catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Cara Tukar Uang Baru 75 Ribu Rupiah

Beberapa hari belakangan ribut-ribut uang baru 75 ribu rupiah di beranda media sosial, saya pun jadi penasaran. Bahkan Raditya pun ikut-ikutan tertarik, meminta Papanya menukarkan. Eh dipikirnya prosesnya seperti menukarkan uang kertas lembaran baru, seperti yang biasanya ramai saat Ramadhan dan Lebaran setiap tahunnya. Padahal tak semudah itu Marimar. Uang ini hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar saja.

Jadilah saya mencari informasi lebih jauh mengenai uang 75 ribu rupiah yang sedang naik daun ini.



Berikut proses menukarkan uang baru 75 ribu rupiah:

1. Proses penukaran uang.

Pemesanan awal harus dilakukan melalui website resmi Bank Indonesia. Buka pintar.bi.go.id atau klik Banner "Jangan sampai ketinggalan Untuk melakukan penukaran. Pintar Klik di sini" tepat di banner uang baru.


2. Penukaran terjadwal sesuai domisili

Untuk memiliki uang baru ini, satu KTP hanya boleh menukarkan satu lembar uang. Maka saat mengajukan penukaran secara online hendaknya memilih kantor cabang bank terdekat sesuai domisili. . Kebetulan saya mencoba mendaftar melalui website BI dan memilih KPw BI Prov. Jawa Timur - Surabaya

JL. PAHLAWAN NO.105, SURABAYA

3. Full Booked hingga bulan September

Wow, ternyata hingga 3 September 2020. Padahal pemesanannya baru dibuka pada 17 Agustus 2020, dan bisa ditukarkan di seluruh kantor cabang-cabang Bank Indonesia mulai 18 Agustus 2020. 

4.  Penukaran di 5 bank umum sejak 1 Oktober 2020

Perlu diketahui bahwa penukaran uang 75 ribu baru melalui BI ini adalah penukaran tahap pertama.

Penukaran tahap 2, tanggal 1 Oktober 2020 – selesai, setelah mendapatkan jadwal penukaran maka penukaran dapat dilakukan di KP BI, KPwDN BI dan Kantor Bank yang ditunjuk (BMandiri, BRI, BNI, BCA dan CIMB Niaga.


Mekanisme Penukaran

Setelah mendapatkan nomor tanda konfirmasi pemesanan, pihak pemesan bisa langsung menukarkan tanda pemesanan yang telah dicetak ke kantor BI sesuai jadwal. Jangan lupa membawa KTP dan fotokopinya apabila diperlukan. 


Tapi kok susah banget ya akses pemesanannya, jangan-jangan ini permainan yang butuh orang dalam? Wah jangan tanya saya deh. Tapi kebetulan sempat baca komen-komen di twitter resmi BI ada netizen yang berhasil mendapatkan konfirmasi jadwal penukaran uang 75 ribu rupiah yang baru ini. Tertarik? Selamat mencoba...





Share:

2 comments:

  1. Saya pikir nanti beredar bebas mba uang ini di pasar, di warung, bisa didapat dengan mudah gitu. Hehehe jebule susah toh. Ga ikutan ah, semoga nanti bisa punya saat sudah beredar uag baru ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh ya mbak...ruwetnya masyaAllah ...mending uang 100 ribuan tapi gampang dapetnya ehehehe

      Delete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.