Google+ Followers

Saturday, August 5, 2017

Terbaik Untuk Yang Teristimewa, Kesehatan Ananda Berawal dari Kesehatan Ibunda

Minggu 30 Juli 2017 lalu saya dan beberapa teman blogger berkesempatan hadir di acara Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) yang diselenggarakan di Dyandra Convention Centre Surabaya.
Meski tak sedang hamil, saya senang hadir di sini. Bisa ketemu Mona Ratuliu, Andien dan mendengarkan pemaparan mengenai kesehatan ibu hamil dan anak dari narasumber terkemuka yaitu dr Boy Abidin, SpOg dan dr. Herbowo AF Soetomenggolo.
Datang pagi-pagi sekali lokasi acara masih relatif sepi. Dan sapaan pertama yang saya terima adalah "Bunda lagi hamil berapa bulan" dari mbak-mbak berbaju ungu wkwkwk ..dasar perut saya buncit. 

Di koridor Dyandra, di luar ballroom tempat berlangsungnya talk show berdiri berbagai stand yang menyajikan berbagai layanan konsultasi, produk, praktek menu hingga booth foto. Tebak stand mana yang pertama saya tuju ...cap cuss ke booth foto. Mumpung antrian belum padat jadilah saya bergaya dengan dress code ungu...Untunglah si mas fotografer dan tim edit menyamarkan perut gendut saya di balik bingkai Prenagen hihihi. Hasil fotonya bagus deh. 
Booth berikutnya yang menyita perhatian saya adalah booth khusus untuk Chef Eddrian Thjia yaitu Bump To Birth Nutrition. Booth Demo Pembuatan Smoothies ini paling seru. Chef Eddrian komunikatif banget euy, naah pengunjung yang berkerumun pada rebutan smoothies perpaduan buah segar, susu prenagen dan madu. Beruntungnya saya bisa mencicipi dua jenis smoothies. Enaaak semuaa. Resepnya bisa diperoleh di buku resep yang terdapat di dalam goodie bag pengunjung PPEJ
Siapa Mau cicipi smoothies, bilang mauuu
Booth yang tak kalah ramai adalah Bump To Birth Consultation, booth edukasi menyusui dan booth merencanakan kehamilan (Bump To Birth Expert). Dan yang menarik perhatian saya adalah Booth Aplikasi Hallo BUMIL.

Aplikasi HALLO BUMIL adalah terobosan baru dari TIm Digital PT Cakra Radha Mustika sebagai aplikasi pendamping ibu hamil di Indonesia. Aplikasi HALLO BUMIL merupakan aplikasi interaktif  yang mampu memberikan informasi kepada ibu yang sedang hamil tepat apda waktunya. Aplikasi yang pertama kalinya di Indonesia ini dipandu oleh tenaga medis berpengalaman yang memahami seluk beluk dan permasalahan kehamilan. Fitur Kontrol Kehamilan dan Artikel yang terdapat dalam aplikasi ini membantu ibu hamil mendapatkan solusi dan informasi mengenai masalah kehamilan yang dihadapi. 

Melalui Fitur Timeline Kehamilan Aplikasi HALLO BUMIL calon ibu bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan janin dari minggu ke minggu di setiap fase kehamilan. Tampilan artikel ini sangat unik, calon bayi seolah-olah bercerita kepada sang bunda mengenai pertumbuhannya setiap minggu. Sedangkan Fitur Artikel membuat informasi gizi dan nutrisi yang dibutuhkan sesuai usia kehamilan.

Aplikasi HALLO BUMIL merupakan bentuk kepedulian Prenagen terhadap ibu hamil zaman digital. Prenagen melihat hobi perempuan zaman sekarang yang senang bermain gadget. Maka aplikasi digital ini dipandang sebagai sarana yang menjembatani ibu hamil era digital dengan informasi-informasi penting mengenai kehamilan yang bisa diakses secara mudah dari gadgetnya.

Asyik mengamati berbagai pose ibu-ibu hamil di booth foto dan menyaksikan Chef Eddrian dengan kesibukannya, tiba-tiba saya dikejutkan sapaan dari pembawa acara event ini yang mengabarkan kehadiran Mona Ratuliu. Fyuuh rombongan mama-mama muda ini berkerumun mengajak Mona berselfie, padahal dia kan harus buru-buru memasuki ruangan tempat acara inti digelar.

Selfie dulu sist

Tak lama kemudian para hadirin dipersilahkan masuk ke meeting hall Dyandra yang gede, adhem dan kursinya empuuuk. Saya kebagian duduk di sayap kiri, jadinya fotonya nggak terlalu jelas. Animo mamah-mamah ini duuuh mengagumkan sekali, begitu pintu dibuka langsung dah berebut duduk di barisan kursi terdepan.
Mona Ratuliu membuka acara dengan sapaan ramah pada para pengunjung kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua IDI. PPEJ kali ini kian istimewa dengan kehadiran wakil gubernur Jatim Syaifullah Yusuf. Dalam sambutan singkatnya pak Wagub berpesan bahwa kesehatan dan keselamatan ibu hamil adalah tanggung jawab segenap elemen masyarakat. Beliau juga menyatakan bahwa angka kematian ibu hamil di Jawa Timur tergolong rendah dan berharap kesehatan dan keselamatan ibu hamil di Jawa Timur akan lebih diperhatikan agar terlahir bayi yang sehat. Yuk sama-sama menjaga kesehatan ibu hamil di sekitar kita. 

Wagub Syaifullah Yusuf dalam sambutan singkat


Daaan ...yang ditunggu-tunggu hadirin pun mendapat kesempatan pertama membuka talk show. Andien, si cantik bersuara emas ini tampak makin cantik keibuan setelah melahirkan anak pertamanya. Andien didampingi sang suami menceritakan bahwa selama masa kehamilan ia sangat terbantu oleh sahabat terbaiknya yaitu sang suami dan Prenagen. Suami tercinta membantunya melalui masa-masa sulit terutama di trisemester pertama dan selalu siaga hingga saatnya melahirkan. Prenagen Emesis membantunya mendapatkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan si jabang bayi meski kesulitan makan di awal-awal kehamilan karena terganggu rasa mual dan menunrunnya nafsu makan. Andien mengingatkan pentingnya memperhatikan 1000 hari pertama dalam proses pembentukan buah hati. Hitungan 1000 hari ini dimulai sejak masa pembuahan hingga sang buah hati berusia 2-3 tahun. Andien juga menekankan bahwa kondisi psikologis ibu yang kondusif berpengaruh terhadap produksi ASI. Naah dukungan suami diakuinya sangat membantunya untuk merasa rileks, tenang, bahagia selama masa kehamilan sehingga produksi ASInya pun mencukupi.
Suasana di gedung Dyandra semakin cair ketika dua ibu yang beruntung untuk bertatap muka langsung dengan Andien di atas panggung menyemarakkan suasana. Hadirin yang beruntung ini dipersilahkan menanyakan tentang pengalaman Andien selama masa kehamilan. Eh salah satu ibu bahkan memanggil Andien dengan sebutan "Sist" hahaha tanpa dikomando para penonton pun tertawa geli dibuatnya. Satu hal yang tak kalah penting ditekankan dalam pembicaraan Andien dan Mona Ratuliu ini adalah pentingnya memperhatikan kesehatan plasenta. 
Sist Andien, saya mau foto bareng doong
Melanjutkan pembahasan mengenai plasenta, dr. Boy Abidin SpOG membahas hal-hal penting mengenai plasenta.
Definisi dan Fungsi Plasenta
Plasenta merupakan sarana penghubung antara ibu dan bayi. Plasenta terbentuk ketika janin sudah mulai terbentuk.
Fungsi plasenta adalah:
1. membawa zat nutrisi dan oksigen kepada janin
2. membuang zat beracun
3. mempengaruhi sistem kekebalan tubuh
4. produksi hormon untuk perkembangan janin
Catet, plasenta bukan hanya untuk mengalirkan zat makanan kepada bayi dalam kandungan namun juga menjadi saluran pembuangan zat beracun dari tubuh bayi. Subhanallah kompleks sekali ciptaan Tuhan yah.
Mengingat pentingnya fungsi plasenta maka penting sekali memperhatikan nutrisi ibu karena sangat berpengaruh pada nutrisi janin. Kecukupan nutrisi ibu dipengaruhi oleh faktor diet makanan, berat badan, status endokrin dan metabolisme tubuh. Intinya saat hamil ibu harus memantau pertumbuhan berat badannya. Pertambahan berat badan yang terlalu besar ada kemungkinan menimbulkan obesitas dan hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan plasenta dan bayi yang dikandungnya. Ibu juga harus mewaspadai kandungan garam dalam asupan makanan yang dikonsumsi terutama jika ia memiliki riwayat hipertensi. 

"You are WHAT your mother eat" Pertumbuhan dan kesehatan bayi dalam kandungan sangat dipengaruhi makanan yang dikonsumsi sang ibu sebab plasenta akan menyalurkan zat-zat makanan hasil pengolahan di dalam tubuh ibu.


Mewaspadai Gangguan Plasenta Dalam Masa Kehamilan


Makanan, gaya hidup dan riwayat kesehatan ibu hamil berpengaruh terhadap kondisi dan kesehatan plasenta. Ibu hamil harus mewaspadai gangguan-gangguan plasenta pada kehamilan sebagai berikut:
1. pre eclamsia yaitu kondisi gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kandungan protein yang tinggi dalam urine. Kondisi ini dapat membahayakan organ-organ tubuh lainnya, seperti ginjal, hati, dan mata.
2. diabetes melitus yaitu sub-tipe dari diabetes melitus. Pada kondisi ini wanita yang tak pernah didiagnosis diabetes sebelumnya tiba-tiba menunjukkan kadar glukosa darah yang tinggi selama kehamilan.
3. prematuritas yaitu kondisi bayi terlahir prematur atau sebelum usia kelahiran yang optimal. Seringkali bayi terlahir prematur mengalami gangguan kesehatan dan ketidaksempurnaan pada organ-organ tubuhnya
4. kematian janin



Gangguan plasenta bisa diindikasikan salah satunya dengan kondisi berat badan janin yang kurang dari berat badan ideal atau yang disarankan dokter selama dalam kandungan. Kondisi plasenta sendiri bisa dipantau melalui pemeriksaan plasenta secara berkala.

Agar plasenta berada dalam kondisi baik maka ibu harus memperhatikan nutrisi lengkap dan seimbang. Artinya bukan sekedar melipatgandakan porsi makanan namun harus makanan yang dikonsumsi ibu hamil hendaknya memenuhi kebutuhan makronutrisi berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral serta mikronutrisi seperti zat besi, asam folat secara seimbang.

Kebutuhan mikronutrisi bagi ibu hamil dapat dicukupi melalui buah, sayuran dan susu.
Gambaran bagaimana susu bisa melengkapi kebutuhan mikronutrisi dapat dilihat dalam diagram berikut ini:
Dalam diagram tersebut dijelaskan bahwa setiap ibu hamil membutuhkan protein setara 70 gram daging sapi, asam folat setara 450 gram bayam, zat besi setara 500 gram bayam serta Kalsium, Inulin, Vitamin D dan DHA. 
Apa akibatnya jika kebutuhan nutrisi ibu hamil tidak terpenuhi atau terjadi gangguan pada plasenta sebagai pensuplai kehidupan janin dalam kandungan? tentu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin yang dikandungnya.

Pada kesempatan berikutnya dr. Herbowo AF Soetomenggolo SpA (K) memaparkan mengenai tumbuh kembang anak. Tumbuh kembang anak merupakan sesuatu yang kompleks, menyangkut bertambahnya ukuran fisik (lingkar kepala, tinggi atau panjang badan, berat badan) dan kemampuan anak yang meliputi kemampuan motorik kasar, motorik halus, kualitatif, bahasa dan persona sosial. Tumbuh kembang anak juga meliputi perkembangan EQ dan IQ. Dan menurut studi jangka panjang faktor prediktor IQ anak adalah IQ Ibu. Horeee sujud syukur, hidup Ibu-ibuu..




Tumbuh kembang anak dipengaruhi faktor-faktor Internal dan Eksternal. Faktor internal meliputi genetik, ras, usia, jenis kelamin. Faktor eksternal meliputi nutrisi, penyakit, lingkungan dan stimulasi. Jika faktor internal tidak dapat diganggu gugat maka faktor eksternal dapat diintervensi. Salah satu intervensi dalam faktor eksternal adalah dengan memperhatikan status nutrisi ibu hamil selama masa kehamilan. Tercukupinya nutrisi selama masa kehamilan akan berpengaruh terhadap pembentukan syaraf otak pada anak. Kecukupan nutrisi bagi ibu tak hanya saat masa kehamilan saja tetapi juga terus berlangsung hingga masa menyusui. Oleh sebab itu kesehatan ananda berawal dari kesehatan ibunda. Setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk ananda sebagai sosok teristimewa.

Lebih lanjut dr. Herbowo AF Soetomenggolo SpA (K) menjelaskan tentang sistem syaraf dalam otak manusia dan proses pembentukan syarafnya.

Dapat disimpulkan bahwa pembentukan komponen-komponen syaraf sangat ditentukan oleh nutrisi.
Maka agar pembentukan syaraf yang sempurna maka harus disiapkan nutrisi selama 1000 hari pertama yaitu selama kehamilan ibunda, tahun pertama dan tahun kedua pertumbuhan ananda.
dr. Herbowo AF Soetomenggolo SpA (K) menekankan satu hal terpenting dalam mengukur tingkat tumbuh kembang anak yaitu: Ukuran lingkar kepala ketika baru lahir dan dalam masa pertumbuhan.

Dalam kesempatan ini dr. Herbowo juga memaparkan mitos Vs fakta selama masa kehamilan. Misalnya selama masa kehamilan ibu hamil dianjurkan memperbanyak minum air kelapa agar kulit bayi bersih dan putih. Faktanya air kelapa berfungsi sebagai penghangat bagi bayi di dalam kandungan. 
Kaput, Selaput lemak penghangat tubuh bayi

Mongolian Spot, seringkali dikhawatirkan sebagai gejala penyakit berbahaya. Faktanya bercak ini tidak berbahaya.
Selanjutnya dr. Herbowo AF Soetomenggolo SpA (K) memaparkan cara memantau perkembangan syaraf anak secara efisien, yaitu dengan cara menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan secara berkala, mengukur lingkar kepala secara berkala serta memantau perkembangan motorik dan sensorik anak sesuai usia.
Dalam memantau perkembangan syaraf anak, orang tua harus proaktif menanyakan kepada dokter anak yang memeriksa dan waspada mengenai Red Flag. Red Flag adalah batasan perkembangan yang harus sudah dilewati pada usia tertentu.
Berikut adalah batasan-batasan Red Flag sesuai pertumbuhan anak:

Red Flag usia 6 bulan

Red Flag usia 9 bulan

Red Flag usia 12 bulan

Dan orang tua harus lebih waspada jika pada usia berapa pun sang anak menunjukkan Red Flag serius:

1. tidak memenuhi syarat pekembangan sesuai usia
2. kehilangan kemampuan
3. tidak ada respon terhadap suara maupun visual
4. miskin interaksi
5. perbedaan kekuatan dan kemampuan gerakan, tonus otot antara kedua sisi anggota tubuh
6. gerakan anak terlalu kaku atau terlalu lemah



Pada kesempatan berikutnya, Ibu Sianne dari Prenagen memaparkan pentingnya bagi ibu hamil untuk minum susu. Kenapa sih ibu hamil sebaiknya minum susu? antara lain karena:
1. susu merupakan pelengkap dalam 4 sehat lima sempurna
2. susu adalah sumber Kalsium terbaik
3. susu lebih "ramah" terhadap ibu hamil yang sulit mencerna makanan terutama ketika mengalami mual dan morning sickness di awal masa kehamilan
Sayangnya menurut fakta kesadaran ibu hamil di Indonesia untuk minum susu masih tergolong rendah dibandingkan di negara-negara ASEAN lainnya.

Jika ada pertanyaan mengapa harus susu ibu hamil dan tidak minum suplemen saja untuk mencukupi nutrisi? Faktanya:
1. Susu mengandung makro nutrien dan mikronutrisi yang cukup lemak dan rendah gula
2. Susu ibu hamil mengandung Kalsium lebih besar dibandingkan susu biasa
3. Kadar nutrisi pada susu telah disesuaikan, ditakar sesuai porsi untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.
Mengapa sih sebaiknya minum susu ibu hamil daripada suplemen? 

Prenagen peduli  terhadap kebutuhan nutrisi ibu hamil  atau ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan. Hal ini ditunjukkan dengan jenis produk-produk Prenagen sesuai kebutuhan yaitu:
  1. Prenagen Esensis yaitu nutrisi persiapan kehamilan yang bisa diminum begitu menikah. Mengandung Asam Folat, Zinc, Zat besi, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Omega 3 dan 6, serat alami
  2. Prenagen Mommy Emesis yaitu nutrisi untuk mengurangi mual dan muntah di awal kehamilan. Mengadnung Vitamin B6 dan protein serta dilengkapi Asam Folat, Kalsium, Fosfor, Zat besi
  3. Prenagen Mommy yaitu nutrisi selama masa kehamilan. Mengandung Asam Folat, Zat Besi, Vitamin B12, serat alami dan berbagai mikronutrisi lainnya. Ada juga bentuk yang praktis siap minum (UHT). Bisa diminum kapan saja di mana saja. Rasanya yummy, kebetulan saya sudah mencicipi rasa coklatnya.
  4. Prenagen Lactamom yaitu nutrisi masa menyusui untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Mengandung Asam Folat, Zinc, Zat besi, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Omega 3 dan 6, serat alami
  5. Prenagen Juice yang terbuat dari sari buah delima (pomegranate) dan anggur. Mengandung Asam Folat, Zinc, Zat besi, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Omega 3 dan 6, serat alami. Diminum dingin lebih nikmat.

Masih ingat Booth Bump To Birth Nutrition? Yup bootnya chef Eddrian Thjia ini memanjakan ibu-ibu hamil yang hadir di ballroom untuk mencicipi smoothies. Wah senangnya ibu-ibu yang beruntung mendapatkan icip-icip satu cangkir kecil. Enak kan? saya udah mencicipinya pagi-pagi sekali dan acung dua jempol dah.


Tak terasa beberapa jam duduk mendengarkan berbagai teori penting mengenai kehamilan dan tumbuh kembang anak maka saatnya relaksasi. Maka saatnya ibu-ibu hamil mempraktekkan senam PRENAFit di bawah instruksi Adianti Reksoprodjo, seoarng instruktur pertama di Indonesia yang memiliki sertifikat untuk senam prenatal dan post natal.

Apa sih senam PRENAFit itu? senam PRENAFit adalah gerakan senam yang membantu ibu hamil agar bisa lebih rileks, mencegah kenaikan berat badan berlebihan, meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan saat persalinan, mengurangi resiko terjadinya diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi pada saat hamil serta mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata-rata.


Hayuuk semangat ibu-ibu ...tarik nafas ..hembuskan
Namun pelaksanaan senam untuk ibu hamil ini perlu memperhatikan poin-poin berikut demi menjaga kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan:
1. Segera hentikan senam atau jangan memaksakan senam  jika ibu merasa pusing, sakit dada, atau merasa lemah dan letih berlebihan
2. Segera hubungi dokter dan hentikan senam olahraga ketika terjadi spotting (bercak darah)
3. Segera hentikan aktivitas olahraga dan beristirahatlah ketika ibu hamil kesulitan bernapas atau sesak nafas
4. Jangan paksa melakukan senam dan berolahraga jika ditemui pembengkakan pada kaki


Acara PPEJ 2017 Surabaya makin seru dengan lomba mannequin challenge. Para peserta mulai beraksi dalam berbagai pose. Tidak hanya ibu hamil tetapi juga bapak-bapaknya juga...hahaha Saluuut.
Kira-kira manuquin challenge pasangan ini temanya apa ya?

PPEJ 2017 Surabaya semakin meriah dengan pembacaan para pemenang lomba digital (sosial media) dan door prize dari undian. Ikut senang melihat ibu-ibu hamil yang bersorak gembira ketika nama atau nomor undiannya disebutkan. Rezeki jabang bayi ya Buu...

Acara yang menarik, seru dan inspiratif ini ditutup dengan komitmen para narasumber bersama hadirin untuk selalu minum susu setiap hari, terutama bagi ibu hamil sebab kecukupan nutrisi bagi sang bayi sebagai sosok istimewa dalam kehidupan bersumber dari makanan yang dikonsumsi sang ibu. Memang benar yah Terbaik Untuk yang Teristimewa, kesehatan ananda berawal dari kesehatan Ibunda.
Komitmen : Minum susu tiap hari


3 comments:

  1. Beruntung ya Bu bisa hadir di event seperti ini.
    Semoga promil-ku tahun depan sukses dan lancar.

    ReplyDelete
  2. Aku Ikut senam juga, siapa tahu agak kurusan, hehehehe. Acara PPEJ menarik dari tahun ke tahun emang ikutan acara ini. Sukak... dari tahun 2015 ampe skrg msh rajin ikut...

    ReplyDelete
  3. Rame bgt di sana...sayang kita gak ketemu, mbak...T.T
    Edukasi bgt acara PPEJ kmrn. Suka :)

    ReplyDelete