catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Sholat IdulAdha 1441 H di Masjid Al Ukhuwwah

Alhamdulillah, Masjid Al Ukhuwwah, Sukodono, Sidoarjo diperkenankan Allah menyelenggarakan sholat Iduladha meski dalam suasana waspada dan berjaga karena pandemi. Seperti Idulfitri yang lalu, sholat Iduladha juga memberlakukan protokol kesehatan. Cek suhu dengan thermogun dan penggunaan sanitizer.

Shafnya pun tetap menerapkan jaga jarak. Hingga imam sekaligus khotibnya: Ustadz Muhaimin Asyhuri, MM tidak menyerukan; lurus dan rapatkan shaf. tetapi luruskan dan sesuaikan.

Sholat dua rakaat dengan surat pendek Al A'la dan Al Ghosiyyah. Lanjut khotbah singkat. Kurang lebih isinya sebagai berikut:


Perintah-perintah Allah kepada Nabi Ibrahim sebagai ujian:
1. Menghancurkan berhala
Hingga Nabi Ibrahim pun dihukum bakar olehpara musyrikin meski tak mempan.
2. Tidak dikaruniai putra selama berpuluh-puluh tahun hingga berusia 80 tahun-an
3. Diperintahkan menikahi budak meski tanpa rasa cinta, yang akhirnya melahirkan Ismail yang tampan dan sangat dicintainya
4. Diperintahkan membawa anak istrinya (Ismail dan Hajar) di tempat terpencil. Di Baka (Mekah) untuk kemudian meninggalkan mereka meski bekal air sudah menipis. Perjuangan Hajar mencari air diabadikan dalam ritual sa'i. Hikmahnya adalah: ikhtiar itu wajib tetapi tetaplah Allah Yang menentukan. Sa'i artinya usaha. Shofa: bersih. Marwah:sukses. Jika direnungkan, hikmahnya adalah manusia hendaknya selalu berikhtiar dengan cara yang bersih agar bisa meraih sukses.
5. Diperintahkan untuk mencari Ismail dan Hajar. Beberapa tahun setelah meninggalkan Hajar dan Ismail di tempat terpencil, Nabi Ibrahim diperintah Allah untuk mencari mereka. Nabi Menginap di Muzdalifah dan meluapkan kangen kepada sang putra. Dan di sini beliau bermimpi diperintah  Allah untuk menyembelih Ismail.
Ibrahim menceritakan mimpinya kepada Ismail. Sang anak patuh dan bersedia disembelih karena Allah memerintahkan demikian. Mereka berdua kemudian berjalan jauh ke bukit agar Hajar tidak tahu penyembelihan itu.
Dalam perjalanan, Nabi Ibrahim bertemu setan yang membisikkan untuk tidak menyembelih putra kesayangannya, putra yang telah lama dinantikan kehadirannya. Bisikan yang "obyektif" tetapi menyesatkan karena mengajak untuk tidak mentaati perintah Allah.
Dilemparinya setan dengan batu oleh Ibrahim diabadikan dalam ritual melempar jumroh.
.
Kisah Ibrahim-Ismail mengandung hikmah: jadikanlah urusan dunia sebagai "Ismail" kita, agar tidak mencintainya secara berlebihan hingga melebihi kecintaan kepada Allah..

Jika dalam hidup kita merasa hidup susah, diuji dengan wabah, bisa jadi ujian tersebut adalah:
1. Cara Allah menguji untuk mengangkat derajat kita.
2. Teguran sayang dari Allah, mungkin ada hal yang kita lakukan tak berkenan bagi Allah
3. Azab. Mungkin ada perintah Allah yang kita abaikan.


Khotbah ditutup dengan doa, berharap wabah corona ini segera musnah.
Tahun ini Masjid Al Ukhuwwah Perumahan Permata Sukodono Sidoarjo membatasi qurban maksimal 5 sapi dan 15 kambing/domba. 
Pertimbangannya (kemungkinan) karena dalam pelaksanaan penyembelihan dan pengelolaan daging qurban di masa pandemi yang mewajibkan penerapan berbagai protokol kesehatan yang tentunya membutuhkan persiapan khusus. Juga karena penyembelihan dilakukan di hari Jumat, yang secara otomatis waktu penyembelihan dan pengelolaan hewan qurban akan terpotong cukup lama untuk pelaksanaan sholat Jumat.

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.