catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Resensi Buku:Ajaran Kiai Gontor : 72 Prinsip Hidup KH Imam Zarkasyi

Di usianya yang menjelang 1 abad, tak terhitung buku-buku tentang Gontor kita temui. Sebagian besar ditulis oleh para alumni. Baik buku non fiksi yang berupa tulisan deskripsi atau rangkuman tentang hal-hal penting, maupun buku fiksi yang bertema kehidupan di pondok pesantren Gontor seperti novel Lima Menara A.Fuadi.

Namun buku "Ajaran Kiai Gontor, 72 Prinsip Hidup KH Imam Zarkasyi" ini unik karena ditulis oleh salah satu putra beliau yaitu Muhammad Ridlo Zarkasyi yang notabene bukan alumni PMDG namun sempat menikmati pendidikan khas Gontor ketika "mukim" (saat santri kelas lima yang akan naik ke kelas enam berdiam di pondok selama masa liburan kenaikan kelas di bulan Romadhon)

Ternyata ada alasan khusus mengapa Ustadz Muhammad Ridlo tidak dididik dalam lingkungan pondok pesantren. Seperti uraian beliau, alasan utamanya adalah karena tujuan pengkaderan jaringan penunjang di luar PMDG dalam visi mendidik generasi bangsa. Sungguh suatu pemikiran yang visioner dari para pemimpin pondok, terutama almarhum KH. Imam Zarkasyi.

Membaca buku ini seolah sedang berada di bawah pengawasan KH Imam Zarkasyi, menjadi anak didik beliau dan mendengarkan nasihat-nasihat bertuah yang mampu menggelorakan jiwa, memantik semangat berjuang menghadapi segala tantangan dalam kehidupan.

Dari buku ini pula saya mendapatkan pencerahan. Saya sempat penasaran dengan penuturan wali santri yang mengatakan bahwa KH. Imam Zarkasyi "tidak suka jika anak didiknya kelak menjadi pegawai" Ternyata dengan membaca buku ini kita paham bahwa statement tersebut bukan karena Kyai Zarkasyi merendahkan martabat pegawai, tetapi beliau tidak suka pada mental pegawai yang tidak kreatif dan hanya terpaku pada jam kerja dari jam 7 atau jam 8 hingga jam 4 atau jam 5 sore. Mental pegawai yang hanya berharap gaji, dan tidak peduli pada etos kerja. Dan Beliau mengingatkan bahwa sebagai insan merdeka hendaknya tidak terpacu pada cita-cita menjadi pegawai, melainkan termotivasi menjadi pegawai Allah dan tidak pilih-pilih pekerjaan "halus/kasar" tetapi pada halal atau tidaknya.


Buku Ajaran Kiai Gontor ini mampu menggugah sanubari para pembaca tentang hakikat hidup dan tidak hanya pengingat bagi santri atau alumni Gontor untuk senantiasa mengaplikasikan ajaran-ajaran mendasar yang diterima selama menjadi santri. Nilai-nilai kejujuran, kerja keras, kreatif, siap dipimpin dan siap memimpin yang tercermin pada ucapan, tindakan dan pemikiran. 

Dalam buku ini, Ustadz Muhammad Ridlo Zarkasyi membagi tulisa dalam sebelas bab. Setiap babnya mengacu pada tema  besar yang terinspirasi dari wejangan dan prinsip hidup KH. Imam Zarkasyi yaitu:

1. Jangan Berkecil Hati, Songsonglah Masa Depanmu
2. Luruskan Niat, Belajarlah Menguasai Diri
3. Jangan Berpikir Selamanya Menjadi Pegawai
4. Hidup Itu Bisa Dimana Saja, Berkaryalah
5. Bekali Diri Dengan Mental Jujur
6. Lawan Kemalasanmu, Jangan Bergantung Kepada Uang
7. Dunia Usaha Itu Luas, Jadilah Pengusaha Yang Bersih
8. Tatalah Niat Dalam Mencari Rezeki
9. Menjadi Pedagang Dengan Seribu Otak
10. Memulai Usaha, Mencari Kunci Hidup
11. Untuk Apa Harta Bendamu?

Membaca buku ini mengingatkan kembali bahwa hakikat hidup adalah untuk beribadah, bahkan mengais rezeki pun harus dilandaskan sebagai ibadah. Bahwa hidup harus berjuang, untuk itulah Kyai Zarkasyi membiasakan putra-putranya bekerja selama di rumah, membantu mengelola sawah dan unit usaha. Bahwa mukmin yang mulia adalah yang mandiri secara ekonomi dan ringan tangan membantu sesama.

Sungguh sebuah buku yang mampu menggetarkan jiwa. Berhias kata-kata mutiara yang leluasa menembus sanubari, menguatkan tekad dalam hati untuk menjadi sebaik-baik insan ciptaan Illahi.
Buku ini bisa diperoleh di Toko Buku Latansa atau beberapa channel online. Berhati-hatilah dengan buku bajakan sebab saya sempat menemukan di marketplace, buku ini dijual jauh lebih murah dari bandrol yang ditetapkan. Di Toko Buku Latansa Gontor buku berharga ini dijual dengan harga 57.500 (harga sudah mendapat diskon, terakhir kali saya lihat di bulan Desember 2019)
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.