catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Khotbah Iduladha 1444 H

Khotbah Iduladha

Ustadz Zainuddin

10 Dzulhijjah 1444 H



Setiap Iduladha umat muslim diingatkan hikmah hari raya qurban. Ustadz Zainuddin dari Sidoarjo menekankan agar jamaah menelaah kembali tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan kisah Nabi Ibrahim. 

✅Al Mumtahanah ayat 4, tentang perintah Allah agar kaum beriman menemukan teladan pada sosok Nabi Ibrahim 

✅As Shaffat : 100

Teladan dari nabi Ibrahim bahwa meski telah usia lanjut , tetap memohon karunia anak yang sholeh. Sebuah anugerah tak terkira bagi Nabi Ismail ketika ia mendapat kabar bahwa Hajar telah hamil.

Agar tak ada kecemburuan dalam diri Sarah karena Hajar telah hamil, maka ia dibawa keluar dan hijrah ke Bakah/Mekah. Nabi Ibrahim mendapat perintah agar Hajar dan Ismail ditinggalkan di tempat yang jauh dari manapun dan tanpa bekal makanan maupun minuman.



Hikmah:

1. Nabi Ibrahim selalu menunaikan perintah Allah. Meski jika dinalar tidak masuk logika, ia patuh kepada Allah. Dinyatakan bahwa ujian yg menimpa Nabi Ibrahim beruntun (sudah lama menikah tidak punya anak, usia semakin tua, ketika sudah punya anak ia diperintah untuk meninggalkannya.  tapi karena cinta Ibrahim kepada Allah menjadikannya segala mudah dilalui. 

Ustadz Zainudin mengingatkan kembali seseorang akan merasakan nikmatnya iman: mencintai Allah dan RasulNya dinomorsatukan dari lainnya (,beribadah kepada Allah hanya yang disyariatkan, itulah bukti cinta kepada Rasulullah),  mencintai seseorang atau tidak mencintai seseorang juga karena Allah, tidak mau kembali kepada kekafiran/kejahiliyahan ketika telah diselamatkan Allah, menerima hidayah karena takut api neraka.



2. Hajar istri Ibrahim adalah istri yang hebat, imannya kepada Allah sangat kuat. Ia rela ditinggalkan suami tanpa bekal sebab itu perintah Allah. Artinya ia yakin Allah akan menolong orang yang mentaati perintahNya

Ar Ruum 47

Jangan lelah berbuat dan mendakwahkan kebaikan

Qs Muhammad

Qs Al anam 112

3. Nabi Ibrahim selalu memohon kepada Allah meski sudah usia tua agar dikaruniai anak yang sholeh, bukan anak yang kaya, berkuasa. Tetapi anak sholeh, artinya memiliki anak sholeh lebih utama dari kekayaan, kemasyhuran.



Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.