Google+ Followers

Tuesday, June 6, 2017

Anyang-anyangan Saat Datang Bulan? Nggak lagi sejak...

Anyang-anyangan saat menstruasi  sungguh mengganggu sekali. Menstruasi adalah hal yang wajar dialami perempuan usia produktif. Menstruasi merupakan proses peluruhan sel telur yang tidak dibuahi. Sel telur tersebut akan luruh bersama jaringan selaput rahim berupa darah. Sebagian besar perempuan merasakan nyeri haid berkepanjangan ketika datang bulan maka sungguh tak nyaman jika penderitaan harus bertambah karena anyang-anyangan.
          Anyang-anyangan adalah gangguan pada saluran kemih yang bisa dialami oleh pria maupun wanita. Dalam bahasa medis anyang-anyangan disebut sebagai infeksi saluran kemih. Ditinjau dari anatomi dan fisiologi, penderita anyang-anyangan mayoritas adalah wanita. Secara anatomi jarak antara saluran kemih wanita ke saluran pembuangan air besar (anus) lebih dekat dibandingkan jarak saluran kemih pria ke saluran pembuangan air besar. Inilah penyebab utama wanita lebih mudah menderita anyang-anyangan. Apalagi jika saat datang bulan, lembabnya pembalut bisa menjadi pemicu tumbuhnya bakteri penyebab anyang-anyangan.
          Anyang-anyangan adalah kondisi tertentu yang ditandai dengan frekuensi buang ait kecil menjadi lebih sering dari biasanya tapi volumenya sedikit demi sedikit, mirip kran yang airnya keluar tersendat-sendat. Duuh ngilu, perih dan tak nyaman. Anyang-anyangan disebabkan oleh gangguan bakteri pada ginjal, ureter, uretra dan kandung kemih. Anyang-anyangan adalah infeksi yang menyerang saluran kemih bawah yang secara sepesifik menyerang uretra dan kandung kemih.
          Penyebab anyang-anyangan selain gangguan bakteri adalah efek diuretik akibat minuman berkafein tinggi seperti teh dan kopi atau alkohol. Anyang-anyangan bisa juga terjadi sebagai pengaruh kehamilan, pembesaran prostat, interstitial cystitis dan otot detrusor tidak stabil.
Gejala anyang-anyangan pada setiap orang tidak mesti sama, saya misalnya kalau pas terserang anyang-anyangan di bagian bawah pusar dan derah panggul terasa ngilu, nyeri dan perih saat buang air kecil. Gejala anyang-anyangan yang umum adalah:
1.   Sering merasa ingin buang air kecil tetapi keluarnya sedikit-sedikit dan tersendat
2.   Nyeri di bagian panggul terutama wanita
3.   Sebagian pria yang menderita anyang-anyangan merasa nyeri pada anus
4.   Rasa perih di saluran kencing ketika buang air kecil
5.   Pada beberapa orang bisa muncul demam dan tubuh merasa lebih mudah lelah

Penderita anyang-anyangan yang merasa sakit buang air kecil tanpa dikomando berupaya mencari cara mengatasi anyang-anyangan. Dulu saya ikut nasehat orang-orang :kalau anyang-anyangan ambil karet gelang lalu lilitkan di jempol kaki lalu perbanyak minum. Tapi kok ga manjur ya hihihi. Namun anjuran perbanyak minum air putih itu memang benar. Sebab tanpa menunggu menderita anyang-anyangan pun sebaiknya kita mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Mengingat penyebab anyang-anyangan adalah aktivitas bakteri maka minum air putih saja tidak cukup. Harus ada tindakan kuratif yang bertujuan menyembuhkan secara optimal.
Zaman sekarang mengatasi susah buang air kecil sudah tak perlu karet gelang lagi. Karena sudah ada Prive Uri-cran, pembasmi anyang-anyangan bagi pria maupun wanita. Penyebab sakit buang air kecil atau anyang-anyangan adalah gangguan di saluran kencing bagian dalam maka proses penyembuhannya juga harus meliputi bagian internal. Cara paling efektif adalah dengan minum suplemen yang membantu mengatasi anyang-anyangan yaitu Prive Uri-cran.
Gambar dari uricran.co.id

Ada rahasia apa di balik Prive-Uri-cran? Suplemen yang bertujuan mengatasi anyang-anyangan ini terbuat dari ekstrak cranberry. Buah cranberry merupakan buah dengan kadar vitamin C yang cukup tinggi, kaya erat makanan, mineral dan falvonoid antosianidin. Di dalam cranberry juga terdapat sianidin, penonidin dan quercetin yang mengandung senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol. Banyaknya kandungan senyawa di dalam buah cranberry menjadikan buah ini digandrungi para pecinta hidup sehat untuk mencegah penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker. Kabar baiknya cranberry juga bisa membantu mengatasi anyang-anyangan sebab buah yang rasanya manis kecut ini mengandung antioksidan prianthosyanidins yang berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada saluran kemih yang memicu terjadinya anyang-anyangan.
Ditinjau dari sejarahnya buah cranberry memang diburu banyak orang untuk tujuan pengobatan. Berbagai senyawa penting di dalamnya mampu mengobati berbagai penyakit. Dewasa ini cranberry (dan ekstraknya) semakin populer dimanfaatkan sebagai antioksidan  dan sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan.
Ekstrak cranberry aman ga sih? Pada bulan April 2004 lembaga pengawas obat dan makanan Prancis AFSSA mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk menjaga kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan dengan uji klinis acak sempurna sebanyak 4 kali sehingga diambil kesimpulan secara medis bahwa jus cranberry terbukti menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.
Apa harus pergi ke Perancis untuk membeli jus atau ekstrak Cranberry? Ya nggak lah. Jadi gini nih, cara pengobatan anyang-anyangan paling praktis. Kita ga perlu pontang-panting cari buah cranberry, ga susah-susah menanam dan merawat pohonnya demi berharap panen buahnya sebab ekstrak cranberry sudah dikemas sedemikian rupa oleh Combiphar dan diedarkan secara bebas di Indonesia. Bisa dibeli secara online melalui websitenya atau di apotek ternama seperti Guardian.
Tapi bukan karena sok sokan gampang dapetin ekstrak cranberry dalam bentuk serbuk dan kapsul yang dikemas praktis trus leha-leha aja pas datang bulan. Perlu banget dong menjaga kesehatan reproduksi wanita. Bagaimanapun tindakan preventif perlu diupayakan sebagai pencegahan. Saya sendiri belajar mendisiplinkan diri untuk lebih peduli menjaga kesehatan reproduksi wanita terutama saat datang bulan. Ngeri aja ingat-ingat ga enaknya menderita anyang-anyangan saat menstruasi.
Apa saja yang perlu dilakukan demi menjaga kesehatan organ reproduksi wanita selama datang bulan?
1.  Rajin mengganti pembalut. Tak perlu menunggu berapa jam sekali. Terasa sudah “penuh” buruan diganti
2.   Pilih pembalut yang tidak menyebabkan iritasi
3.   Perbanyak minum air putih dan buah-buahan
4.   Rutin berolahraga terutama jalan kaki
5.  Biasakan berpikir positif. Tau sendiri lah kalau pas datang bulan suka marah-marah dan emosian (curcol curcol)


Bersyukur banget ketemu Prive Uri-cran yang serbuk. Kemasannya praktis dan tampak lux. Cara membuatnya pun mudah. Tinggal sobek dan tuangkan di dalam gelas berisi air lalu aduk. Saya sukanya pakai air dingin, manis sedikit kecut asam pokoknya seger banget dah rasanya. Pikir-pikir kayaknya ngga perlu nunggu anyang-anyangan pula kalau pengen mencicipi Prive Uri-cran mengingat manfaat cranberry yang bejibun tadi. 

Lebih suka yang praktis dan bisa dibawa bepergian? Prive Uri-cran dalam bentuk kapsul cocok dijadikan pilihan. Selamat berburu Prive Uri-cran dan rasakan sendiri manfaat dan kesegarannya. 

1 comment:

  1. Prive Uri Cran ini bermanfaat banget mba
    apalagi buat yg sering ngetrip
    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete