catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tips Perkuat Iman dan Imun


Di era New Normal, kajian fiqih ba’da subuh Masjid AL Ukhuwwah  yang libur hampir empat bulan karena pandemi mulai diaktifkan kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Tema tausiyah Ustadz Ahmad Habibul Muiz kali ini adalah mengenai memperkuat iman dan imun di masa pandemi.
Kesehatan adalah karunia yang tak ternilai harganya. Pandemi corona masih berlangsung, tetapi aktivitas spiritual harus tetap berjalan, sebab terlalu lama kosong akan menyebabkan jiwa gersang.

Untuk menjaga kesehatan, memperkuat imun dan iman, Ustadz Habib mengingatkan pentingnya 3 hal:
1.   Sehat secara aqidah
Aqidah adalah hal yang paling mendasar bagi orang beriman. Pondasi dalam menjalani kehidupan. Hendaknya mukmin selalu menjaga aqidahnya untuk selalu berada di jalan yang benar. Tidak memandang pandemi ini sebagai pertanda bahwa Allah sedang menyiksa, tetapi sebagai bagian dari ujian kehidupan. Untuk mengatasi permasalah hidup upayakan kian dekat kepada Allah, Dzat Yang Maha Kuasa. Sebab secara logika jika kita dekat dengan yang memegang kekuasaan maka kita akan merasa aman, tenteram dan nyaman. Begitu juga jika kita kian dekat kepada Allah, Yang Maha Kuasa atas segalanya, maka hati kita akan lebih tenteram sebab yakin Allah akan menunjukkan jalan terbaik andai kita ditimpa masalah.
2.   Sehat pemahaman
Ilmu adalah sumber pemahaman. Agar paham tata cara beribadah butuh belajar. Untuk memecahkan masalah butuh belajar. Termasuk ketika dihadapkan pada masalah bagaimana tetap bisa mendirikan sholat berjamaah di tengah wabah. Seperti saat para ulama berijtima menyarankan jaga jarak dan mengenakan masker dalam rangka agar tidak terjadi penularan penyakit. Pemahaman terhadap satu hal adalah separuh dari solusi dari suatu masalah.
3.   Sehat fisik
Sunnah-sunnah Rasulullah dalam hidup membawa banyak nasihat untuk hidup sehat. Misalnya sunnah ketika bangun tidur adalah mencuci tangan dahulu baru melakukan aktivitas lain. Sehat fisik meliputi menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Makanlah yang halal dan thoyib.

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.