catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Google+ Followers

5 Tips P-I-N-D-Y Memilih Jajanan Bermutu untuk Si Buah Hati

“Hayo habis makan apa nih kok sampai kena radang tenggorokan?  Teguran dokter kali ini membuat saya gemes-gemes malu sama Radit. Untuk kesekian kali saya harus membawanya ke dokter dengan keluhan batuk meski tanpa pilek, ditambah mual muntah dan suhu badannya tinggi. Ternyata bukan batuk biasa yang ia derita, namun radang tenggorokan yang butuh waktu lebih lama untuk sembuh.
Malu karena mungkin saja dokter beranggapan saya ibu yang ceroboh. “Riwayat buku periksa” Radit di praktek dokter penuh dengan keluhan batuk dan pilek.

“Radang tenggorokan muncul karena makanan yang memicu dia alergi dan menderita radang lo bu”
“Ya dok, kalau di rumah saya bisa memastikan dia makan apa. Nah kalau di sekolah dia kan bisa nyuri-nyuri beli jajanan padahal sudah disiapkan bekal sendiri”

Daya tahan tubuh Radit memang cenderung lemah. Ia mudah sekali terserang batuk, pilek. Apalagi kalau sudah makan sesuatu yang menimbulkan alergi, batuk dan suhu tubuh meningkat. Bisa bolos sekolah minimal dua hari untuk istirahat di rumah.

Padahal sebagai ibu saya sudah sangat berhati-hati masalah makanan.  Bahkan menetapkan “rambu-rambu” memilih camilan bermutu. Lima tips memilih jajanan bermutu itu saya singkat menjadi PINDY


P – Pastikan kehalalannya
Sebagai muslim saya berusaha selalu memastikan segala minuman, makanan, pakaian yang kami kenakan dapat dipastikan kehalalannya. Cara paling aman adalah mendeteksi adanya label Halal MUI
I –  Icipi dulu untuk memastikan anak suka
Anak saya bukan yang rewel masalah makanan. Justru saya yang pilih-pilih cita rasa. Maka memastikan makanan tidak mubadzir saya icipi dulu makanan dan minuman yang akan diharapkan bisa menjadi camilan rutin, kira-kira para yunior suka atau tidak.
N – Nominal harga terjangkau
Emak-emak super irit seperti saya sangat memperhatikan harga jajanan demi keselamatan anggaran rumah tangga. Jangan sampai besar pasak daripada tiang hanya karena tergoda jajanan yang harganya di luar anggaran.
D – daya tahan untuk disimpan
Saya biasa menyimpan stok jajanan untuk keperluan snacking time dan bekal Radit ke sekolah. Tentu wajib memilih jajanan yang bisa disimpan dalam jangka waktu cukup lama tanpa merusak cita rasa.
Y – yakin aman dikonsumsi dan  ada kandungan gizinya
Bagaimana cara memastikan jajanan aman dikonsumsi? Cara paling mudah adalah memastikan jajanan tersebut terdaftar dalam Balai Pengawas Obat dan Makanan. Jika jajanan tersebut mengandung bahan kimia berbahaya tentu tidak lolos seleksi BPOM RI.
            Selidik punya selidik ternyata Radit batuk karena mencicipi permen rasa pedas dari temannya. Mungkin pedasnya bukan dari cabe murni, tapi ada tambahan zat yang menimbulkan alergi sehingga menjadi pemicu radang tenggorokan.
Bersyukur karena Radit termasuk anak yang patuh. Mengalami radang tenggorokan yang mengganggu, membuatnya lebih sadar untuk berhati-hati memilih makanan. Bekal dari rumah saya pastikan lebih dari cukup untuk keperluan dua kali jam istirahat.
“Ma, aku kalau pas pelajaran olahraga pasti lebih semangat kalau sambil mengulum permen” Wah ini. Gawat kalau dia tergoda permen pedas dari temannya tempo hari.
“Dik, daripada makan permen pedas, ini coba deh icipi PindySusu yang rasanya enak banget deh” Saya mengangsurkan Pindy Permen Susu rasa strawberry.
Dengan antusias ia merobek bungkus dan mengulum permen chewy ini di mulutnya. “wah Mama nggak bohong, permen ini enak sekali...aku mau dibawain yang banyaaak buat bekal sekolah ya Ma”

Nah, pilihan Mama ga pernah salah ‘kan. Alhamdulillah. Keceriaan terpancar dari wajahnya saat hendak berangkat sekolah dan mengikuti pelajaran olahraga.

            Pindy Susu memenuhi Tips PINDY ala saya dalam memilih jajanan sehat untuk keluarga..
P – pasti kehalalannya. Sudah ada label MUI

I –icip-icipnya berhasil. Rasanya enak. Saya sekeluarga sudah mencoba dan sukaa sekali, chewy tapi tidak lengket di gigi. Cita rasa susunya pas, tidak eneg.
N – nah, harganya terjangkau. Satu kemasan isi 50 butir @ 2,3 gram dijual seharga enam ribu hingga tujuh ribu rupiah. Murah tapi tidak murahan.
D – daya simpan pemen Pindy Susu ini cukup bagus. Tidak mudah meleleh di suhu kamar iklim tropis negara kita. Kadang sebel kan kalau pas ingin ngemil permen chewy ternyata lengket dengan kemasannya karena meleleh gara-gara udara panas. Pindy Susu ini stabil, jadi cocok dipakai bekal sekolah

Y- yakin aman dikonsumsi, sebab:
# (sekali lagi) berlabel halal MUI dan sudah terdaftar di BPOM RI MD 224510031005.

# Dilengkapi informasi kode produksi dan keterangan tanggal kadaluwarsa

# mengandung lemak susu anhidrat yang bisa membantu menyuplai energi dan bagus untuk perkembangan otak.
Seperti dilansir detikcom, 7 Juni 2016 "dalam lemak susu terkandung zat fosfolipid dan gangliosida yang berguna untuk tingkatkan perkembangan otak anak " 

Istimewanya lagi, Pindy Permen Susu punya media sosial yang informatif yaitu Facebook Permen Pindy atau IG @permenpindy_id.

Alhamdulillah sudah lebih dari seminggu sejak Radit mengonsumsi Pindy Susu tidak ada keluhan apapun yang ia derita. Mungkin yang mengeluh Mamanya, karena harus mengalah agar tidak berebut Pindy Permen Susu Strawberry and Milk Chewy Candy yang sama-sama menjadi favorit kami berdua, meski ada Pindy Susu varian Chocolate and Milk Chewy Candy dan Milk Chewy Candy sebagai alternatif pilihan rasa.

Share:

2 comments:

  1. Alhamdulillah ada pemenangnya yang halal dan tidak mengandung narkoba ya

    ReplyDelete
  2. Saya kadang kalo beli permen nggak suka kelewatan yang pertama, pastikan kehalalannya. Main beli aja, wah tenkyu diingatksm

    ReplyDelete

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.