Google+ Followers

Monday, June 19, 2017

Surabaya Berseri Bersama Astra

“Surabaya ...Surabaya...Oh Surabaya
Kota kenangan ...kota kenangan tak kan terlupa
Di sanalah di sanalah di Surabaya
Kami berjuang kami berjuang bertaruh nyawa”
Syair lagu riang bertema heroik ini mengingatkan kembali pertempuran 10 November 1945 yang melatarbelakangi sebutan Kota Pahlawan bagi Surabaya.
Jika puluhan tahun lalu arek-arek Surabaya terbakar semangatnya demi mengusir para penjajah dari bumi kota berlambang ikan Sura dan Buaya, maka kini saatnya mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang demi kemajuan Surabaya.
Surabaya, kini menjelma sebagai kota metropolitan. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya bisa disebut sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.  Sebagaimana permasalahan kota besar pada umumnya, Surabaya dihantui masalah polusi, pengolahan sampah dan kepadatan penduduk.  Sebagai kota pusat industri dan hiburan Surabaya menjadi layaknya lampu bagi laron untuk datang karena mengagumi gemerlapnya. Sumber Daya Manusia berlimpah dan permasalahan yang terkait sosial ekonomi pun turut menimbulkan resah.
Kampung-kampung kumuh pun mulai tumbuh. Bantaran kali menjadi sasaran para pendatang ilegal untuk tinggal di gubuk-gubuk kardus. Kampung-kampung gang kelinci tampak muram dengan drainase dan sumber air yang tak layak. Bau sampah menusuk karena menumpuk di sudut gang-gang sempit. Namun perlahan Surabaya bersolek, layaknya gadis cantik yang tengah menanti sang pujaan hati. Taman-taman kota dipercantik, SPBU yang mengambil alih lahan hijau ditertibkan, kampung-kampung kumuh berhias meninggalkan kesan kumuhnya selama ini.
Salah satu ikon baru Surabaya adalah Kampung bulak sebagai kampung wisata Surabaya. Lokasi kampung nelayan ini berada tak jauh dari Pantai Ria Kenjeran. Di pagi hari Kampung Bulak tak kalah eksotis dengan Pantai Kuta yang menyajikan pemandangan matahari terbit. Kesan kampung nelayan yang bau dan kumuh perlahan dikikis habis. Berbagai program pemerintah kota Surabaya bertujuan mengangkat pamor kampung Bulak agar lebih maju secara finansial dan bisa menjadi tujuan wisata. Salah satu event untuk mengasah pamor kampung Bulak adalah Bulak Fest 2016.
BulakFest 2016 merupakan event yang diisi berbagai kegiatan event dan lomba seperti lomba foto Sunrise of Bulak, Festival makan ikan bersama Walikota, Lomba perahu Nelayan Bersih, Lomba Perahu Nelayan cantik, lomba masak, demo masak berbahan baku ikan asap dan fashion show. Tak lupa awak media serta berbagai komunitas termasuk blogger turut mengambil serta peran mengulas Kampung Bulak atas undangan pemerintah kota.
Sunrise of Bulak (sumber foto IG Sunrise Of Bulak)

Kesan kumuh pada kampung nelayan pun perlahan hilang. Pemerintah kota Surabaya juga mendirikan Sentra Ikan Bulak sebagai pusat perdagangan ikan dan hasil olahan laut terbesar di Surabaya. Di sentra dua lantai dengan sekitar 200 stand ini pengunjung bisa menikmati dan mengabadikan suasana pantai sekaligus berbelanja. Tertarik wisata kuliner sea food atau belanja produk kerajinan kerang? Semua tersedia di Sentra Ikan Bulak. Maka kampung nelayan yang kumuh pun kini telah mempercantik diri.
Sentra Ikan Bulak (sumber foto: nasional.tempo.co)

Apalagi lokasi Sentra Ikan Bulak ini berada tak jauh dari jembatan sepanjang 800 meter dengan konsep melayang dan memutar di atas pesisir. Ditambah dengan adanya monumen air mancur menari berwarna-warni. Harapan pemerintah kota wisata Bulak Kenjerang akan terintegrasi dengan pembangunan ekonomi dan kemajuan finansial penduduk sekitar.

Mendandani kampung-kampung kumuh menjadi cantik dan produktif tidak hanya tugas pemerintah. Pihak swasta pun diharapkan terjun  secara aktif membangun Surabaya sebagai kota yang lebih baik. Pemberdayaan kampung-kampung menjadi lebih baik telah dirintis PT. Astra Internasional Tbk sejak Tahun 2014. Program CSR PT. Astra Internasional Tbk ini resmi dilaksanakan pada Selasa 14 Oktober 2014 di Kampung Keputih Tegal Timur.

Pencanangan Kampung Berseri Astra Keputih Tegal Timur (Sumber foto: astra.co.id )

Program Corporate Social Responsibility (CSR) Astra ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Astra terhadap lingkungan sekitar. Kampung Keputih Tegal Timur terpilih sebagai kampung yang mendapat bantuan Astra untuk dikembangkan menjadi kampung berseri sebab kondisinya sangat mendukung. Sebagian besar penduduknya adalah ibu rumah tangga dan buruh harian dengan penghasilan di bawah UMR. Kondisi lingkungan yang minim air bersih dan lingkungan yang tampak gersang menjadi penyebab kampung ini kurang asri, gerah dan panas. Namun demikian masyarakatnya kondusif, cukup kompak dalam bekerjasama dan gemar bergotong royong. Tidak mengherankan jika kampung berseri Astra kampung Keputih Tegal Timur dijuluki sebagai mutiara di tengah lumpur sebab kampung ini dahulu dikenal sebagai kampung kumuh dan berlumpur namun usai dipoles menjadi lebih berseri bagaikan mutiara.
Pembangunan Kampung Berseri Astra ini dilakukan secara bertahap. Tahun 2013-2014 direncanakan menjadi kampung bersih dan asri, tahun 2015-2016 menjadi pusat wisata edukatif dan tahun 2020 diharapkan kampung bersih Keputih Tegal Timur mampu menjadi ikon kota Surabaya. Tugas yang terberat adalah memastikan fasilitas publik yang telah dirintis Astra Tbk berfungsi sebagaimana mestinya dan membawa manfaat bagi masyarakat sekitarnya.
Saat ini kampung Keputih Tegal Timur telah menjelma menjadi kampung yang hijau dan memiliki berbagai fasilitas publik yang mendukung kegiatan masyarakat. Tidak mengherankan jika berkunjung ke kampung berseri Astra ini bisa ditemukan rumah hijau, bank sampah dan rumah pintar hingga instalasi pengolahan air bersih sebagai fasilitas utama yang dibutuhkan para warga yang kesulitan memperoleh air bersih. Lingkungan lebih bersih, hijau dan asri. Sampah berkurang dan bank sampah membantu memberikan penghasilan tambahan. Ditinjau secara finansial Kampung Keputih Tegal Timur juga lebih moncer dibandingkan kampung lainnya. Di Keputih Tegal Timur terdapat kelompok bisnis Usaha Kecil Menengah yang terbina serta pelatihan budidaya tanaman dan pembuatan pupuk kompos. 
Astra tidak hanya memfasilitasi dan mengupayakan kebersihan lingkungan bagi penduduk Kampung Keputih Tegal Timur namun juga memperhatikan masalah pendidikan anak-anak usia dini. Di Rumah pintar yang difasilitasi program CSR Astra bisa ditemui anak-anak yang antusias mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan relawan, salah satunya dari Tunas Hijau. Anak-anak yang aktif ini terlihat gembira bermain sambil belajar mengenal permainan tradisional dan edukatif.
Pendidikan untuk anak-anak Sumber foto: harianbhirawa.com

Pembangunan Kampung Berseri Astra ini merupakan salah satu dari empat pilar program Corporate Social Responsibility (CSR) Astra yaitu Lingkungan, Pendidikan, Kesehatan dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Empat pilar utama CSR Astra ini dipandang sebagai prioritas utama untuk dikembangkan sebab memegang peran penting dalam kehidupan masyarakat.
1.   Lingkungan
Bumi sebagai tempat hidup manusia diharapkan berfungsi secara kondusif, kebutuhan air bersih tercukupi, sanitasi dan kelayakannya mendukung untuk derajat hidup lebih baik.
2.   Pendidikan
Semakin terdidik suatu masyarakat maka kesadarannya sebagai warga negara akan semakin tergugah. Manusia terdidik akan mampu berbuat lebih baik untuk lingkungan sekitar dan negaranya.
3.   Kesehatan
Syarat utama berkarya adalah pengetahuan dan kesehatan. Di dalam tubuh yang sehat dan kuat akan terdapat jiwa yang sehat pula. Semakin tinggi derajat kesehatan maka semakin mudah mengkondisikan masyarakat untuk rajin berkarya
4.   Usaha Kecil dan Menengah
UMKM adalah harapan Indonesia. Kemandirian masyarakat secara finansial menjadi modal penting bagi negara Indonesia untuk maju secara finansial dan terbebas dari hutang luar negeri. Semakin berdaya secara ekonomi masyarakatnya semakin ringan pula beban negara karena tak perlu dibebani oleh subsidi-subsidi.

Maka program Kampung Berseri Astra ini merupakan langkah nyata grup Astra dalam meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia. Mengingatkan kembali bahwa pihak swasta, sebuah perusahaan besar tidak hanya mengeruk keuntungan dari unit usaha yang dijalankan tetapi juga peduli memberdayakan masyarakat dan menjaga kebersihan lingkungan demi kemajuan hidup berbangsa dan bernegara.


#SatuIndonesia
Daftar pustaka:
1. Astra.co.id
2. Berita Satu.com
3. KabarSurabaya.org
4. Nasional.tempo.co
5. harianbhirawa.com

1 comment:

  1. ASTRA emang korporasi yang luar biasa. Bangga bersama ASTRA
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete