catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Hikmah di Balik Istighotsah


Andai pandemi diibaratkan badai, badai yang melanda Indonesia dan di perumahan kami tak kunjung usai. Yang terpapar kian banyak saja. Beberapa diantaranya berpulang karena dijemput maut melalui virus corona. Demikian pula dengan beberapa tetangga saya.

Menyikapi hal demikian, suatu hari bada sholat subuh berjamaah di Masjid AL Ukhwwah, imam sholat Ustadz Ahmad Habibul Muiz mengajak jamaah memanjatkan doa bersama sebagai salah satu ikhtiar memohon pertolongan untuk diselamatkan dan mendapatkan jalan keluar terbaik.

Ustadz Habib secara singkat juga menjelaskan bahwa pada dasarnya jenis doa terbagi menjadi dua yaitu doa istiƔdzah yaitu doa memohon perlindungan kepada Allah. Seperti contohnya doa menjelang dan bangun tidur, doa keluar masuk kamar mandi, doa keluar masuk masjid dll.
Sedangkan istighotsah adalah doa khusus yang dipanjatkan kepada Allah, dalam suasana genting. Kondisi di tengah wabah yang hingga menelan korban jiwa misalnya, atau di medan pertempuran sesuai sejarah turunnya ayat Al Quran yang kemudian menjadi landasan istighotsah.

Sejarah Istiqhotsah adalah saat Perang Badar. Rasulullah memanjatkan doa khusus: ya Allah jika kaum muslimin kalah dalam perang ini, tak tersisa lagi maka risalah Islam tak akan sampai kepada seluruh umat manusia. 
šŸ¤² 
Dan Allah mengabulkan doa Rasulullah dengan memenangkan kaum muslimin, padahal perbandingan pasukan kaum muslim dengan pasukan kafir Quraisy saat itu: 313 personil muslim : seribuan kafir Quraisy

Bagaimana tuntutan Istiqhotsah atau adab berdoa secara khusus?
Ustadz Habib memberikan contoh dengan memimpin doa bersama menggunakan doa/dzikir pagi. Yaitu Al Fatihah, ayat 1-5 QS Al Baqarah, Al Ikhlas, Al Falaqm An Naas, Ayat kursi, Ayat terakhir Al Baqarah dan sholawat nabi. Kemudian dilanjutkan dengan doa khusus yang biasa dibaca saat qunut nazilah, termasuk doa terhindar dari wabah penyakit.

Atau kita bisa meluangkan khusus dan melantunkan dzikir-dzikir dan doa apa saja. Mengawali dengan istighfar, Al Fatihah, pujalah Allah dengan Asmaul Husna, hias dengan sholawat, doakan orangtua, doakan keluarga/saudara yang sedang dalam kondisi sakit atau terhimpit. Tambahkan doa-doa para Nabi dalam Al Quran (Seperti doa Nabi Yunus dan Nabi Ibrahim)
Bukankah doa Nabi Yunus dipanjatkan ketika ia berada dalam kondisi sangat genting di dalam perut ikan paus?
Masih ingatkan lafadz doanya? 

QS al-Anbiyaa ayat ke-87
“Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin” 
 ” Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."  
šŸ¤²
Semoga Allah berkenan mengabulkan doa kita, agar yang sakit segera sehat, yang kondisi finansialnya sempit segera lapang. Yang sehat dan lapang memanfaatkan nikmat itu untuk berbuat kebaikan.
Share:

4 comments:

  1. Istighotsah memang bermanfaat untuk menenangkan hati terlepas dari terkabulnya doa, apalagi masih banyak manfaat lainnya dari istighosah.

    ReplyDelete
  2. Bisa nih kita mencoba berusaha untuk tetap bertahan hidup dengan istighosah, di saat pandemi seperti ini hanya Tuhan yang berkuasa atas nyawa kita.

    ReplyDelete
  3. Bisa nih istighotsah menjadi jalan untuk memohon pertolongan kepada Allah agar masalah COVID-19 ini cepat selesai.

    ReplyDelete
  4. Mengingat peristiwa rasulullah yang diselamatkan karena istighotsah, boleh dicoba cara ini apalagi saat ini hanya bisa berserah dan mendekatkan diri kepada Allah.

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.