Google+ Followers

Wednesday, July 26, 2017

Rahasia Mesin Motor 2x Lebih Bandel


    Bagi para bapak, kendaraan kesayangan itu bagai istri kedua. Pernyataan ini bukan isapan jempol belaka sebab suamiku berperilaku begitu juga. Motor matic kami satu-satunya dirawat sebegitu detailnya. Dicuci minimal seminggu sekali, dielus lagi pakai cairan pengkilap sampai kinclong banget. Dan yang terpenting pak suami sangat peduli pada perawatan mesin motor.

    Zaman baheula lelaki merawat kuda yang dikendarainya. Diberi makan rumput terbaik, kadang diberikan jejamuan agar larinya kencang dan napasnya panjang serta tak lupa diberikan perawatan ekstra berupa pijatan ringan untuk relaksasi ototnya.

    Nah kalau merawat mesin motor agar "panjang umur", bandel dan lebih efektif bagaimana caranya? Berhubung saya ga paham mesin maka saya tanya pak suami bagaimana tipsnya merawat mesin motor. Menurut beliau sih tips berikut ini wajib diterapkan dalam merawat motor:
  1. Panaskan mesin motor setiap hari meski tidak ada rencana keluar rumah menggunakan motor. Khusus untuk motor matic sebaiknya pemanasan mesin menggunakan starter kaki. Meski pemanasan mesin lebih praktis menggunakan tombol otomatis namun pemanasan dengan starter kaki membantu accu motor lebih tahan lama dan tak mudah kehilangan daya.
  2. Patuhi jadwal service motor secara berkala. Waktu service yang disarankan  adalah setiap kali motor telah melakukan perjalanan sepanjang 4000 kilometer. 
  3. Lakukan penggantian oli motor secara teratur. Saat ideal mengganti oli adalah setiap kali motor sudah melakukan perjalanan sepanjang 2000 kilometer. 
  4. Jangan memaksa motor membawa beban terlalu berat.
Agar tidak jadwal service motor dan ganti oli pengendara harus rajin memeriksa speedometer. Terlambat menservice motor atau telat mengganti oli bisa menyebabkan berbagai gangguan antara lain: mesin tersendat bahkan macet sama sekali dan tidak bisa berfungsi, piston dan cylinder rusak. Akibat terparah terpaksa turun mesin alias over haul. Berat di ongkos bukan? 

Tips Memilih Oli Motor

Memilih oli motor ngga sembarangan. Ada aturan-aturan baku yang sebaiknya dipatuhi demi kebaikan mesin motor kita sendiri. Poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih oli motor adalah:

1. Pastikan oli sesuai dengan jenis motor
      Oli motor matic berbeda dengan motor bebek biasa. Khusus motor matic memerlukan oli yang memiliki daya tahan lebih tinggi. Oli motor matic harus mampu berada dalam kondisi *dingin* agar mesin motor tetap berjalan stabil. 

2. Oli sesuai kebutuhan mesin dan kopling.
        Untuk motor matic diperlukan oli yang mengandung zat anti selip (kode JASO MA). Sedangkan motor non matic tidak membutuhkan oli khusus tersebut.
Pada motor matic mesin dan kopling merupakan satu kesatuan sehingga membutuhkan pelumas yang tak mudah lengket. Sehingga oli khusus motor matic ini membutuhkan zat anti selip. Adanya zat anti selip ini bisa dilihat pada label oli yang ditunjukkan oleh kode JASO MA. Oli dengan kode JASO MA memiliki kandungan zat aditiv senyawa dengan kampas kopling. Tujuannya adalah agar kopling tidak mudah selip dan meningkatkan daya gesekan di kopling. Kopling motor non matic memiliki karakter lebih basah karena terendam oli sehingga tidak memerlukan zat anti selip

3.  Pastikan oli mampu meningkatkan performa motor
          Oli merupakan zat pelumas yang fungsi utamanya adalah melindungi mesin motor agar tidak mudah aus oleh gesekan. Diharapkan dengan demikian performa motor lebih meningkat pesat. Oli khusus untuk meningkatkan performa motor matik ditandai dengani kode JASO MB. Kode ini menunjukkan adanya kandungan molybdenium atau zat aditiv 'friction modifier' yang bersifat mampu menambah tingkat pelumasan oli. Akibatnya performa motor matic pun meningkat pesat.
Oli produksi Federal Oil
Keunggulan Federal Oil

     Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan untuk memilih oli tersebut maka pak suami punya favorit tersendiri. Dia lebih suka merawat mesin motornya menggunakan Federal Oil. Sebagai orang lulusan teknik mesin sempat juga sih bereksperimen memakai beberapa merk oli motor. Eksperimen pak suami sampai tiga kali ganti merk oli demi membandingkan dan menemukan yang paling tepat serta membuat motornya aman dan ia merasa nyaman. Namun eksperimen tersebut akhirnya berujung pada pilihan oli motor terbaik: Federal Oil

               Federal Oil memang memiliki berbagai kelebihan antara lain harganya yang ekonomis dan adanya Heat Protection Technology. Kalau ada oli yang harganya sekitar lima ribu rupiah lebih murah dari berbagai merk oli lainnya tapi kualitasnya jauh lebih istimewa kenapa harus beli yang mahal? Namun yang terpenting adalah adanya Heat Protection Technology. Teknologi inilah yang disebut sebagai revolusi dingin ala Federal Oil. 

Kinerja Heat Protection Federal Oil 
                 Bagaimana Heat Protection Technology Federal Oil bekerja sehingga mampu mendinginkan mesin motor lebih efektif? Video berikut ini memaparkan kinerja Heat Protection Federal Oil secara gambaran visual.



          Oli motor bertugas melindungi bagian mesin dari gesekan berlebih. Mesin motor matic berbeda dengan mesin motor bebek biasa. Posisi mesin sedemikian rupa dan minim pendinginan menyebabkan motor matic memerlukan pelumas khusus yang mampu meredam panas berlebih. Federal Matic Oil mampu mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin sehingga tenaga yang dihasilkan mesin tetap optimal. Mesin lebih bandel. 
             Kerja motor matic sangat kompleks dan memerlukan pelumas terbaik untuk membantu menjaga kinerja mesin agar tetap bandel dan tahan lama. Ketika timbul panas akibat proses pembakaran bahan bakar di dalam silinder dan panas akibat gesekan antar komponen mesin, federal oil yang berkarakter dingin menjaga suhu mesin tetap pada suhu optimal. Federal Matic Oil mampu mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan cara mengisi celah antara piston dan silinder.
         Heat Protection Technology pada Federal matic oil ditunjang oleh keberadaan Viscoelastic Molecules dan Active Moly. Viscoelastic Molecules berperan meningkatkan kecepatan/akselerasi mesin. Active Moly berperan menjaga kestabilan suhu di dalam mesin agar terjaga pada kondisi optimal dan tidak over heat.   

·                     Dengan adanya Heat Protection Technology suhu di dalam mesin yang sedang aktif lebih dingin beberapa derajat dibandingkan suhu di dalam mesin motor yang menggunakan oli lainnya. Sehingga mesin tidak mudah rusak, lebih awet, bandel dan tahan lama. Gesekan antar logam secara aktif diminimalisir sehingga mesin terlindungi secara sempurna.
       Federal Oil matic juga mampu berfungsi sebagai peredam benturan. Cairan olinya melapisi piston, batang piston dan poros engkol sebagai komponen mesin yang sering bergesekan sehingga suara mesin tetap halus dan mesin pun tetap dingin. Kondisi ini mendukung sekali untuk motor yang digunakan di perumahan dengan jarak rumah berhimpitan, suara mesin halus kan nggak mengganggu tetangga.
        Federal Oil matic mengandung pelindung karat sehingga komponen-komponen mesin tidak mudah berkarat. Oli kebanggaan suami saya ini juga mengandung Double Act Cleaner yang berfungsi membersihkan kotoran hasil gesekan antar komponen mesin sehingga komponen-komponen mesin tersebut tetap bersih.

                 
     Setiap orang punya pilihan, punya kecenderungan memilih yang nyaman. Kalau memilih pasangan hidup alasannya: karena nyaman, memilih oli motor matic pun demikian. Dari beberapa produk andalan Federal Oil yang menjadi pilihan beliau adalah Ultratecmatic 10 W-30

     Pilihan suami memang nggak pernah salah...seperti beliau memilih saya sebagai pendamping hidupnya ...uhuk eeaa...Selama menggunakan Federal Oil motor kesayangan kami tak pernah bermasalah. Hingga sempat ganti motor yang waktu itu termasuk generasi matic terbaru pun olinya balik ke Federal Oil. 

    Yup. Federal Oil memang pilihan paling tepat. ISO Polymerized Synthetic Base Oil ini sangat tepat untuk motor matic yang membutuhkan oli tidak terlalu encer. Sangat sesuai digunakan untuk kebutuhan motor matic yang sering dibawa berjalan jauh atau membawa beban cukup berat. Maklum jarak tempuh ke tempat kerja suami dari rumah sekitar 80 kilometer pulang pergi. Ditinjau dari beban yang harus ditanggung motor nih berat badan suami 85 kilogram, kalau ditambah pas boncengin saya dan si kecil total jendral motor ini harus menanggung beban lebih dari 150 kilogram (wkwkw saatnya diet maak)

         Oh ya sebagai informasi tambahan Federal Oil Ultratec Matic direkomendasikan sebagai oli untuk motor matic yang sudah berusia di atas 3 tahun. Ehem masih ingat waktu itu si motor dibeli bertepatan dengan momen saat saya berhenti bekerja kantoran. Jadi sudah lebih dari empat tahun si matic menemani kami dalam segala suka duka hidup ini.
        Spesifikasi  Federal Oil Ultratecmatic 10 W-30 lebih lanjut bisa dilihat dalam diagram berikut:



      Satu lagi keuntungan menggunakan Federal Oil ini adalah kesempatan untuk menjadi miliarder dari program Spesial Miliarder. Hanya dengan mengumpulkan tutup botol produk Federal Oil dan fotocopy KTP untuk diikutkan dalam Rally Points dan turut serta dalam undian berhadiah uang tunai, voucher belanja dan emas 10 gram. Berharap bisa menang kali ini. Kalau beruntung dapat uang tunai kan bisa buat nambahin tabungan sekolah anak-anak atau beli mobil sederhana. Hehehe siapa tau rezeki dari motor tercinta trus berkembang jadi mobil keluarga.

            Alhamdulillah motor satu-satunya yang kami miliki ini pernah menemani perjalanan antar kota untuk keperluan acara keluarga dan reuni, membantu mencari tambahan penghasilan demi sesuap nasi tanpa rewel barang sehari. Kelancaran dan kenyamanan berkendara selama ini salah satunya ditunjang ketepatan dalam memilih oli. Federal Oil terbukti 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel

Daftar pustaka:
1. http://m.federaloil.co.id
2. berbagai sumber
3. dokumentasi pribadi

32 comments:

  1. Wawww tingkyuu tipsnya mbaaa
    Bisa bgt dipraktekin emak2 gagap mesin nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggih monggo mbak, Oli menentukan masa depan mesin motor kita :D

      Delete
  2. Pemilihan oli yang tepat ternyata bawa pengaruh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengaruh banget mbak, karena Oli tugasnya melindungi mesin motor

      Delete
  3. aq juga pake oli ini...

    dan baru tahu dong kalo setiap pagi harus dipanasi mesin e mwaki gak kemana mana. thanks infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mbak Ike, Federal Oli emang terbukti merawat mesin motor dengan baik kan ya?

      Delete
  4. Makasoh infonya, secara makenya motor hehehe

    ReplyDelete
  5. Hya ampuuun kok aku jadi malu. Kalah rajin ama suami sampean. Motorku belum pernah tak cuci sejak pertama beli (second pula) ya Allah :'D

    Iya nih.. motorku matic tapi aku gak bisa nyetarter pake kaki huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gpp lah klo nyuci motor kan bisa diwakilkan asal pilihan olinya yang tepat agar mesin motor gak gelagepan

      Delete
  6. Motornya suami yang matic, bisa jadi referensi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hyuk....Federal Oil referensi terbaik, karena suami saya sudah membuktikannya mbak :)

      Delete
  7. Waah merasa diingatkan, kalau motorku saatnya ganti oli ini. Udah hampir 4000 km lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah lo hayooo segera bawa ke bengkel untuk ganti oli. Jangan lupa pilih Federal Oil yaa...ada juga untuk yang non matic

      Delete
  8. Walaupun setiap hari keluar rumah, tiap pagi saya membiasakan diri 'mancal' motor saat menstaternya mbak. Biar kaki gak manja, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuupz merawat motor kudu hati-hati, telaten pula nggih mbak

      Delete
  9. Hoooo mungkin kalo manasin pake starter kaki lebih maknyus juga kali ya mbak *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyuuus dong. Apalagi kalau pilihan Olienya tepat yah

      Delete
  10. Saya pengguna motor, tapi jarang peduli sama keadaan motor. :( Bahkan, soal oli pun saya tak pernah tahu menahu, hehe. Terima kasih buat infornya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, semoga bermanfaat yah sharing saya dari ahli Oli eh suami

      Delete
  11. saya ini termausk emak2 yang kurang peduli dengan motor, jadi gak tau sama sekali ttg perolian. habis baca ini jadi tauuu sekrang oli yang bagus buat motorku yg mana...makasihhh mbakkkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami-sami mbak Frida, yaa saya yang ngurus motor juga suami #eh

      Delete
  12. Waaaa noted mbak. Tiap hari saya PP total 50 km an. Kadang emang kalo lupa servis, knalpot kalo ngegasnya ga pas suka bunyi kayak mercon gitu.
    Thanks for share mbaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah hayo jangan sampai lupa servis motor dan waktu ganti oli yaa

      Delete
  13. terima kasih mbak infonya apalagi untuk saya yang awam soal oli, kadang mengira sama saja tiap oli...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe saya pun kalau nggak di referensikan suami berdasarkan pengalamannya juga ngga tau mbak :)

      Delete
  14. Aku belum pernah pake oli ini sebelumnya mbak, mau coba juga ah buat motor kesayanganku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip sip sip insyaAllah ngga mengecewakan deh mbak karena suamiku sdh membuktikannya :)

      Delete
  15. Suami juga pakai oli ini. Meskipun motor tua tetapi tetap awet mesinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mbak Ammah, terbukti beneran ya. Pilihan olie yang tepat membuat mesin motor awet. Jangan lupa ikut undiannya Federal Oil mbak, siapa tau rezeki kita aamiin

      Delete
  16. Federal Matic Oil emang ketje, motor saya yang matic aja udah dipake sampe menyebrang pulau sumatera tetep bandel dan pastinya lebih irit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih keren banget mas Bayu udah riding sampai Sumatera. Syukur perjalanan lancar...salah satunya berkat kinerja mesin yang optimal karena Federal Matic Oil yah

      Delete