Google+ Followers

Tuesday, March 8, 2016

Do and Don't : Solar Eclipse, Indonesia 2016

Saya sengaja menulis tentang fenomena gerhana matahari total yang melintasi sebagian bumi Indonesia, sehari sebelumnya. Sekedar mengingatkan diri sendiri tentang "Do and Don't" yang seharusnya saya perhatikan saat terjadi fenomena alam yang dahsyat dan jarang terjadi.


Apa itu gerhana matahari?
Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada tepat di antara bumi dan matahari. Jika direnungkan fenomena ini sangat menakjubkan. Bagaimana tidak, tiga benda langit yang memiliki masing-masing memiliki garis orbit bisa berada dalam posisi sejajar pada hitungan waktu tertentu, dan dapat disaksikan pada belahan bumi tertentu pula.


Apa yang harus dilakukan ketika terjadi gerhana matahari?
1. Bagi umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan sholat kusuf, sholat gerhana. Dengan tata cara : berwudhu', tanpa adzan dan iqamat namun salah seorang jamaah akan mengucapkan assholatul jami'ah untuk menandakan sholat gerhana akan segera dilaksanakan (itu sebabnya masjid dan tempat tertentu yang mengadakan sholat gerhana biasanya menginformasikan waktu diselenggarakan sholat gerhana minimal beberapa jam atau sehari sebelumnya dengan harapan jamaah sholat berkumpul sesegera mungkin). Sholat gerhana merupakan sholat sunnah 2 rokaat dengan empat ruku dan empat sujud, ruku dan sujudnya lebih panjang daripada sholat-sholat lainnya. Urutan sholat kusuf adalah : takbiratul ikhram sambil mengucapkan niat sholat sunnah gerhana dua rakaat dalam hati, membaca doa iftitah, membaca Al Fatihah, membaca surat-surat panjang (saya pernah mengikuti sholat gerhana bulan dan sang imam membaca Al Baqarah sepanjang sholat), ruku' dengan membaca doa ruku', bangun dari ruku sambil membaca sami 'allahu liman hamidah. Kemudian membaca Al Fatihah dan surat panjang namun durasinya lebih pendek dari surat yang dibaca pertama. Kemudian ruku' lagi, bangkit dari ruku' ('itidal) lalu sujud, duduk di antara dua sujud lalu sujud lagi. Rokaat kedua dilakukan sama seperti rokaat pertama. Tasyahud lalu salam. Kemudian dengarkan khotbah dengan tenang agar mendapatkan hikmah.

2. Selain sholat kusuf, sebagai umat Islam saat terjadi gerhana disunnahkan untuk memperbanyak dzikir, bertaubat, berbuat lebih banyak kebaikan dan bersedekah.

3. Nonton gerhana. Boleh, nggak dilarang kok tapi harus paham benar cara melihat gerhana matahari demi keamanan dan kesehatan mata. Jika gerhana bulan bisa dilihat secara langsung oleh mata telanjang tidak demikian halnya dengan gerhana matahari. Sebab matahari memancarkan sinar ultraviolet dan pancaran radiasinya berbahaya pada saat-saat tertentu.

Apa yang tidak boleh dilakukan ketika terjadi gerhana matahari

Saat terjadi gerhana matahari jangan korupsi, mencuri, mencaci, memendam iri hati ...iiih meski nggak sedang gerhana sebaiknya memang tidak melakukan kemaksiatan. Apalagi saat terjadi gerhana disunnahkan lebih banyak bertaubat. Tetapi bukan berarti taubatnya nunggu terjadi gerhana. Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena bahwa matahari, bumi dan bulan pun tunduk pada perintah Allah. Gerhana adalah salah satu bentuk dzikir ciptaanNya atas segala kehendakNya, nah masa manusia yang diberikan banyak nikmat dan rezeki nggak tobat-tobat juga?

Apalagi yang tidak boleh dilakukan saat terjadi gerhana matahari? yap, jangan melihat langsung, mengamati proses terjadinya matahari dengan mata telanjang. Intensitas cahaya yang sangat tinggi dari matahari berpotensi merusak retina mata jika mata dipaksakan langsung mengamati proses terjadinya gerhana matahari. Kebayang kan seperti perubahan tiba-tiba seperti saat kita baru dari keliling lapangan di bawah terik matahari lalu masuk ke ruangan gelap atau sebaliknya pasti mata terasa tak nyaman. Jadi boleh nonton gerhana melalui live streaming, kacamata berfilter untuk menahan radiasi matahari atau melalui bayangan di baskom air.

Mudah-mudahan besok 9 Maret 2016 berkesempatan untuk menjalankan  "Do" dan benar-benar menghindari "Don't"


6 comments:

  1. Berita gerhana ini jadi spesial bgt ya mbak. Soalnya Indonesia jadi satu2nya negara yg dilalui gerhana matahari. Thanks utk artikelnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak Ika, tapi saya di Jawa Timur kebagian gerhana 80% saja, semoga tidak tertutup mendung agar bisa sholat kusuf lanjut nobar :)

      Delete
  2. perintah dan larangan agama saat terjadi gempa dilaksanakan, do and don't secara ilmiah juga dilakukan ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiplah mbak semoga gerhana yang penuh hikmah bagi semua :)

      Delete
  3. Di zaman Nabi, waktu terjadi gerhana Nabi begitu khawatir dan takut. Ada kisah ketika Nabi melihat waktu itu akan terjadi gerhana, Nabi buru2 untuk hendak melaksanakan sholat gerhana. Maka diambillah perlengkapan sholat. Dan waktu mengambil selendang, karena rasa khawatir dan takutnya Nabi ketika itu, ternyata bukan selendang/sorban yang diambil, tapi jilbab istri Nabi.
    Namun di zaman sekarang banyak di daerah-daerah waktu gerhana malah jadi tontonan. Bukannya banyakin istighfar.
    Btw, nice info.

    ReplyDelete