catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Idul Adha 1439 H

Assalamualaikum,

Sudah pesta daging qurban apa teman? Hari Raya Idul Adha 1439 H sudah berlalu tapi persediaan daging sebagian besar masih ada di kulkas kan hehe.
Hari raya tahun ini mengingatkan saya pada Idul Adha sekitar 3 tahun lalu. Saudi Arabia, wilayah tempat diselenggarakannya ibadah haji duluan lebaran daripada Idul Adha yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Tapi, buat saya ada perbedaan lain juga. Tiga tahun lalu saya "ikut" lebarannya Saudi karena waktu itu saya niat puasa Arofah saat yang berhaji wukuf di Arofah. Otomatis kan 10 Dzulhijjah keesokaan harinya. Dan Pemerintah Indonesia menetapkan 10 Dzulhijjah sehari lebih lambat dari Saudi. Sementara Muhammadiyah yang menggunakan sistem hisab hari raya qurbannya waktu itu sama dengan pemerintah Saudi. Jadilah saya lebaran haji bersama Muhammadiyah hehehe...Qodarullah Sholat Iedul Adha mau yang ikut Muhammadiyah atau pemerintah dua-duanya ada di dekat perumahan.

Tahun ini kebetulan penetapan Idul Adha Muhammadiyah bareng pemerintah, Rabu 22 Agustus 2018. Sementara wukuf di Arofah diselenggarakan Senin 20 Agustus. Nah lo saya jadi galau, mau ikut siapa nih. Memang ada dua fiqih mengenai "Puasa Arofah" ada yang mengartikan puasa Arofah adalah puasa saat yang berhaji wukuf di Arofah. Ada yang memaparkan bahwa puasa Arofah itu lebih pada waktu 9 Dzulhijjahnya bukan momentum saat wukuf sebab ada hadits yang menandaskan bahwa hitungan puasa merujuk pada hilal.

Sang Surya di 10 Dzulhijjah 1439 H, 22 Agustus 2018


Maka Bismillah yo wis 22 Agustus Idul Adhanya. Yang penting ada ijtihad untuk menentukan. Kalau saya mah bukan alasan "terserah pemerintah" tapi terserah Allah hasil akhirnya, ikhtiar sudah dilakukan. Kalau saya salah dalam menunaikan puasa Arofah semoga Allah mengampuninya.

Btw, warna langit saat Idul Adha kali ini cuanti sekali.


'Sesungguhnya dunia itu hanya 3 hari:

Hari kemarin yang tak akan pernah kembali dan sungguh ia telah pergi bersama yang ada padanya
Hari esok yang belum tentu kita bisa menemuinya
Dan hari ini yang sedang kita jalani" ~ Hasan Al Bashri



Maka memohon ampunlah atas kekhilafan di hari kemarin
Beramal shaleh sebanyak-banyaknya di hari ini demi keselamatan hari esok yang kita harapkan berakhir sebaik mungkin.
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.