Google+ Followers

Wednesday, June 20, 2018

Tumis Tofu Nugget SO GOOD

Ramadhan sudah berlalu. Tetapi mengolah menu buka puasa atau sahur untuk sajian sehari-hari masih berlaku. Apalagi di hari-hari usai sajian lebaran. Bosan ketemu makanan olahan santan dan full karbo. Usai puasa sebulan penuh ketupat gurih, opor ayam, sayur santan nangka muda, sambal goreng hati sapi dan kentang, telur bumbu petis mungkin terasa enak dan lezat di lidah. Tapi kalau sudah hari ketiga dan seterusnya hmmm bosan dan eneg rasanya.
            Jadilah usai pesta lebaran ingin menu yang segar. Yang cocok dan tidak ribet tentu olahan tumis. Tumis biasanya juga jadi menu favorit untuk santap sahur saat Ramadhan, proses memasaknya tidak butuh waktu lama, bahannya mudah didapat. Tapi rasa malas ke pasar karena ribut cucian dan setrikaan habis liburan bisa menjadi tantangan bagi emak-emak untuk memasak. Masalah makin rumit ketika abang tukang sayur masih off duty karena memperpanjang libur lebaran di kampung halaman, Jadilah si emak dituntut kreatif, memanfaatkan bahan yang ada di kulkas dan lemari dapur. Buka freezer kulkas dan laci  penyimpanan sayur eh dapat bahan yang pas buat tumis: SO GOOD Chicken Nugget Dinobites, Wortel, Tofu, Tempe, Cabe rawit dan cabe merah. 
SO GOOD Nugget Dinobites Si Penyelamat

Sementara di rak bumbu alhamdulillah masih lengkap: garam dapur, gula, kecap manis, merica bubuk, bawang merah, bawang putih, saos tiram.
Bumbu Pelengkap

            Chicken Nugget SO GOOD favorit anak-anak. Nggak heran jika ia selalu hadir di dalam freezer. Memilih makanan beku dan siap saji harus memenuhi persyaratan ala Emak, antara lain: pastikan kehalalannya, cita rasa lezat, terdaftar di BPOM, mencantumkan tanggal kadaluwarsa dan harga terjangkau. Alhamdulillah SO GOOD Nugget Dinobites memenuhi persyaratan tersebut. Biasanya sih digoreng saja untuk sarapan atau selingan menu kala santap sahur. Tapi bisa kok diolah sebagai teman tofu dan tempe yang menyatu dalam tumis segar mendayu.
 
Bahan Utama Tumis Tofu Nugget SO GOOD
Ini dia bahan yang diperlukan untuk menyiapkan Tumis Tofu Nugget SO GOOD:
1.    SO GOOD Dinobites (jumlahnya sesuai selera, bisa dua potong, tiga atau lebih)
2.    Satu papan tempe
3.    Dua potong tofu
4.    Wortel iris bentuk korek api
5.    Dua siung bawang merah
6.    Dua siung bawang putih
7.    Kecap manis secukupnya
8.    Gula pasir secukupnya
9.    Garam dapur secukupnya
10. Merica bubuk secukupnya
11. Dua papan cabe merah dipotong serong tipis-tipis
12. Dua biji cabe rawit (boleh ditiadakan jika tidak suka pedas)
13. Mentega secukupnya untuk menumis
14. Topping sesuai selera, bisa pentol bakso SO GOOD, sosis, telur puyuh dan lainnya (kali ini saya menggunakan kripik usus karena ingin sensasi crispy)

Cara Membuat:
1.      Goreng SO GOOD Dinobites, Tiriskan dan potong-potong kecil
2.      Potong dadu tempe dan tofo. Goreng hingga kering dan tiriskan
3.      Iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih
4.      Panaskan mentega atau margarin atau minyak sayur untuk persiapan menumis
5.  Masukkan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit ke dalam penggorengan. Masukkan wortel yang sudah dipotong korek api. Tambahkan sedikit air. Tambahkan garam, gula, kecap dan saos tiram hingga berbau harum.
6.      Masukkan irisan SO GOOD Dinobites, tempe dan tofu. Tambahkan sedikit lagi kecap manis dan saos tiram. Masak hingga kesat.
7.      Angkat
8.      Remas-remas kripik usus ayam dan taburkan sebagai topping
9.      Sajikan saat hangat
 
Taraa, Tumis Tofu Nugget SO GOOD is very good
Sajian Tumis Tofu Nugget SO GOOD kali ini benar-benar hemat biaya dan memanfaatkan bahan yang ada. Bahan utama sudah tersedia di dalam kulkas dan topping kripik usus ayamnya pun sudah ada di toples sebagai camilan hari raya. Ditinjau dari segi gizi tak perlu diragukan lagi. Sajian ini mengandung protein dan lemak dari nugget ayam SO GOOD, tempe dan tofu. Vitamin tercukupi dari sayur wortel. Karbohidrat dari nasi hangat yang pas ditemani Tumis Tofu Nugget SO GOOD nan lezat.


1 comment:

  1. Simple masakannya dan cocok nih pakai nasi. Udah pakai sayuran pula. Komplit deh Menu gizi seimbangnya

    ReplyDelete