catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Kriteria Hunian Nyaman


Awal tahun 2020, entah masih berapa banyak yang berusaha keras mewujudkan mimpi, mengejar tercapainya resolusi. Menelusuri timeline pagi ini jadi turut meng-aamiin-I harapan-harapan yang tersemai. Ada yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. Bahkan ada yang ingin punya rumah sendiri.
Ingatan pun terlempar ke puluhan tahun silam. Saat masih single, baru pertama bekerja sebagai tenaga administrasi di perusahaan pelayaran di ujung utara Surabaya, dekat pelabuhan. Pindah kost beberapa kali, mencari yang paling nyaman, dan harga sewanya terjangkau kantong pegawai rendahan dengan gaji lima ratus ribu rupiah sebulan.
Sebulan sekali saya sempatkan pulang mengunjungi Mama. Setiap kali itu pula melewati jalan tol yang salah satu sisinya dipenuhi barisan bangunan rumah dari sebuah perumahan. Terbersit senantiasa harapan dalam hati, semoga Allah ijabahi harapan kelak saya dimampukan beli rumah sendiri. Meski mungil dan tanpa banyak aksesori.
Alhamdulillah. Beberapa bulan sebelum menikah, (calon) suami berkata “InsyaAllah kita nanti sudah punya rumah, type 21 sih, tapi ada lebihan tanah, kita renovasi dulu dan selama masa renovasi harus sewa rumah ngga apa-apa kan?”
Tentu saya ngga keberatan lah kontrak dulu sambil nunggu rumah pribadi siap ditempati. Kondisi keuangan kami memang mampunya bersahabat dengan type rumah KPR yang belum siap huni. Alias perlu perbaikan sana sini. Maka kegiatan menjelang pernikahan tidak hanya sibuk mengajukan berkas-berkas untuk persyaratan menikah dan persiapan acara resepsi kecil-kecilan, tetapi juga melototin iklan baris di Koran untuk mencari iklan disewakan rumah
Home Sweet Home, Pixabay

Kesibukan mencari rumah kontrakan yang sesuai dengan harapan ternyata sama rumitnya dengan menemukan rumah yang diharapkan bisa menjadi tempat tinggal pribadi untuk selamanya. Kriteria hunian nyaman sebagai patokan memilih rumah kontrakan, bagi kami saat itu:
1.  Terjangkau dengan kantong
Maklum calon pengantin baru, buat nikahan aja duit sendiri. Tabungan yang tak seberapa harus dibagi-bagi dan bijak dalam alokasi. 
2.Tidak banjir
Baca berita banjir, sedih dan ngeri. Maka kami sangat berharap rumah kontrakan dan rumah pribadi tidak terletak di daerah banjir
3. Akses mudah
Punya atau sewa rumah besar, halaman luas, tapi aksesnya susah? Mmm buat kami pikir-pikir dululah. Harapan kami akses menuju rumah sewa dan calon rumah pribadi diharapkan mudah agar orang tua atau sanak saudara yang hendak berkunjung juga tidak susah payah.
 
Gambar milik www.sewa-rumah.net 
Selain tiga syarat umum tersebut, ada yang menginginkan lokasi rumahnya dilengkapi dengan fasilitas umum, dekat dengan tempat kerja dan sekolah, lokasi strategis untuk buka usaha dan lain-lain. Kriteria-kriteria apapun, sah-sah saja kita tetapkan ketika hendak memilih rumah, baik rumah kontrakan maupun rumah pribadi.
Kenyamanan adalah hal utama ketika memilih rumah. Sebab rumah adalah kebutuhan pokok dalam hidup, namun rumah nyaman merupakan kebutuhan pokok yang utama setelah pakaian dan makanan bergizi.
Saya bersyukur tinggal di Jawa Timur. Kebutuhan pokok masih terjangkau penghasilan kami. Bagi masyarakat Jakarta, membandingkan harga sewa rumah di Kuningan bisa jadi memusingkan. Mengingat kebutuhan-kebutuhan ekstra dan butuh banyak biaya. Harus pandai memilah dan menyesuaikan dengan penghasilan. 
Untungnya di zaman serba online, mencari informasi mengenai rumah kontrakan yang sesuai dengan kriteria hunian nyaman bisa dilakukan dengan bantuan internet. Misalnya dengan bantuan  www.sewa-rumah.net jika ingin menyewa rumah kontrakan. Selamat berburu hunian, semoga Tuhan memberkahi dan menganugerahkan ketentraman.



Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.