catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Doa Setelah Sholat Dhuha


Sholat dhuha, hampir setiap muslim pernah menunaikan sholat sunnah ini. Dibandingkan dengan sholat sunnah tahajud yang butuh niat sangat kuat karena harus mendirikan sholat di tengah enak-enaknya waktu tidur, sholat dhuha mungkin dipandang “lebih mudah” karena didirikan di waktu pagi hingga menjelang dhuhur.
((Eits tapi ya nggak mudah-mudah banget, kalau terlalu disibukkan pekerjaan hingga lupa waktu, sholat dhuha yang sebenarnya mudah bisa saja jadi terlewat begitu saja)

doa-sholat-dhuha
Mengapa sholat dhuha tergolong sholat sunnah yang diutamakan?
Berikut keistimewaannya:

1.   Menggantikan sedekah setiap ruas tubuh
Rasulullah SAW bersabda, "Setiap sendi tubuh setiap orang di antara kamu harus disedekahi pada setiap harinya. Mengucapkan satu kali tasbih (Subhanallah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahmid (Alhamdulillah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahlil (La ilaha illallah) sama dengan satu sedekah, satu kali takbir (Allahu Akbar) sama dengan satu sedekah, satu kali menyuruh kebaikan sama dengan satu sedekah, dan satu kali mencegah kemungkaran sama dengan satu sedekah. Semua itu dapat dicukupi dengan melaksanakan dua rakaat shalat dhuha." (HR Muslim dan Abu Dawud).
2.   Mendapat pengampunan dosa
Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang menjaga shalat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR Ibnu Majah).
Hadits yang lain mencatat, "Barang siapa yang menunaikan shalat Subuh kemudian ia duduk dan tidak mengucapkan perkataan yang sia-sia, melainkan berzikir pada Allah SWT hingga menunaikan shalat dhuha empat rakaat, maka dosa-dosanya akan terhapus bersih seperti anak yang baru dilahirkan oleh ibunya, ia tidak punya dosa." (HR Abu Ya'la).

doa-sholat-dhuha

3. Dicukupi kebutuhan hidupnya
Kita biasa mengenal “melancarkan rezeki” sebagai manfaat sholat dhuha yang paling utama. Nah inilah (kalau menurut saya) maksud dari lancarnya rezeki. Bukankah jika kebutuhan hidup kita dicukupiNya adalah rezeki yang tak ternilai harganya? Tak perlu berpikir dan berharap muluk-muluk menjadi kaya raya karena sholat dhuha. Jika apa yang kita butuhkan dicukupkan itu sudah karunia yang luar biasa.
Haditsnya: “Wahai anak Adam, rukuklah (shalatlah) karena Aku pada awal siang (shalat dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)-mu sampai sore hari." (HR Tirmidzi).

4.   Mendapat pahala setara ibadah haji dan umrah (keutamaan dari sholat dhuha awal waktu dengan syarat dan ketentuan berlaku)
Sedih karena tak kunjung mampu umroh dan berhaji? Kita mungkin belum berkesempatan ziarah ke makam Rasulullah dan mendapat keutamaan sholat di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Tetapi Allah Maha Kuasa telah menjanjikan suatu ibadah yang pahalanya setara ibadah haji dan umroh, yaitu sholat isyra’ . Sholat isyro’ adalah sholat dhuha di awal waktu yang didirikan sekitar 10-15 menit usai matahari terbit, dengan catatan dilakukan di masjid usai sholat subuh berjamaah. Jadi usai sholat subuh berjamaah, berdiam di masjid dengan berdzikir atau khusyu' dalam kajian atau bertilawah hingga 15 menit setelah matahari terbit, kemudian mendirikan dua rokaat sholat isyra’ , insyaAllah dapat pahala seperti berhaji dan umroh... MasyaAllah…
"Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk Allah sampai matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan shalat dhuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya." (HR Tirmidzi).

Kapan waktu utama untuk sholat dhuha? 
Diriwayatkan dalam HR Muslim:
Syaibani berkata: "Zaid bin Arqam RA melihat beberapa orang mendirikan shalat Dhuha". Kemudian Zaid berkata: "Seandainya mereka tahu, sholat Dhuha setelah waktu ini sebenarnya lebih utama". Zaid melanjutkan, Rasulullah SAW bersabda: "Shalat awwabin adalah ketika anak unta mulai (merasa) kepanasan (tamradh al-fishal)" (HR Muslim). Awwabin adalah orang-orang yang memilih kembali kepada Allah. Sebagian ulama berpendapat: lantaran pada waktu tamradh al-fishal orang-orang cenderung memilih untuk berteduh/beristirahat"

Nah kapan tuh kira-kira anak unta mulai kepanasan? kalau dilihat dari jam mungkin sekitar jam 9 -10 WIB ya. Asal jangan mendirikan sholat dhuha di waktu yang dilarang, yaitu selama 20 menit menjelang dhuhur, alias waktu matahari tepat di atas kepala. 


        doa-sholat-dhuha
         
Doa (Setelah) Sholat Dhuha
Adakah doa khusus usai sholat dhuha? Saya baca-baca sebenarnya tidak ada doa khusus yang diwajibkan, seperti halnya bacaan sholat. Namun ada dua versi doa yang biasa dibaca sesudah sholat dhuha:

1.   Doa dari -kitab fiqih Mazhab Syafi’i yaitu I’anatut Thalibin, Tuhfatul Muhtaj, Hasyiyatul Jamal.  
اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ
"Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ismata 'ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta 'ibadakas sholihin".

Artinya:
"Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah, Berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMU yang sholeh".

2.   Doa yang diriwayatkan dalam hadits
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat Dhuha, beliau mengucapkan,

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ
ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM”
Artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang sampai beliau membacanya seratus kali.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619)
Mau baca doa sholat dhuha yang mana dong? Menurut saya terserah pada pilihan masing-masing. Sebab doa bersifat universal, bahkan berdoa dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah pun Allah pasti Maha Mendengar dan Mengabulkan. Hanya bagi saya sendiri sudah terbiasa dan lebih sreg melafadzkan doa yang kedua. 
Doa yang berupa dzikir, istighfar, permohonan ampun bagi saya meneduhkan dan melembutkan hati. Rasanya lebih adhem, ayem, jika seorang hamba yang penuh dosa merendahkan diri sedemikian rupa di hadapan Sang Maha Kaya dan Maha Suci.
Teringat petuah Ibnu Qoyyim al-Jauziyah:
“Bila engkau ingin berdoa, sementara waktu yang kau miliki begitu sempit, padahal dadamu dipenuhi oleh begitu banyak keinginan, maka jadikan seluruh isi doamu istighfar, agar Allah memaafkanmu. Karena bila Dia memaafkanmu, maka semua keperluanmu akan dipenuhi-Nya tanpa engkau memintanya,”



Sumber : 
Republika.co.id
Rumaysho.com













Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.