju atau diwakili seseorang yang bisa dikenali.
Efisien
Semua order untuk delivery paket yang diterima pada hari yang sama akan diantarkan pada hari itu juga. Berbeda dengan pengiriman ekspedisi yang biasanya menerapkan first receive, first to deliver. Efisiensi Paxel ini karena manajemen pengaturan tugas yang to tohe point: Hero jemput barang, barang masuk locker sesuai spesifikasi alamat dan Hero mengantarkan barang.

Kesan berbuat kebaikan begitu kuat tertanam pada bisnis Paxel. Cara memperlakukan customer, mengangkat derajat kurir alias Happiness Hero, berupaya melindungi paket semaksimal mungkin, bahkan pemberian top up credit sejumlah 100 ribu rupiah pada setiap customer yang mengunduh aplikasinya diniatkan untuk berbagi kebaikan. 

Bagaimana? tertarik mengirim paket menggunakan Paxel? Saya sih iyes. Apalagi para pebisnis toko online yang biasa packing barang sendiri, mengirim paket dalam jumlah kecil dan tidak memiliki pegawai khusus untuk urusan delivery. Paxel akan sangat membantu mengatasi keterbatasan wirausaha dan membantu proses pemasaran lebih efisien. 


Tidak mengherankan jika Paxel telah banyak digandeng sebagai mitra utama beberapa perusahaan terkemuka untuk mengirimkan paket-paket pentingnya seperti WWF, YPPI, Omiyago. 

Paxel juga dipercaya Timnas sepakbola Indonesia untuk mensupport urusan logistik dan ekspedisi perlengkapan saat berlatih maupun bertanding. 

Coverage Area

Saat ini Paxel baru beroperasi di kota-kota besar di Indonesia yaitu meliputi wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar. Namun besar kemungkinan jasa Paxel akan merambah kota-kota lainnya sebab aplikasi berbisnis digital sedang tumbuh pesat dan sangat sesuai dengan perkembangan zaman yang membutuhkan mobilitas tinggi.







Share:

8 comments:

  1. Rumahku Sidoarjo, sayangnya belum masuk area tercover. Semoga coverage area nya lebih dikembangkan lagi

    ReplyDelete
  2. Paxel membantu orang-orang yang gak pinter mbungkus kado. Ngirimnya acak-acakan, sampai barangnya rapi.

    ReplyDelete
  3. Keren nih Paxel.. smoga coverage areanya semakin luas. . biar antarkan kebaikannya semakin mudah ya. .

    ReplyDelete
  4. Kehadiran Paxel ini tentunya menjadi angin segar bagi industri pengiriman barang, kita jadi punya pilihan lain diluar yg ada sebelumnya

    ReplyDelete
  5. Semoga Padang segera tercover. Pingin ngirim2 ke sana

    ReplyDelete
  6. Rumahku di pojokannya Surabaya.. Jadi belum tercover..semoga next time semakin baik dan baik proses pelayanannya.. Aaamiiiiin

    ReplyDelete
  7. Keren banget ya Mbak ada kebijakan no cancellation, memang sangat memudahkan dan memanjakan pelanggan. Aku jual kopi bisa tambah asyik dong, moga-moga Paxel segera masuk ke Lamongan.

    ReplyDelete
  8. Menanti Paxel launching di kota lain, termasuk Lamongan. Pasti penjual online akan dipermudah.

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.