Google+ Followers

Monday, April 23, 2018

Kajian Ustadz Abdul Somad di Masjid Al Akbar

Curhat bentar ya...

Sebulan, mungkin malah lebih, jaringan internet si kuning dan kadang-kadang merah di daerah perumahan saya tidak stabil. Akhirnya berimbas ke urusan ngeblog. Meski nulis status fb jalan terus #eh buat update blog agak males juga, blog jadi kurang terurus.

Begitu enggannya buka blog karena saking lolanya yang mengingatkan pentingnya istighfar, sampai-sampai tulisan tentang kajian Ustadz Abdul Somad 8 April 2018 di Masjid Al Akbar Surabaya baru saya posting di sini dua minggu setelah acaranya berlalu huhuhuhu.

Itu pun berupa link video dan foto-foto saja. Serta quote yang penting. Materinya bagus sih. Tentang: "Memantapkan ukhuwah Islamiyah, Basyoriyah dan Wathaniyah"


Temanya manteb banget. Sesuai dengan rasa ingin tahu saya berkaitan dengan isu jika "UAS benci orang non muslim" gara-gara potongan video tentang "kentang dan anjing", tapi saya ogah ikutan share potongan video yang tidak saya saksikan secara langsung kajiannya dengan utuh.

Dan ternyata ...begini isi ceramah Ustadz Abdul Somad di Kajian Ba'da Subuh pada intinya:


Ukhuwwah itu ada ukhuwwah Islamiyah, wathoniyah (kebangsaan/nasionalisme), basyariyah/insaniyah (sesama manusia/makhluk) "Jika sudah sama-sama meyakini laa ilaha ilallah jangan menganggap paling tinggi, menggunting dalam lipatan, menikam dari belakang.

Tak ada seorang pun yang bisa masuk.surga jika dalam hatinya ada sepercik kesombongan" "Mungkin engkau bukan saudaraku dalam hal aqidah tetapi engkau saudaraku dalam wathoniyah dan insaniyah" - UAS

Ada persaudaraan karena ikatan "laa ila ha ilallah" ada persaudaraan karena kemanusiaan. "Mungkin engkau bukan saudaraku dalam hal aqidah tetapi engkau saudaraku dalam wathoniyah dan insaniyah" - UAS

Jika ada yang berkata @Ustadzabdulsomad benci orang selain Islam suruh datanglah dengar ceramahnya dari awal sampai akhir. Jangan sekedar nonton potongan dari youtube dan dishare orang tak bertanggung jawab. Saya saksi mata mendengarkan sendiri kajian bada subuh di Masjid Al Akbar, Surabaya 8 April 2018 tak ada setitik pun ujaran kebencian.

Kalau ndak percaya monggo disaksikan sendiri, ini link videonya, resmi dari channel Masjid Al Akbar Surabaya


Eh ya ada sesi tanya jawabnya. Sekalian saya copas link ke sini, bisa untuk dicerna  kapan-kapan lagi

Menurut dewan takmir MAS, jamaaah yang hadir diperkirakan lebih dari 30 ribu orang. Saya juga bengong waktu datang, plat mobil jamaah banyak yang dari luar Surabaya-Sidoarjo.
Kami yang naik motor masih terjebak macet karena membludaknya jamaah yang hendak menuju masjid, apalagi yang naik mobil. Konon kemacetan saat bubar kajian itu sangat parah, hingga baru terurai dua jam kemudian. Semoga majelis ini membawa kebarokahan aamiin.



4 comments:

  1. Mbak videonya kok nggak bisa? Gara2 inet kali ya. Ntar deh mampir lagi. Penasaran. Pengen dengar dan lihat isi ceramah beliau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok mbak, ini aku posting pas jaringan lancar dan sudah kucek lancar jaya videonya :)

      Delete
  2. Assalamualaikum Uhti,
    Perkenalkan kami dari Ezzyh menjual busana muslim dan perlengkapan muslim yang berbasis di Bekasi Jawa Barat, Indonesia
    WA klik >> bit.ly/ezzyhstore

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumusalaam, terimakasih, saya terima jasa endorse barangkali berminat ukhti :)

      Delete